OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Ahli Diet Setuju: 3 Makanan Olahan Ini Membuat Metabolisme Tubuh Berjalan Lebih Lambat

Pola makanmu adalah salah satu faktor utama dalam menentukan kesehatanmu secara keseluruhan. Apabila bahan padat nutrisi dan alami dapat memberikan dorongan baik pada tubuhmu, maka bahan lain, seperti makanan olahan, dapat menjadi penyebab penurunan kesehatanmu, Ladies. 

Yup selama ini processed food alias makanan yang sudah diproses memang diyakini berdampak buruk pada tubuh. Namun sejauh apa sih efeknya?

Menurut Jesse Feder, ahli nutrisi diet sekaligus personal trainer tersertifikasi, setidaknya terdapat tiga makanan olahan yang harus dihindari ketika kamu berusaha memperbaiki pola makanmu, Ladies. Gantilah makanan ini dengan bahan-bahan alami terbaik ya!

1. Sereal manis

Ahli Diet Setuju: 3 Makanan Olahan Ini Membuat Metabolisme Tubuh Berjalan Lebih Lambat
Foto: pexels.com

Sereal adalah ssalah satu pilihan sarapan paling mudah dan praktis, apalagi saat kamu tidak sempat menyiapkan sarapan. Namun sayangnya sereal ini pada umumnya rendah nutrisi berharga dan dikemas dengan gula yang dapat merusak metabolismemu. 

“Sereal manis adalah salah satu makanan olahan yang paling tidak sehat yang kamu bisa makan. Mereka sarat dengan gula, natrium, dan karbohidrat olahan,” Jesse Feder memperingatkan. “Tiga kandungan tersebut, jika dimakan dalam jumlah tinggi dan konsisten, dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung. Bahan-bahan yang diproses dan dimurnikan biasanya memberi Anda sentakan energi karena dapat dicerna dengan sangat cepat. Hal ini kemudian menyebabkan jatuhnya gula darah kita, dan dapat memperlambat metabolisme Anda.”

Jika Ladies menginginkan makanan yang manis di pagi hari, dan juga yang juga bisa diolah dengan cepat, overnight oat adalah pilihan bagus. Ladies bisa juga menambahkan madu, maple syrup, atau selai kacang untuk penyedap rasa alaminya. 

2. Frozen food 

Frozen food pada umumnya tidak membahayakan kesehatan. Makanan jenis ini digemari karena praktis dan lezat. Namun, banyak memakan frozen food  yang dikemas dengan bahan pengawet dan banyak bahan kurang segar tidak akan membantu meningkatkan kesehatan Anda. 

Frozen food biasanya mengandung banyak lemak dan garam di dalamnya. Tujuannya adalah untuk membuatnya terasa enak sekaligus menjaganya tetap awet. Jumlah lemak dan garam yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular, ” jelas Jesse Feder.

Frozen food juga bisa tinggi karbohidrat olahan yang membuatmu hanya sebentar merasa kenyang. Jadi jika kamu ingin mengonsumsi makanan olahan, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun batasi dan pastikan kamu mengimbanginya dengan sayuran dan sumber protein padat lainya. 

3. Makanan cepat saji

Ahli Diet Setuju: 3 Makanan Olahan Ini Membuat Metabolisme Tubuh Berjalan Lebih Lambat
Foto: pexels.com

Yang satu ini mungkin tidak mengejutkan—makanan cepat saji. Meskipun lezat, praktis, dan menyenangkan, makanan cepat saji dapat menimbulkan ancaman signifikan bagi metabolisme jika dikonsumsi secara teratur.  

“Makanan cepat saji dibuat dengan jumlah lemak, natrium, dan minyak yang tidak sehat dalam jumlah tinggi. Makanan ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, obesitas, penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, dan stroke,” tegas  Feder. “Bahan-bahan dalam makanan cepat saji juga sangat diproses dan disempurnakan yang dapat dicerna dengan cepat dan membuat Anda mengalami penurunan metabolisme.” 

Apakah Ladies tidak dapat memakan tiga jenis makanan di atas sama sekali? Tentu saja bisa, Ladies, yang penting tidak dikonsumsi terlalu sering, apalagi setiap hari. Selain itu imbangi dengan asupan makanan bergizi lainnya. 

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles