OUR NETWORK

5 Minyak Esensial dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

5 Minyak Esensial dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui
Foto: honeysweetieacres.com

Minyak esensial adalah berkah luar biasa bagi keharuman di dunia ini. Betapa tidak, secara alami minyak ini dapat mengharumkan segala macam hal. Mungkin salah satu kegunaan yang paling menyenangkan adalah sebagai aromaterapi. Ladies tentu sudah akrab dengan minyak alami yang diekstrak dari bunga, batang, daun, dan bagian tanaman lainnya ini. Selain aromanya yang harum, minyak esensial ini juga dapat membuat tubuh kita rileks dan bahagia, Ladies. 

Dari sekian banyak minyak esensial yang ada di sekitar, Ladies, berikut ada lima minyak favorit beserta manfaatnya yang harus kamu ketahui. Apa aja sih? Yuk, simak!

1. Chamomile

Minyak chamomile  diekstraksi dari bunga tanaman chamomile. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalamnya adalah alpha pinene, beta pinene, camphene, caryophyllene, sabinene, myrcene, gamma-terpinene, pinocarvone, farsenol, cineole, propyl angelate, dan butyl angelate. Selain itu, manfaat chamomile juga bisa didapatkan tubuh karena kandungan alpha bisabolol, bisabolol oxide-A & B, dan bisabolene oxide-A. Minyak ini dapat mengatasi masalah depresi, meredakan reaksi alergi, mencegah insomnia, menjaga kesehatan kulit, mengurangi nyeri menstruasi, mengurangi peradangan, dan mencegah insomnia. Manfaat chamomile ini didapatkan karena aroma dari minyak chamomile akan membuat Ladies lebih rileks dan mengantuk, sebuah kondisi yang membuat tidur kamu lebih nyenyak. 

2. Eucalyptus

Minyak eucalyptus adalah pengobatan herbal yang bermanfaat untuk mengobati rasa sesak di dada karena pilek atau asma. Minyak ini juga dapat mengobati sinus, hidung tersumbat, sakit kepala, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menghirup aroma minyak ini. Aromanya mampu menyembuhkan penyakit ringan tersebut. Selain itu, sesekali kamu juga dapat mencoba memijat kulit kepala dengan minyak eucalyptus ini, Ladies. Cara ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya kutu kepala.

3. Lavender

Minyak lavender memiliki khasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain membantu pertumbuhan rambut, minyak lavender juga bisa menghentikan kerontokan rambut. Aroma manis dan lembut yang dihasilkan dari minyak tersebut bisa menenangkan pikiran sekaligus mengendalikan ketegangan pada otot. Karenanya, stres maupun rasa gelisah yang menjadi penyebab rambut rontok pun berkurang. Lavender juga memiliki khasiat antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Khasiat tersebut dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala. 

Baca juga: 8 Manfaat Ajaib dari Minyak Esensial Lavender

4. Marjoram

Marjoram merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki aroma khas dan biasanya disebut dengan oregano. Tidak heran jika tanaman satu ini kerap diolah menjadi minyak aromaterapi. Minyak marjoram ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Karenanya, minyak esensial yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi serta mencegah masalah kulit berkeriput. Kandungan antioksidan pada minyak marjoram ternyata juga memberikan manfaat lain sebagai zat anti peradangan sehingga dapat membantu dalam meredakan ruam atau peradangan yang terjadi di kulit. Tidak hanya dilengkapi dengan kandungan antioksidan, ternyata minyak marjoram juga mengandung zat anti-bakteri. Zat anti-bakteri tentu saja akan membasmi bakteri penyebab infeksi pada kulit, terutama bakteri P. Acnes yang menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, Ladies bisa gunakan minyak yang satu ini untuk mengatasi jerawat yang membandel. 

5. Peppermint

Peppermint dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan, terutama irritable bowel syndrome (IBS). IBS adalah gangguan usus yang menyebabkan perut kembung, kram perut, dan BAB tak teratur. Manfaat peppermint lainnya untuk pencernaan adalah meredakan mual, termasuk gejala morning sickness saat hamil. Selain itu, daun peppermint yang bersifat dingin dan sangat menyejukkan juga membuat minyak esensial peppermint ini bisa digunakan untuk meredakan iritasi kemerahan dan gatal-gatal pada kulit akibat gigitan serangga atau tanaman beracun, lho. 

Baca juga: Apakah Penggunaan Minyak Esensial Benar-benar Aman?

Nah, itulah lima minyak esensial paling sering dicari dan segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan, Ladies. Kira-kira mana yang sering kamu gunakan di rumah, nih?

 

Sumber: goodnessme, hellosehat

Comments

Loading...