OUR NETWORK

Kandungan Wajib dalam Skincare yang Bikin Kulitmu Awet Muda (Part 1)

Kandungan Wajib dalam Skincare yang Bikin Kulitmu Awet Muda (Part 1)
Foto: thebudgetfashionista.com

Penuaan merupakan bagian dari hidup. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan menua sedikit demi sedikit. Kulitmu akan menunjukkannya sedikit demi sedikit. Meski hal ini tidak dapat dihindari bukan berarti kamu tidak perlu merawat kulitmu, loh! Pasalnya, jika kulit tidak memperoleh perawatan yang tepat, ia bisa menua secara drastis sebelum saatnya. Tentunya ini bukan hal yang kamu inginkan, bukan? Seringkali justru kamu menginginkan kulit yang tampak lebih muda, kan? Nah, berikut ini beberapa ahli dermatologi dari industri terbaik berbagi berbagai macam kandungan yang dapat bekerja secara efektif untuk perawatan anti-aging-mu, loh! Penasaran, kan? Simak, yuk!

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Dimethicone dalam Produk Skincare

Alpha dan Beta Defensins

Dermatologis kosmetik, Yunyoung Claire Chang, mengatakan, alfa dan beta-defensin merupakan protein kekebalan alami untuk mengaktifkan sel-sel induk dalam folikel rambut, yang biasanya berfungsi menyembuhkan luka pada kulit. “Defensin ini telah terbukti efektif dalam produk perawatan kulit terbaru, yakni DefenAge. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology pada tahun 2018, produk ini mampu meningkatkan menghilangkan bintik-bintik coklat dan meratakan kulit wajah, menghilangkan kerutan, dan mengurangi penampakkan pori-pori,” jelasnya. Menurutnya, produk ini juga memiliki efek seperti retinol tanpa mengakibatkan peradangan.

Bakuchiol

Bahan ini dikenal sebagai alternatif yang lebih lembut dari retinol. Berdasarkan penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science, diketahui bahwa bakuchiol mampu merangsang produksi kolagen, merawat tekstur, warna kulit, dan lainnya. Chang mengatakan, dari berbagai fungsinya yang mirip, bakuchiol memiliki efek samping pengeringan dan iritasi pada kulit yang lebih rendah dibandingkan retinol.

Kandungan Wajib dalam Skincare yang Bikin Kulitmu Awet Muda (Part 1)
Foto: makeupandbeauty.com

Ceramides

Ceramides merupakan salah satu kandungan yang sudah terkenal dan banyak digunakan pada produk anti-aging. Pasalnya, ceramides merupakan lipis alami yang dapat membantu melindungi skin barrier dan menjaga kelembapan pada kulit. Bagi Chang, kandungan ini sangat penting bagi kulit, mengingat seiring bertambahnya umur, kadar ceramide di kulit kita akan semakin berkurang hingga menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan sensitif. “Kulit kering dapat memperburuk penampilan dan memunculkan garis-garis halus serta tekstur kulit yang tidak merata. Terapkan produk dengan kandungan ceramides pada rutinitas perawatan kulit untuk menjaga agar tetap terhidrasi, terlindungi, dan menjadi halus.

Ginseng

Dalam budaya Korea, ginseng merupakan sumber utama dari kesehatan tubuh dan kulit dalam hidup setiap individunya. Hal ini pun sangat disetujui oleh Chang, menurutnya, ginseng memang memiliki efek yang sangat baik pada tubuh dan kulit, tak terkecuali untuk membantu mencegah penuaan kulit, mengingat ada kandungan panax ginseng dan ginsenosides di dalamnya. “Ekstrak ginseng telah terbukti dapat melindungi kulit dari penuaan yang diinduksi UVB, mengurangi keriput, dan meningkatkan kelembapan kulit,” jelasnya.

Glycolid Acid

Masih ingat dengan kandungan yang mengeksfoliasi dengan lembut yang satu ini? Yup, kemampuannya ini dinyatakan Chang dapat merawat tekstur dan warna kulit yang berpengaruh pada perawatan anti-aging. “Glycolid acid juga memiliki manfaat anti-aging tambahan, di antaranya memerangi peradangan yang disebabkan oleh UV, mengurangi bintik-bintik coklat di wajah, dan merangsang kolagen,” jelasnya. Ia menambahkan, semakin tinggi konsentrasinya pada sebuah produk, semakin kuat efeknya, begitu pula efek sampingnya. Oleh karena itu, dalam pemakaiannya kamu tetap perlu memastikan daya tahan kulitmu, ya Ladies, agar tidak terjadi iritasi yang tidak diinginkan.

Nah, dengan memasukkan bahan-bahan ini ke dalam rutinitas perawatan kulitmu, kamu dapat menunda waktu penuaan dan menampilkan kulitmu yang paling sehat, indah, dan cantik, Ladies.

 

Sumber: Hello Giggles

Comments

Loading...