OUR NETWORK

Perpanjang Usia Pakaian dan Aksesori Lamamu dengan 5 Tips Ini

Perpanjang Usia Pakaian dan Aksesori Lamamu dengan 5 Tips Ini
Foto: freepik.com

Bagi kamu para pemerhati fashion, tentunya akan menyadari bahwa pergantian tren fashion berjalan sangat cepat. Demi mengikuti tren, kamu pun tak ragu merogoh kocek untuk membuat fashion yang tengah tren segera menempel di tubuhmu. Tindakan yang terus berulang ini akhirnya membuat pakaian dan aksesori lamamu tertumpuk berantakan dan terbengkalai, bahkan tak jarang ada yang berakhir dalam kondisi rusak, padahal baru kamu kenakan satu atau dua kali. Tentunya sangat disayangkan, bukan? Apalagi jika pakaian dan aksesori itu ada kemungkinan akan kembali populer di masa depan–mengingat seringkali terjadi pengulangan tren fashion.

So, tahan dulu ya Ladies, jangan langsung membuang pakaian lama yang ada di dalam lemarimu. Dengan perawatan yang tepat dan melakukan beberapa tips yang dilansir dari All Women’s Talk berikut ini, kamu bisa loh, memperpanjang umur pakaian dan aksesori lamamu dan membuatnya tampak menarik kembali!

Perpanjang Usia Pakaian dan Aksesori Lamamu dengan 5 Tips Ini
Foto: freepik.com

1. Temukan style khas dirimu

Di saat kamu telah memiliki seluruh pakaian yang kamu inginkan ada di dalam lemarimu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah amati apa yang kamu sukai dan menarik bagimu. Meski tren fashion berganti dengan cepat, namun, fashion khas diri lebih berkaitan dengan selera yang abadi. Sadar atau tidak, kamu memiliki gaya khasmu sendiri dan mematuhinya setiap kali mengenakan sesuatu. Tidak selalu serupa, namun, di tengah perubahan tren yang cepat, kamu akan segera memilih mengenakan fashion yang berdekatan dengan standarmu. Dengan begini, kamu dapat berkreasi dengan pakaian dan aksesori lamamu, sambil memadukan selera khasmu dengan tren fashion yang tengah popular, Ladies.

2. Simpan atau sumbangkan

Yuhuu, setelah menemukan gaya khasmu sendiri, langkah berikutnya ialah meluangkan waktumu untuk menata kembali isi lemarimu. Bersihkan dan pisahkan pakaian yang masih sesuai dengan tubuh dan seleramu, sementara sisanya bisa kamu sumbangkan atau jual. Bila ada pakaian yang bingung akan kamu eliminasi atau tidak, coba kenakan dan mix and match dengan pakaianmu yang lain, apakah masih sesuai dengan style-mu? Jika ya, pertahankan, jika tidak, say goodbye. Langkah ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk memperpanjang umur isi dan lemari pakaianmu, loh!

3. Tata seluruh fashion dalam lemari

Tentunya akan sangat membingungkan bila lemarimu berakhir dengan berantakan setelah menyeleksi isi lemari, bukan? Untuk itu, langkah selanjutnya ialah menata dengan baik pakaian dan aksesori yang telah kamu pilih, Ladies. Cara terbaik dalam menatanya ialah pertama dengan mengelompokkannya berdasarkan panjang lengan dan kemudian warnanya. Simpan tas berkualitas tinggi dalam posisi tegak untuk mempertahankan bentuknya. Gunakan cedar balls di dalam tas dengan bahan kain halus seperti pashmina untuk mencegah kerusakannya. Sedangkan, sepatu harus terlihat namun tidak menghalangi. Langkah ini tidak hanya akan membuat semuanya tampak terlihat dan terorganisir, tetapi juga mudah diakses dan praktis ketika memilihnya.

Perpanjang Usia Pakaian dan Aksesori Lamamu dengan 5 Tips Ini
Foto: freepik.com

4. Berkreasi dengan outfits yang telah kamu miliki

Mix and match fashion memang telah menjadi pleasure tersendiri, bukan? Sangat menyenangkan ketika menemukan gaya atau tampilan baru yang menarik dengan aksesori dan pakaian yang telah ada. Bila kamu merasa stuck dan butuh ide baru, bisa loh, kamu telusuri berbagai blog, Pinterest, dan postingan Instagram teman-teman atau orang lain yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat gaya terbarumu. So, dengan cara ini kamu bisa menciptakan peran baru pakaian dan aksesori lama di dalam lemari sesuai style-mu saat ini.

Baca juga: 7 Item Timeless yang Sebaiknya Tidak Kamu Singkirkan dari Lemari

5. Rawat pakaianmu sesuai dengan bahan dasarnya

Jika kamu ingin pakaian dan aksesori lamamu awet, maka, kamu perlu mengikuti perawatan dan pembersihan yang sesuai dengan bahan dasarnya. Beberapa diantaranya harus dicuci dengan metor dry clean only, adapula hand wash only, tumble dry low atau lay flat to dry, dan lainnya. Tentunya, kamu tidak ingin aksesori maupun pakaianmu tidak dapat lagi digunakan hanya karena kesalahanmu ketika mencucinya, bukan? Yup, meski sederhana, kesalahan dalam mencuci atau mengeringkannya dapat berdampak pada perusakan elastisitas bahan dasarnya, yang pada akhirnya merusak barang tersebut secara keseluruhan. So, untuk menghindarinya, patuhi cara perawatannya dengan benar, ya Ladies. Jangan lupa, gunakan pembersih yang gentle, agar bahan dasarnya tidak rusak.

Tentu saja kelima langkah ini tidak hanya dilakukan sekali, namun secara rutin ya, Ladies, agar kualitas dan keindahannya tetap terjaga. Sekaligus membuatnya berumur lebih panjang sehingga kamu bisa mengenakannya pada tren apa saja.

 

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...