OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

7 Rekomendasi Kari dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba!

Kari merupakan salah satu makanan yang populer di dunia. hidangan dari campuran rempah-rempah dengan aroma yang khas ini telah menyebar luas ke banyak negara. Hidangan yang lembut, pedas, dan beraroma tajam ini biasanya disajikan dengan sayuran ataupun daging. Hidangan ini akan membuat banyak orang merasa ketagihan dengan rasa rempah yang kaya.

Hidangan ini di setiap negara memiliki ciri khas yang berbeda. Perpaduan rasa yang kaya akan rempah ini bisa kamu temukan di berbagai negara seperti seperti India, Thailand, Jepang, dan masih banyak lagi. Jika kamu adalah penggemar hidangan ini, yuk simak rekomendasi 7 hidangan kari dari beberapa negara yang bisa kamu coba!

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Untuk Pencinta Kuliner

Kari India

kari India
Sumber: istockphoto.com

Chef dan pemilik restoran Chai Pani di Asheville, North Carolina mengatakan, “Kari adalah hidangan khas dari India Selatan.” Hidangan ini memiliki karakteristik yang berbahan dasar santan menggunakan kelapa kering yang dipadukan dengan rempah khas India yang banyak sehingga menghasilkan aroma yang kuat.

Jika di India pedalaman, hidangan ini akan cenderung lebih berwarna merah karena lebih banyak menggunakan tomat. sedangkan di India pesisir berwarna kuning karena lebih banyak berbahan dasar santan dan kunyit. Hidangan ini biasanya akan disajikan dengan roti canai ataupun nasi.

Inggris

Di negara ini sebagian besar adalah kari Madras yang memiliki karakteristik ini menggunakan rempah-rempah yang berbahan dasar dari bubuk kunyit. Sebenarnya, cara memasak hidangan ini mirip dengan India, namun tidak menggunakan rempah-rempah sebanyak di India. Mereka akan menambahkan bubuk rempah tersebut ke dalam santan ataupun susu.

Jepang

kari Jepang
Sumber: istockphoto.com

Khas Jepang ini tidak seperti kari lainnya. Hidangan ini lebih terasa manis dan gurih. Bahkan, mereka menggunakan bahan yang sedikit berbeda dari yang pada umumnya seperti apel, pir, madu, atau bahan manis lainnya yang dipadukan dengan bumbu-bumbu khas Jepang. Hidangan ini sangat populer yang biasanya disajikan dengan nasi dari ayam katsu yang renyah menjadikan perpaduan ini terasa sangat lezat.

Jamaika

Karakteristik hidangan ini, yaitu mereka akan memasaknya hingga menjadi pasta yang akan ditambahkan ke protein seperti kambing atau ayam yang diasinkan sebelum dimasak. Karena penduduknya di sana memiliki populasi yang berasal dari India yang cukup besar, maka tidak heran makanan ini sangat populer di sana.

Kari Thailand

Thai kari
Sumber: istockphoto.com

Kari khas Thailand ini memiliki karakteristik yang berkuah. Ini karena hidangan ini berbahan dasar santan dengan jenis paprika atau cabai yang digunakan untuk membuat warna yang berbeda yaitu  merah dan hijau. Sedangkan kuning, menggunakan kunyit sebagai bahan campurannya. perbedaan warna ini yang membuat hidangan ini begitu populer.

Timur Tengah

Hidangan yang disajikan dengan nasi biryani ini, dimasak dengan rempah khas Timur Tengah dipadukan dengan daging yang dimasak bersama hingga meresap dan kemudian dimasukkan ke dalam susu hingga lunak. Lalu, rempah-rempah tersebut juga digunakan untuk memasak nasi biryani. Hidangan ini sangat populer di sana karena rasanya yang sangat kaya akan rempah.

Kari Indonesia

Indonesia kari
Sumber: istockphoto.com

Kari khas Indonesia ini menggunakan rempah-rempah yang kompleks seperti India. rempah yang digunakan antara lain seperti serai, lengkuas, kunyit, jinten, santan, dan lain sebagainya. Hidangan ini dipadukan dengan berbagai protein seperti ayam, daging, ataupun ikan dengan sedikit kuah. Kombinasi rempah yang kompleks dan protein tersebut membuat makanan ini sulit untuk dilewatkan.

 

Sumber: matadornetwork

Must Read

Related Articles