OUR NETWORK

Ingin Tidur Lebih Cepat? Ini 3 Cara yang Bisa Dilakukan!

Sering sulit tidur, Ladies? Cobain 3 cara sederhana ini supaya kamu bisa tidur lebih cepat dan juga mendapatkan tidur yang lebih berkualitas!

Tidur merupakan salah satu aktivitas mendasar yang dilakukan manusia untuk mengistirahatkan diri setelah melakukan berbagai rutinitas. Meski merupakan hal yang mendasar dan nggak butuh metode khusus, beberapa orang mungkin memiliki kesulitan untuk tidur. Nah, buat kamu yang merasa sulit untuk langsung terlelap, berikut cara membuat tidur lebih cepat yang bisa dilakukan.

Baca juga: Kebiasaan Tidur Memengaruhi Kebahagiaan dalam Hubungan Lho, Sudah Tahu?

Mendengarkan Musik Klasik

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2008 dan dipublikasikan pada Journal of Advanced Nursing. Penelitian ini menemukan bahwa para peserta yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur selama 3 minggu dapat tidur lebh cepat. Kualitas tidur mereka juga meningkat. Menurut Dr. Michael Breus, Ph.D, seorang psikolog klinis di Amerika Serikat, musik klasik membuat otak memproduksi gelombang alfa. Nah, gelombang ini dapat membuat seseorang lebih cepat tidur. Kalau kamu punya masalah tidur, cara yang satu ini nggak ada salahnya untuk dicoba, Ladies!

Gunakan Kaus Kaki

Menurut penelitian yang dipublikasikan 20 tahun yang lalu di Journal Nature, ditemukan bahwa menggunakan kaus kaki sebelum tidur akan memberikan sinyal pada tubuh bahwa sudah saatnya untuk tidur. Hal ini karena kaus kaki akan memberikan efek hangat pada kaki yang membuat kamu nyaman apalagi saat cuaca yang dingin nih, Ladies.

Bayangkan Tempat yang Menyenangkan

Penelitian yang dipublikasikan pada 2002 di Behaviour Research and Therapy menemukan bahwa orang-orang yang mengalami insomnia dan membayangkan sesuatu yang menyenangkan atau membuat rileks akan membuat mereka tidur lebih cepat dan mengurangi rasa stres. Oleh karena itu, menurut Ginger Houghton yang merupakan terapis di bidang sosial, cobalah untuk membayangkan hal-hal positif sebelum tidur.

Baca juga: 5 Hal yang Mungkin Bikin Kamu Stress

Kalau dalam beberapa hari ini kamu mengalami kesulitan untuk tidur, kamu bisa mencoba ketiga cara di atas ya, Ladies! Namun, kalau kesulitan untuk tidur yang kamu alami ini berlangsung dalam waktu lama dan terus-menerus, cobalah untuk berkonsultasi pada ahli ya!

 

Sumber: brit.co, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...