test
OUR NETWORK

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas

Taste Atlas merupakan salah satu situs web yang dibangun oleh jurnalis sekaligus pengusaha asal Kroasia yang fokus terhadap dunia kuliner. Bulan ini mereka merilis beberapa makanan seafood terenak sedunia salah satu poin menarik dari pembahasan ini adalah makanan nusantara termasuk di dalamnya.

Hal ini patut menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia, karena bukan hanya nasi goreng atau rendang saja yang diakui oleh dunia. Sekarang ada satu lagi menu makanan khas Ibu Pertiwi yang memiliki cita rasa enak dan masuk di posisi keempat.

Makanan Seafood Terenak di Dunia

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Sumber: sahabatsicepat.com

Olahan seafood memang nikmat dinikmati dan bisa dijadikan sebagai apa saja. Mau appetizer, main course, snack bahkan hidangan penutup juga bisa. Sementara, di seluruh dunia olahan ikan laut begitu banyak dan melimpah.

Poin utama dari ikan laut adalah saat dimasak tidak menghasilkan bau amis. Oleh karena itu, beberapa menu di seluruh dunia ini memang layak berada di posisinya masing-masing, apa saja itu? Mari simak pembahasannya.

1. Gambas Al Ajillo

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Sumber: Spanishsabores.com

Bila kamu berkunjung ke Spanyol menu makanan satu ini menjadi sajian pembuka yang wajib untuk dinikmati wisatawan. Nahan utamanya adalah udang yang dimasak dengan tumisan bawang putih, jus lemon, dan paprika.

Biasanya orang-orang Spanyol menikmati Gambas Al Ajillo dengan tambahan roti kering Peterseli cincang. Cita rasanya gurih, sedikit asam, tetapi sangat nikmat karena udang yang disajikan cukup besar dan fresh.

2. Mixed Ceviche

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Sumber: eatsmarter.com

Menu satu ini berasal dari Peru, terbuat dari campuran berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kerang, serta kepiting. Pembuatannya sendiri harus direndam dengan garam, jus lemon, air jeruk nipis, jus seledri, bawang bombay, serta ketumbar.

Cita rasanya begitu nikmat kesegaran air jeruk nipis dan lemonnya sangat terasa. Sementara bawang bombay yang diberikan menambah aroma, biasanya menu tersebut akan dihidangkan dengan glass sweet potato dan peruvian corn.

Bila ingin menambahkan cita rasa pedas. Biasanya pada proses marinasi akan ditambahkan dengan silantro dan hot chili pepper. Mixed Ceviche dihidangkan untuk menu utama.

3. Ameijoas a Bulhao Pato

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Sumber: Visitportugal.com

Makanan seafood terenak di dunia nomor 3 berasal dari Portugal konon katanya hidangan ini sudah ada sejak lama, bahkan dikenal mulai abad ke-19. Namanya sendiri memang cukup unik karena diambil dari seorang penyair.

Hidangannya memang sederhana karena bahan baku utamanya adalah kerang. Kemudian ditambah dengan minyak zaitun, bawang putih, jus lemon, ketumbar, dan disajikan menggunakan roti. Hidangan ini biasa digunakan sebagai menu pembuka untuk berbagai acara atau saat kamu makan di restoran.

4. Pempek

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Sumber: tribunjambi.com

Makanan seafood terenak di dunia nomor 4 adalah pempek. Menu satu ini memang cukup favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini sudah banyak restoran khusus yang buka di seluruh cabang Indonesia.

Menu yang berasal dari Padang Sumatera Selatan ini berhasil mengalahkan beberapa makanan lainnya dari berbagai negara. Dari segi rating mereka berhasil meraup 4,7, hasil tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh dari Gambas Al Ajillo yang mendapatkan rating 4,8.

Seperti diketahui, menu satu ini terbuat dari olahan ikan dan tepung kemudian ditambah dengan kuah coklat yang dinamakan dengan cuko. Biasanya dipadukan dengan acar berupa timun untuk kesegaran saat menyantapnya.

Pempek memang digunakan bukan hanya untuk makanan pembuka saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai main course apalagi, jenis kapal selam yang di dalamnya sudah terdapat telur rebus membuat siapapun yang menikmatinya pasti akan merasa kenyang.

Perlu diketahui, salah satu alasan mengapa menu ini masuk dalam jajaran sebagai makanan seafood terenak di dunia karena penggunaan Cuko. Dii mana kuah ini membuat cita rasa ikan yang amis menjadi hilang dan ketika disantap teksturnya akan menyatu menjadi satu.

5. Espetos

Makanan Seafood Terenak di Dunia Menurut Taste Atlas
Espeto Sardines BBQ Andalucia Spain

Berada di posisi kelima ada makanan khas dari Spanyol namanya adalah Espetos. Merupakan hidangan dengan bahan ikan laut yang baru saja ditangkap. Tetapi paling sering menggunakan ikan sarden, ada juga yang memakai ikan tawar bahkan kerang hingga cumi.

Seluruh ikan tersebut nantinya akan ditusuk mendatar menggunakan tongkat yang cukup panjang. Hampir mirip seperti sate kemudian, ditambah dengan percikan air lemon lalu dibakar. Cita rasanya sungguh nikmat, beberapa lagi ada yang menambahkan dengan minyak zaitun.

Dengan dirilisnya makanan seafood terenak di dunia ini membuat daftar panjang seluruh menu asli Indonesia yang namanya sudah diakui oleh dunia. Bila dilihat dari segi cita rasa memang semuanya layakapalagi pempek, kalau kamu lebih suka makan yang mana?

Must Read

Related Articles