OUR NETWORK

Konsumsi Vitamin untuk Rambut Perlukah? Begini Kata Ahli

Konsumsi Vitamin untuk Rambut Perlukah? Begini Kata Ahli
Foto: naturallivingideas.co

Rambut merupakan mahkota wanita. Meskipun ditutupi dengan hijab pun, rambut perlu dijaga kecantikan dan kesehatannya. Karena hal itulah tidak salah jika banyak banyak orang memanfaatkan vitamin ataupun suplemen untuk menunjangnya. Bahkan menurut laporan dari Medical Daily, sebanyak $176 juta dolar dihabiskan untuk suplemen rambut dan kuku. Tapi pertanyaanya, apakah vitamin rambut benar-benar berfungsi? Berikut ini ulasan para ahli seperti yang dilansir dari HelloGiggles.com.

Baca juga: Ingin Rambut Selembut Sutra? Mulai Lakukan Tips Ini Yuk, Ladies!

Fakta Vitamin untuk Rambut

Konsumsi Vitamin untuk Rambut Perlukah? Begini Kata Ahli
Foto: medicalnewstoday.com

Saat kamu melihat kemasan pada vitamin rambut, kandungan yang banyak terdapat di dalamnya mulai dari biotin (dikenal juga sebagai vitamin B7) atau vitamin E. Dr. Marine Peredo yang merekomendasikan suplemen untuk memperbaiki kerusakan yang berkaitan dengan rambut, kulit, sampai dengan kuku. Dr. Marine Peredo menjelaskan jika biotin menstimulasi pertumbuhan rambut dan membuatnya sehat dengan melawan kekeringan, kulit kepala yang mengelupas, dan meningkatkan elastisitas korteks rambut.

Biotin bisa ditemukan dalam bentuk suplemen ataupun juga makanan-makanan. Misalnya saja kacang-kacangan, pisang, sampai dengan kuning telur. Sementara itu, berdasarkan sumber dari Healthline, vitamin E mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala, menyeimbangkan produksi minyak, dan memberikan kilau rambut alami. Kamu bisa menemukan vitamin E dalam bahan makanan seperti halnya daun-daunan, kacang-kacangan, minyak sayur, dan biji-bijian.

Untuk tambahan, vitamin D menurut Penny James juga menolong mereka yang selama ini bermasalah dengan kerontokan. Karena hal itulah, kita perlu asupan vitamin D, dalam bentuk buat ataupun multivitamin.

Mengonsumsi Vitamin untuk Rambut

Konsumsi Vitamin untuk Rambut Perlukah? Begini Kata Ahli
Foto: hellogiggles.com

Semua orang sepertinya sudah sangat tahu mengenai vitamin untuk pra-kehamilan dan kehamilan. Namun, seorang dermatologist bernama Dr. Melissa Piliang ternyata juga merekomendasikan jenis vitamin ini untuk meningkatkan kesuburan rambut dan kulit. Piliang yang juga merupakan dokter di Klinik Cleveland menyebutkan masalah rambut rapuh seringkali dikaitkan dengan masalah internal yang berkaitan dengan tiroid dan anemia kronis. Karena itulah kamu bisa mengambil vitamin dan mineral seperti halnya zat besi, vitamin D, dan juga seng. Multivitamin ini akan membantu mengisi kebutuhan nutrisi untuk rambut dan kuku.

Pandangan Ahli Mengenai Vitamin Rambut

Konsumsi Vitamin untuk Rambut Perlukah? Begini Kata Ahli
Foto: wellandgood.com

Sejauh ini belum ada research yang cukup untuk membuktikan efisiensi penggunaan vitamin untuk kesehatan rambut. Meskipun begitu bukan berarti para ahli tidak merekomendasikan suplemen ataupun multivitamin.

“Minum vitamin merupakan bagian dari diet,” papar celebrity hairstylist Devin Toth. Namun, ia cepat menambahkan, “Vitamin dan suplemen bukanlah obat ajaib, mereka hanya memberikan dukungan untuk rambut. Dan memaksimalkan proses yang terjadi di tubuh.”

Baca juga: Tracee Ellis Ross Rilis Lini Produk Perawatan Rambut Keriting dan Tebal

Dr. Piliang juga menambahkan jika vitamin harus digunakan sebagaimana mestinya. Sebagai penunjang, bukan mengcover masalah yang terjadi. Terutama jika kuku dan rambut mengalami kerapuhan, bisa jadi berkaitan dengan anemia kronis ataupun juga kondisi tiroid. Maka dari itulah, perlu membicarakan kepada yang ahli terlebih dahulu sebelum mengambil vitamin atau suplemen.

Sumber: Hello Giggle

Comments

Loading...