OUR NETWORK

Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat

Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat
Foto: unsplash.com

Kamu baru saja menemukan resep dari makanan yang pengin kamu buat, tapi ternyata jumlah porsi resep tersebut terlalu besar buat kamu. Kalau kamu membuat pasta untuk 6 porsi sedangkan cuman kamu aja yang makan, kan mubazir ya, Ladies. Akhirnya kamu putuskan deh untuk membagi resep tersebut sehingga sesuai dengan porsi kamu. Hmmm tapi gimana ya cara membaginya?

Baca juga: Kitchen Hacks yang Bisa untuk Urusan Dapur Lebih Mudah!

Tips berikut akan membuat kamu gampang banget membagi resep sesuai dengan porsi kamu. Yuk, langsung aja cek di bawah ini, Ladies!

1. Ukuran Tiap Bahan

Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat
Foto: unsplash.com

Beberapa ukuran bisa kamu bagi dengan aturan berikut ini:

1 cangkir : 8 sendok makan

½ cangkir : 4 sendok makan

¾ cangkir : 6 sendok makan

⅓ cangkir : 2 sendok makan + 2 sendok teh

¼ cangkir : 2 sendok makan

⅛ cangkir : 1 sendok makan

1 sendok makan : 2 sendok teh

½ sendok makan : 1 sendok teh

⅛ sendok teh : sejumput dua tangan

Ukuran ⅛ sendok teh juga biasanya digunakan untuk pemberian bumbu sehingga disarankan untuk menambahkan sesuai dengan selera.

2. Waktu Pemasakan, Suhu, dan Ukuran Penggorengan

Nah, setelah kamu tau ukuran bahan yang kamu butuhkan, kini saatnya untuk memperhitungkan proses masaknya.

Suhu Pemasakan : Secara garis besar, kamu bisa menggunakan suhu yang sama dengan resep yang kamu pakai. Walaupun porsi yang dibuat berbeda ya, Ladies. Hal yang perlu kamu ingat yakni untuk memperhatikan masakan kamu dengan baik. Jika kamu memasak daging, gunakan termometer untuk daging juga ya.

Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat
Foto: unsplash.com

Waktu pemasakan : Sama halnya dengan suhu, kamu juga bisa menggunakan waktu yang sama dengan resep original masakan kamu. Tentunya kamu perlu memperhatikan jangan sampai masakanmu gosong, lembek, dan sebagainya.

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Kecil yang Bikin kamu Betah Masak

Jika kamu memanggang produk bakery seperti kue, pie, atau roti, kurangi waktu pemasakan menjadi ⅔ hingga ⅓ dari waktu awal. Misal, butuh waktu 1 jam untuk memanggang kue berdasarkan resep. Kamu panggang kue tersebut selama 20 menit lalu cek dahulu apakah sudah matang atau belum. Jika belum, tambahkan beberapa menit. Yang penting harus kamu perhatikan baik-baik ya.

Cara Membagi Resep Sesuai Porsi Kamu Secara Tepat
Foto: unsplash.com

Ukuran Penggorengan : Gunakan penggorengan dengan ukuran setengah dari volume yang digunakan resep. Jika kamu menggunakan ukuran yang sama dengan resep, perhatikan dengan seksama karena makanan tersebut akan lebih cepat matang.

Kalau udah paham, jadi gampang kan membaginya. Semoga tips tadi bisa mempermudah kamu ketika memasak berdasarkan resep ya, Ladies. 

 

Sumber: Spoon University

Comments

Loading...