OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Sudah Tepatkah Pilihan Jenis Serat untuk Asupan Nutrisimu, Ladies?

Kita semua tahu bahwa serat sangat berperan penting dalam pola hidup sehat. Namun penelitian menunjukkan ternyata signifikansi serat dalam pola makan sehat ternyata tidak sebatas jumlahnya, melainkan juga jenisnya. Betapa besarnya peran jenis serta ini sampai-sampai mengonsumsi jenis serat tertentu dapat membantu melawan peradangan dan meningkatkan kesehatan jantungmu loh Ladies.

Perlu Ladies ketahui bahwa nutrisi pembangkit tenaga ini ternyata membentuk segalanya mulai dari kesehatan mental, berat badan, hingga kesehatan usus. Menariknya lagi, jenis serat tertentu mungkin menawarkan lebih banyak manfaat daripada yang lain. Manfaat ini bukan sekadar larut versus tidak larut, Ladies. Melainkan juga manfaat berupa memerangi peradangan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Serat apakah yang menawarkan menawarkan manfaat kesehatan ekstra tersebut?

Penelitian yang dilakukan di Columbia University’s Mailman School of Public Health dan diterbitkan di JAMA Network Open ini meneliti bagaimana berbagai jenis serat dapat memengaruhi peradangan dan tingkat risiko orang dewasa untuk penyakit kardiovaskular.

Para ilmuwan menggunakan data dari kohor (sekelompok orang yang memiliki karakteritik atau pengalaman yang sama dalam periode tertentu, misalnya waktu lahir, lulus sekolah, dll. Misalnya saja orang-orang yang lahir pada tahun 2000-an akan membentuk suatu kohor kelahiran) besar yang terdiri dari 4.125 orang lanjut usia, dengan mencermati detail seperti asupan makanan, peradangan, dan kejadian penyakit kardiovaskular. 

Para peneliti memeriksa tanggapan kuesioner frekuensi makanan dari peserta yang diselesaikan antara tahun 1989 dan 1990, yang semuanya tidak memiliki penyakit kardiovaskular ketika mereka bergabung dalam penelitian. Kunjungan tindak lanjut kemudian dilakukan hingga Juni 2015, dengan fokus pada mereka yang mengembangkan penyakit kardiovaskular atau faktor risiko seperti stroke dan serangan jantung.

Sudah Tepatkah Pilihan Jenis Serat untuk Asupan Nutrisimu, Ladies?
Foto: pexels.com

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa serat total dikaitkan dengan penurunan peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular. Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa makan banyak serat serealia secara konsisten dikaitkan dengan peradangan yang lebih rendah dan lebih sedikit risiko penyakit kardiovaskular – dan itu dibandingkan dengan serat dari buah-buahan dan sayuran.

Jadi, meskipun mudah untuk berasumsi bahwa serat yang Ladies dapatkan dari buah-buahan dan sayuran adalah jenis terbaik yang dapat Ladies konsumsi, serat tersebut mungkin bukan kunci untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantungmu, khususnya yang berkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Serat serealia, atau serat yang dikonsumsi saat makan sereal kaya biji-bijian, seperti gandum, oat, jali, barley, mungkin lebih bermanfaat untuk masalah kesehatan ini.

Temuan penelitian mengenai serat serealia ini adalah yang pertama dari jenisnya.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa secara umum, serat dapat memiliki efek anti-inflamasi. Dampaknya pada usus, berat badan dan bahkan rasa lapar dan kenyang dapat membuatnya sangat bermanfaat untuk peradangan kronis. Namun data sebelumnya tidak benar-benar menyelidiki apakah serat buah dan sayuran atau serat serealia lebih penting atau tidak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami bagaimana setiap jenis serat mungkin berperan.

Sudah Tepatkah Pilihan Jenis Serat untuk Asupan Nutrisimu, Ladies?
Foto: pexels.com

Selain itu, studi awal ini tidak menyelidiki kandungan dalam serat serealia yang membuatnya sangat bagus untuk jantung dan peradangan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah itu serat sereal saja atau mungkin nutrisi lain yang ada dalam sereal ini yang memiliki dampak terbesar.

Jadi, haruskah Ladies mulai menuangkan semangkuk sereal kaya serat setiap pagi? Tentu tidak ada salahnya, apalagi jika itu adalah makanan yang Ladies sukai! Ingat, pilihlah serat serealia yang bukan olahan ya Ladies agar nutrisinya tetap terjaga!

 

Sumber: vegetariantimes.com

Must Read

Related Articles