OUR NETWORK

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Langit sore sudah mulai mendung, dan beberapa tetes air hujan pun terkadang mengiringinya. Seiring berjalannya waktu, tampak intensitasnya pun semakin sering terjadi. Ini berarti, kita sudah mulai memasuki musim hujan, Ladies. Menjelang akhir tahun, curah hujan akan semakin tinggi. Suhu dingin yang dihasilkan dari intensitas hujan yang tinggi pun dapat membuat daya tahan tubuh menurun hingga rentan terhadap segala penyakit. Ditambah dengan padatnya aktivitasmu, potensi tubuh terkena penyakit pun semakin besar.

Baca juga: Ini Alasan Penggunaan Sunscreen Tetap Penting Saat Cuaca Mendung

Jika daya tahan tubuh baik, mikroorganisme yang masuk ke tubuh tidak akan menimbulkan penyakit. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh buruk atau menurun, tubuh pun akan rentan pada penyakit. Untuk itu, penting untuk memberi perhatian lebih pada kualitas kekebalan tubuh untuk menghadapi musim hujan. Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuhmu tetap sehat saat musim hujan.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Rasa haus memang kurang terasa saat musim hujan. Namun, tubuh tetap membutuhkan cairan sebagaimana biasanya. Pengabaian konsumsi air putih yang sering dilakukan kebanyakan orang saat musim hujan ini membuat tubuh lebih mudah dehidrasi dan berujung pada gangguan kesehatan. Padahal, mengonsumsi air putih dapat membuat daya tahan tubuh lebih meningkat. Pasalnya, air putih juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter setiap harinya.

Rajin Konsumsi Vitamin C

Ketika masa transisi pergantian musim, tubuh akan melakukan proses penyesuaian diri. Pada proses ini, sistem kekebalan tubuh cenderung akan menurun, dan rentan terhadap penyakit. Untuk meningkatkan imun tubuh, Kepala Puskesmas Pancurbatu, Dr. Tetty Rossanti Keliat, mengatakan, kamu perlu mengonsumsi banyak buah-buahan secara rutin, khususnya buah yang mengandung vitamin C. Pasalnya, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun beberapa buah yang mengandung vitamin C ialah jeruk, apel, dan anggur.

Konsumsi Gula Jawa Secara Rutin

Gula Jawa mengandung nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh, yang terdiri dari vitamin, protein, lemak, zat besi, seng, dan lainnya. Nutrisi-nutrisi ini juga baik untuk menghangatkan suhu tubuh, meningkatkan daya pikir, dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sehingga, dapat menjadi salah satu senjata efektif untuk menghadapi serangan penyakit di musim hujan.

Selain itu, para ahli mengatakan, gula merah juga dapat menyehatkan paru-paru dan menurunkan risiko nyeri sendi atau pegal-pegal selama musim hujan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat mengatasi dan mencegah risiko flu, batuk, pilek, pusing, mual, hingga hipotermia. Meski begitu, gula merah tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika mengonsumsinya secara langsung, sebaiknya hanya sekitar sekitar 5-7 gram setiap harinya. Atau campurkan dengan bahan herbal lain seperti teh, kunyit, jahe, dan kopi.

Menjaga Pola Makan

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan
Foto: pexels.com

Pemenuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat secara rutin, yakni dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Intensitas makan setiap harinya pun perlu diperhatikan, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Dari ketiga waktu makan tersebut, sarapan merupakan prioritas. Kementerian Kesehatan yang dikutip dari Liputan6.com, menyatakan, kegiatan makan dan minum dari bangun hingga jam sembilan penting dilakukan untuk memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi probiotik. Hal ini dikarenakan probiotik membantu sistem pencernaan tetap lancar dan menjaga tubuh terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Adapun beberapa makanan probiotik ialah yogurt, tahu, tempe, dan acar.

Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Saat musim hujan, kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih cepat karena kelembapan meningkat cukup tinggi daripada saat musim panas, dan lingkungan mudah kotor karena hujan yang terus mengguyur. Sampah mudah membusuk dan air yang menggenang pun dapat menghadirkan kuman dan penyakit. Untuk itu, penting untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dan tubuh, baik saat berada di dalam ruangan, maupun di luar.

Salah satu kegiatan sederhana namun penting dalam menjaga kebersihan ialah mencuci tangan sebelum melakukan berbagai kegiatan. Meski sepele, kegiatan ini dapat membunuh kuman dengan efektif dan menjaga tubuh dari serangan penyakit selama musim hujan. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah dari toilet. Bersihkan tangan dengan sabun anti-kuman bukan hanya dengan air agar kuman hilang dengan sempurna.

Mengenakan Pakaian Tebal dan Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Seperti yang diketahui, untuk menghindari potensi kedinginan atau hipotermia tentunya dengan membuat tubuh tetap hangat. Kamu bisa mengupayakannya dengan mengenakan pakaian tebal dan mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Selain membuat tubuh menjadi nyaman, suhu tubuh pun akan tetap terjaga.

Masakan seperti sup ayam dapat menjadi obat yang efisien dan ampuh untuk melawan penyakit flu. Hal ini diyakini oleh spesialis paru-paru dari UCLA School of Medicine yang menyatakan, obat flu umumnya mengandung acetylcysteine dan hal ini bisa ditemukan di dalam sup ayam. Setelah mengonsumsi sup ayam, lendir di paru-paru akan berkurang, sehingga pernapasanmu akan lebih lancar.

Tidur Cukup

Selain menjaga asupan makanan dan minuman pada tubuh dan menjaga lingkungan tetap bersih, waktu tidur pun berperan besar pada daya tahan tubuh kita. Pasalnya, tidur merupakan waktu tubuh memulihkan seluruh sistem anggota badan. Sehingga, kualitas tidur akan berpengaruh pada pemulihan tubuh tersebut. Pada anak usia 3-5 tahun, waktu tidur yang diperlukan ialah 10-13 jam, anak usia 6-13 tahun membutuhkan 9-11 jam untuk tidur, kemudian remaja usia 14-17 tahun membutuhkan 8-10 jam tidur, usia 18-64 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam, sedangkan untuk pada lanjut usia sebaiknya memenuhi waktu tidur selama 7-8 jam.

Baca juga: Susah Tidur? Yuk, Coba 8 Tips Cepat Tidur di Bawah Ini

Dengan menjalankan beberapa tips ini secara rutin, kamu tidak perlu lagi takut kesehatan tubuhmu mengganggu padatnya aktivitas sehari-harimu saat musim hujan. Jangan sampai pergantian musim menjadi penghambat kegiatanmu berkarya ya, Ladies.

Sumber: Vemale, futuready.com, liputan6.com, medanbisnisdaily.com , Foto cover: stocksy.com

Comments

Loading...