OUR NETWORK

Kenapa Memotong Bawang Bisa Bikin Kita Menangis?

Bukan karena sedih menonton telenovela atau meratapi nasib buruk yang menimpa, mengupas bawang pun bisa memicu tetes air mata. Ladies, mungkin sebagian besar dari kamu semua pernah merasakan ‘tangisan bombay’ akibat mengupas bawang. Salah satu sayuran yang berusia cukup tua ini bahkan membuat lelaki terkuat sedunia menitikkan air mata. Penasaran mengapa kita selalu dibuat menangis saat mengupas bawang? Yuk sama-sama simak penjelasan ilmiahnya berikut ini!

Bawang tersusun atas sel-sel berlapis. Meski demikian, sel tersebut secara garis besar terbagi menjadi dua bagian yang berbeda yang dipisahkan oleh selaput membran yang sangat tipis. Satu sisi mengandung senyawa sulfur dan satu sisi lainnya kaya akan enzim. Ketika kita memotong bagian bawang, saat itulah sel-sel yang ada di dalam bawang pecah sehingga kedua senyawa (enzim dan sulfur) yang semula terpisah menjadi bercampur.

Percampuran antara senyawa sulfur dengan enzim serta ditambah asam amino sulfoksida menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Reaksi tersebut kemudian menghasilkan sebuah zat baru yang disebut dengan asam sulfenik yang kemudian berubah menjadi gas propanethial S-Oxide. Gas tersebut kemudian menyebar ke ruangan dengan bantuan udara. Gas inilah yang sesungguhnya menjadi pelaku para pengupas bawang menitikkan air mata.

Ketika gas tersebut sampai ke mata, ia kembali akan beraksi dengan cairan mata yang kemudian teruarai menjadi asam sulfat yang lebih ringan. Asam sulfat inilah yang membuat mata iritasi; terasa pedih seperti rasa tersengat sesuatu. Sebagai reaksinya, mata mengeluarkan air mata untuk mengencerkan asam sehingga keluarlah air mata. Alhasil, nangis bombay deh…

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini Ladies. Berikut ini cara agar tak sampai menangis saat mengupas dan memotong bawang dari yang sederhana hingga yang paling kocak.

Jaga jarak

via GIPHY

Untuk mencegah terjadinya iritasi ketika memotong bawang, sebaiknya kamu tidak terlalu dekat. Sebisa mungkin, jaga jarak terjauh. Mungkin akan sedikit sulit memotong dari jarak yang jauh, tapi cara ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi efek menangis Bombay saat memotong bawang.

Simpan bawang dalam kulkas sebelum dikupas

Untuk mengurangi jumlah gas yang dihasilkan bawang ketika dipotong, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas. Saat bawang dipotong atau dikupas pada suhu tertentu, jumlah gas yang diproduksi akan lebih sedikit sehingga efek iritasi yang lebih minimal.

Gunakan pemotong yang tajam

via GIPHY

Tajamnya pemotong atau pisau yang digunakan untuk mengupas atau memotong bawang juga memengaruhi jumlah gas yang diproduksi. Jika pisau atau pemotong lainnya yang digunakan tumpul, gesekan yang terjadi akan semakin sering sehingga produksi gas juga makin meningkat.

Gunakan kipas angin ketika memotong

Kamu juga bisa menggunakan kipas angin ketika memotong atau mengupas bawang. Angin yang dihasilkan akan membuat gas yang tadinya akan menuju ke mata untuk menjauh sehingga bisa mencegah terjadinya efek iritasi pada mata. Tapi, awas masuk angin ya, Ladies!

Gunakan kacamata

Yang menjadi penyebab kita menangis saat memotong bawang karena gas hasil reaksi kimia pada bawang sampai ke mata. Nah, untuk menghalaunya ada orang yang memilih menggunakan kacamataketika mengupas bawang. Mulai dari kacamata hitam sampai kacamata renang.

Gimana, Ladies? Mau coba?

 

Sumber: AV Club

Comments

Loading...