OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Cara Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental di Rumah

Terapi warna atau disebut juga chromotherapy adalah terapi yang menggunakan warna dan cahaya untuk menangani masalah kesehatan baik fisik maupun mental. Terapi ini sudah ada dari zaman Mesir kuno. Dulu mereka menggunakan ruangan yang dipenuhi kaca berwarna yang disinari cahaya matahari untuk tujuan terapi. Nah, sekarang kamu juga bisa melakukan terapi warna untuk kesehatan mental kamu nih, Ladies. Bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak ringkasannya di bawah ini!

Tipe terapi warna

Cara Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental di Rumah
Foto: pexels

Dalam terapi warna dipercaya setiap warna memberikan efek berbeda.

  • Merah: memberi energi terutama bagi mereka yang kelelahan. Namun, merah juga dapat memicu perilaku agresif bagi mereka yang sedang tegang.
  • Biru: warna ini digunakan untuk mengurangi gejala depresi dan tengah merasakan sakit. Warna biru yang lebih gelap juga memiliki fungsi sedatif dan digunakan untuk membantu menangani insomnia dan masalah tidur lainnya.
  • Hijau: hijau adalah warna alam dan digunakan untuk rileksasi dan mengurangi stres.
  • Kuning: digunakan untuk meningkatkan mood dan memicu perasaan senang dan optimistik.
  • Oranye: seperti kuning, oranye digunakan untuk memicu perasaan bahagia. Warna terang dan hangat juga membantu meningkatkan nafsu makan dan aktivitas mental.

Teknik terapi warna

Ada dua teknik utama dalam terapi warna. Pertama, dengan melihat langsung pada warna-warna tertentu. Cara kedua dengan menyinarkan warna tertentu ke area tubuh tertentu. Terapis warna percaya bahwa warna bisa masuk ke tubuh lewat mata atau lewat kulit. Setiap warna memiliki panjang gelombang tertentu yang unik dan dapat memicu perubahan di tubuh. Warna hangat biasanya digunakan untuk memicu efek tertentu sedangkan warna dingin digunakan untuk memberi efek tenang.

Baca juga: 5 Cara untuk Membuat Mata Tetap Sehat, Yuk Mulai Terapkan!

Hal yang perlu dipertimbangkan

Cara Terapi Warna Untuk Kesehatan Mental di Rumah
Foto: pexels

Walaupun terapi warna dapat membantu secara umum namun setiap orang memiliki kondisi yang unik. Akan ada kemungkinan warna yang seharusnya memberi rasa tenang justru membuat kecemasan muncul.

Cara melakukan terapi warna

  • Hilangkan segala sinar biru dari gadget. Entah itu dari laptop, handphone, atau televisi. Kamu juga bisa menggunakan kacamata anti sinar biru jika kamu perlu.
  • Lihatkan ke alam sekitarmu, warna hijau dari alam berupa dedaunan dan rumput dapat memberi perasaan rileks dan positif.
  • Ketika memilih warna baju, warna ruangan, dan segala hal yang menyangkut warna di hidupmu, kamu bisa memilih warna sesuai dengan efek yang kamu inginkan.

Nah, cukup mudah kan cara melakukan terapi warna tersebut. Selamat mencoba ya, Ladies!

 

Sumber: Very Well Mind

Must Read

Related Articles