OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Penemuan Baru, Injectable Hydrogel Terbukti Mengurangi Nyeri Punggung Bawah Kronis

Hasil riset menggunakan hidrogel pada penderita nyeri punggung ternyata membuahkan hasil sangat positif nih, Ladies. Setelah 6 bulan percobaan, semua partisipan yang mengalami nyeri punggung bawah kronis menyatakan rasa nyeri berkurang secara signifikan. 

Riset dilakukan dengan dikepalai Dr. Douglas P.Beall, MD, FSIR, kepala departemen radiologi di Radiologi Klinis Oklahoma. Terdapat 20 pasien dengan usia 22 hingga 69 tahun yang mengalami sakit punggung bawah kronis sebagai partisipan. Setiap individu menulis angka lebih dari 4 pada skala 0 sampai 10 rasa sakit. 

Gel yang dipakai pada riset ini adalah Hydrafil™. Merupakan hidrogel generasi kedua yang dikeluarkan oleh ReGelTec, Inc.

Hidrogel ini mendapatkan sertifikat FDA (United States’ Food and Drug Administration) sehingga bisa aman digunakan pada tubuh manusia. Hal ini membuka gerbang baru nih untuk dunia pengobatan dunia.

Penemuan Baru, Injectable Hydrogel Terbukti Mengurangi Nyeri Punggung Bawah Kronis
Foto: pexels.com

Partisipan pertama dibius terlebih dahulu dan gel dipanaskan hingga menjadi cairan kental. Selanjutnya dengan menggunakan fluoroscopic imaging, para peneliti menggunakan jarum 17 gauge untuk menyuntikkan gel ke bagian tulang yang mengalami gangguan. Gel lalu akan mengisi bagian rusak atau terkoyak di bagian tersebut. Prosedur pun selesai dan pasien istirahat sampai bius hilang.

Baca juga: Latihan Terbaik Untuk Menguatkan Otot Punggung

Hasil survey menyatakan rata-rata level nyeri yang dirasakan partisipan berubah dari 7,1 ke 2 dengan skala 0 sampai 10. Selain itu mereka juga menunjukkan peningkatan kemampuan fisik untuk bergerak. Jika awalnya mereka merasa sakit punggung mereka sangat mengganggu kegiatan fisik mereka dengan angka 48, setelah percobaan angka tersebut turun ke 6. 

Penemuan Baru, Injectable Hydrogel Terbukti Mengurangi Nyeri Punggung Bawah Kronis
Foto: pexels.com

Dr. Beall mengatakan bahwa karena gel ini injectable alias bisa disuntikkan, tidak perlu ada bagian tubuh yang diiris layaknya operasi. Dr.Douglas juga mengatakan prosedur ini mudah dilakukan, tidak memerlukan operasi terbuka, dan lebih nyaman untuk pasien.

Dr. Douglas juga mengatakan bahwa jika penelitian ini dikonfirmasi berhasil, ada kemungkinan prosedur ini akan mulai dilakukan pada penderita sakit punggung kronis di masa depan terutama mereka yang berusia lanjut. Penyakit degeneratif yaitu penyakit punggung biasanya hanya diobati dengan perawatan konservatif dan bius. Dengan adanya penelitian ini, mereka yang berusia lanjut dapat lebih nyaman untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari nih, Ladies.

 

Sumber: The Brighter Side

Must Read

Related Articles