OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Berkeringat Saat Malam Hari, Berbahayakah?

Terbangun dengan tubuh penuh keringat tak jarang membuat diri berpikiran buruk. Apakah tubuh mengalami kelainan atau pertanda penyakit tertentu. Well, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan tubuh menjadi berkeringat pada malam hari. Namun, tenang saja, Ladies, ini bukan hal yang aneh kok dan tidak selalu buruk. Penyebab tubuh berkeringat ada bermacam-macam, dari suhu ruangan yang salah sampai kondisi kesehatan yang lebih serius.

Bila keringat yang keluar dari tubuhmu dikarenakan suhu ruangan yang terlalu panas, maka, yang kamu alami bukanlah keringat malam, melainkan hanya berkeringat saat tidur. Biasanya suhu ruangan saat malam hari dibuat lebih dingin dibandingkan siang hari. Suhu ini disesuaikan dengan tubuhmu yang berada di bawah selimut.

Baca juga: DIY Pembersih Noda Keringat di Baju Putih

Kedua hal ini berbeda, ya Ladies. Keringat malam yang dimaksud ialah semburan panas atau hot flash yang terjadi saat kamu tidur. Alih-alih membuatmu terbangun dengan sedikit keringat pada area tertentu, kamu justru menemukan tubuhmu dalam keadaan basah kuyup. Penyebab paling umum munculnya hot flash dikarenakan menopause yang dialami tubuh. Jika hot flash muncul pada siang hari, ia pun akan muncul pada malam hari pula.

Berkeringat Saat Malam Hari, Berbahayakah?
Foto: time.com

Selain itu, olahraga dengan intensitas tinggi juga bisa menimbulkan hot flash.

Kegiatan ini dapat menyebabkan kelenjar tiroid melepaskan lebih banyak hormon yang kemudian memicu munculnya keringat malam. Bila ini faktor yang kamu alami, maka, langkah terbaiknya ialah mempercepat jadwal olahragamu menjadi pagi hari untuk menghindari keringat malam.

Baca juga: Keringat Berlebihan? Jangan Panik, Simak Penjelasannya Di Sini

Di samping itu, keringat malam ternyata kadang-kadang menjadi penanda hal yang lebih serius, loh! Di antaranya, penyakit kanker tertentu. Biasanya, dalam kasus ini, tubuhmu juga mengalami gejala lain secara bersamaan, seperti demam, penurunan berat badan, dan nyeri. Jika, kamu mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan ke dokter ya, untuk mengetahui penyebab pastinya.

So, jangan langsung panik setelah menemukan diri terbangun dengan tubuh berkeringat, ya Ladies. Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah ingat kembali aktivitas yang telah kamu lakukan sebelumnya, kemudian atasi secara perlahan sebagaimana disebutkan pada ulasan di atas atau konsultasikan ke dokter terkait.

 

Sumber: Health Digest

Must Read

Related Articles