test
OUR NETWORK

5 Jenis Gorengan Khas Korea Selatan, Nggak Kalah Enak sama Indonesia

Gorengan merupakan camilan yang murah meriah, hampir selalu ada di berbagai sudut tempat. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis gorengan yang dijajakan. Mulai dari tempe, tahu isi, ubi, pisang, sampai dengan bakwan. Ternyata, gorengan tidak hanya ada di Indonesia lho, di Korea Selatan juga banyak dijajakan di berbagai pasar tradisional.

Jika di Indonesia disebut dengan gorengan, namun di Korea disebut dengan twigim. Kamu pasti sudah banyak melihat di berbagai drama atau film Korea. Pun di berbagai kanal Youtube bisa dilihat. Siapa tahu suatu saat bisa berkesempatan buat traveling ke Korea Selatan. Inilah 5 jenis twigim menggugah selera.

1. Gochu Twigim

Gorengan yang pertama adalah gochu twigim. Bahan bakunya adalah cabai hijau besar yang dibuang bijinya. Kemudian diisi dengan adonan eomuk (kue ikan) bisa juga cincangan daging. Saat masih panas akan terasa renyah dan isinya nikmat. Jika kamu pecinta pedas, bisa tambah bubuk cabai lagi. Biasanya, akan digoreng sekaligus tangkainya, jadi akan memudahkan proses makan.

2. Yachae Twigim

Kemudian ada yachae twigim yang menggunakan berbagai aneka sayuran. Kalau di Indonesia, ini menyerupai bakwan sayur. Isiannya beragam, mulai dari wortel, lobak, ubi jalar, bawang bombay, dan lain-lain. Bisanya, sayuran tersebut akan dipotong memanjang lalu diberi adonan tepung yang sudah dibumbui. Bedanya dengan Indonesia, porsi sayurannya lebih banyak dibanding tepungnya.

3. Goguma Twigim

Jika Indonesia punya ubi goreng, Korea Selatan juga memilikinya. Namanya adalah goguma twigim yang memang sangat mirip dengan ubi goreng tepung. Ada sedikit pembedanya, gorengan ubi di Indonesia cenderung lebih tebal. Sementara di Korea Selatan diris lebih tipis, namun lebih besar atau tebal dibandingkan dengan keripik. Sangat enak disantap saat cuaca dingin.

Baca juga: Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat

4. Saewoo Twigim

Pilihan lainnya yang sedikit fancy adalah gorengan udang tepung yang diberi nama saewoo twigim. Tampilannya sangat menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Bisa dimakan secara langsung atau dicocol ke saus, sama-sama enaknya. Masyarakat Korea biasanya menambahkan ice cube ke adonan tepung, jadi rasanya akan lebih renyah.

5. Ojingeo Twigim

Jika sebelumnya terbuat dari udang, ini ada gorengan dengan bahan bakar cumi-cumi. Bisa dibilang ini merupakan cumi-cumi tepung khas Korea Selatan. Sementara untuk bentuknya, ada yang sudah dipotong kecil-kecil, tidak jarang juga yang utuh. Pemotongannya pun beragam, ada yang kecil bulat tidak jarang pula memanjang.

Jika kamu memiliki kesempatan buat jalan-jalan ke Korea Selatan, bisa coba berbagai gorengan di atas ya. Sementara bagi yang belum memiliki bekal, bisa coba untuk membuat sendiri. Have nice try, Ladies!

 

Sumber: Detik.com, IDN Times

Must Read

Related Articles