OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Perbedaan Jogging dan Running, Jangan Sampai Salah!

Sudah siap dengan sepatu lari kamu? Saatnya olahraga nih, Ladies! Eits, kamu mau running atau jogging nih? Kalau kamu bingung membedakan antara keduanya, cek ringkasan kita berikut ini, yuk!

Perbedaan running (lari) dengan jogging

Hal pertama yang menjadi pembeda yakni pada kecepatan keduanya. Running adalah gerakan dengan kecepatan antara sedang hingga tinggi. Umumnya lari memiliki kecepatan 6 menit/mil walaupun bisa lebih lambat atau lebih cepat tergantung individunya. Jogging lebih pada berjalan namun lebih cepat tapi tidak sampai membuat dirimu terengah-engah. Postur lari juga menggunakan lebih banyak tubuh bagian atas dan mengayunkan lengan.

Berbeda dengan berlari, ketika jogging tangan lebih sering berada di samping dan tidak banyak bergerak. Ukuran langkah kaki lari juga lebih besar, 2 kali lipat jogging. Perbedaan lainnya yakni lebih sedikit permukaan kaki yang menyentuh permukaan saat berlari. Sedangkan saat jogging, lebih banyak area kaki yang menyentuh tanah, mulai dari tengah kaki ke depan.

Manfaat dari running (berlari)

Perbedaan Jogging dan Running, Jangan Sampai Salah!
Foto: pexels.com

Berlari dapat meningkatkan stamina dan endurance kamu. Selain itu berlari dapat menguatkan tulang dan sendi, hal yang penting seiring pertambahan usia. Jika kamu khawatir kalau berlari dapat menjadi beban persendian kamu, tenang aja karena berdasarkan studi, menurunnya fungsi sendi seperti arthritis lebih disebabkan oleh faktor usia dan keturunan, bukan karena lari.

Tips agar lari kamu lebih efektif antara lain dengan membuat goal yang bisa kamu raih, misalnya berupa jarak, berapa lama waktu kamu lari, dan sebagainya. Kamu juga bisa melihat progress kamu nantinya nih, Ladies. 

Manfaat dari jogging

Perbedaan Jogging dan Running, Jangan Sampai Salah!
Foto: pexels.com

Jogging menawarkan manfaat yang sama dengan berlari, namun ada manfaat lain yang olahraga ini tawarkan. Contohnya jogging cocok sebagai pemanasan, olahraga utama, sebagai pendinginan, maupun sebagai kegiatan pemulihan dari sakit. 

Baca juga: Tips Penting untuk Ladies yang Ingin Memulai Rutinitas Lari

Seperti halnya berlari, jogging juga memperkuat otot tubuh kamu. Jogging juga langkah awal yang tepat jika kamu ingin melanjutkan ke olahraga yang lebih intens seperti fitness. Jogging juga lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan berlari.  

TIps agar jogging kamu lebih efektif yakni lakukan senyaman yang kamu bisa. Putar playlist spotify favorit kamu dan lakukan jogging serileks mungkin. Intinya having fun aja ya, Ladies.

Na,  kamu udah tau kan perbedaan running dan jogging. Kamu bisa memilih sesuai dengan kesukaan kamu, ladies. Kalau kamu ingin berfokus untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, running lebih direkomendasikan. Kalau kamu ingin olahraga tapi santai aja, jogging bisa jadi pilihan.

 

Sumber: Bustle

Must Read

Related Articles