OUR NETWORK

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita

Berdasarkan jurnal yang dilansir dari National Alliance on Mental Illness, 1 dari 5 orang dewasa di Amerika Serikat berpotensi mengalami gangguan kejiwaan dalam hidupnya. Meskipun bisa dibilang menyerang individu tanpa melihat jenis kelamin, tapi ternyata beberapa gangguan psikologis rentan menyerang wanita seperti halnya cemas dan juga depresi. Sementara para pria lebih bisa mengatasi masalah yang datang dalam hidupnya dengan lebih gampang.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kamu Mengalami Gangguan Kecemasan

Seperti yang dilansir dari Prevention.com, berikut ini setidaknya ada 4 masalah psikologis yang banyak menyerang para wanita.

1. Depresi

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita
Foto: doulasofnorthernva.com

Salah satu gangguan mental yang sangat mudah menyerang wanita adalah depresi. Ini membuat penderitanya merasa sedih secara terus menerus. Banyak hal menjadi pemiculnya, misalnya saja merasa tidak berharga, tidak disukai, dan masalah lainnya. Hal ini bisa terjadi lantaran hormon ataupun kebiasaan memendam masalah. Jika rasa depresi ini sudah berlarut-larut jangan dibiarkan begitu saja ya Ladies, ada baiknya untuk diperiksakan lebih lanjut.

2. Anxiety/Kecemasan

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita
Foto: verywellmind.com

Selain depresi, gangguan mental lainnya yang kerap menerpa para wanita adalah kecemasan. Berdasarkan data dari Anxiety and Depression Association of America, para wanita dua kali lipat lebih berpotensi mengalami kecemasan dibandingkan dengan para pria. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari masalah dari dalam diri, seperti hormonal ataupun lain-lain di lingkungan sekitar.

3. Gangguan Stres Pascatrauma

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita
Foto: verywellmind.com

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) merupakan gangguan kecemasan termasuk kecemasan umum, panik, gangguan perpisahan dan lain-lain. Ternyata, untuk PTSD ini, wanita ternyata rentan empat kali lebih besar kemungkinan terkena. Kebanyakan, kejadian traumatis yang bisa memicu adanya PTSD ini antara lain sexual dan domestic abuse. Jadi, walaupun kejadiannya sudah lewat, korban juga masih bisa mengalami PTSD

4. Eating Disorder

Ragam Gangguan Psikologis yang Rentan Menyerang Wanita
Foto: portlandpediatricnutrition.com

Sebagai seorang wanita, memang tidak bisa dipungkiri keinginan untuk tampil sempurna. Tidak jarang mereka mengalami eating disorder yang menyebabkan penderitanya tidak mau makan. Gangguan makan yang banyak ditemui pada wanita antara lain bulimia dan anoreksia. Untuk beberapa wanita, eating disorder ini juga bisa menyebabkan nafsu makan meningkat tanpa disadari.

Baca juga: Gucci, Celine, Louis Vuitton dan Dior Sepakat Melarang Model Ukuran 0

Itulah empat penyakit psikologis yang lebih rentan menyerang wanita ketimbang para pria. Jika Ladies sedang mengalami penyakit-penyakit yang disebutkan di atas, ada baiknya untuk bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya bisa ditangani dengan baik.

Sumber: Prevention, Everyday Health, Foto cover: recoveryranch.com

Comments

Loading...