OUR NETWORK

11 Fakta Unik Tentang Lipstik

11 Fakta Unik Tentang Lipstik
Foto: narscosmetics.com

Hai Ladies.. Kamu tau gak sih? Kalo Lipstik tuh udah ada dari ribuan tahun lalu. Fakta unik nya, gak cuma cewek-cewek aja nih yang pake. Tapi dari ribuan tahun lalu pun, cowok-cowok juga pake lipstik. Perkembangan makeup telah berkembang dari ribuan tahun lalu. Sementara tren tata rias terus berubah dari musim ke musim dan bahkan bulan ke bulan, ada tren yang jelas yang menembus setiap dekade. Begitupun sejarah nya Ladies, perkembangan warna populer kala itu, selalu diadaptasi langsung oleh budaya, iklim, dan peristiwa sejarah. Kita bakalan kasih kamu info tentang fakta unik dan mengejutkan seputar lipstick dan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk membelinya. Juga bahan-bahan yang berbahaya yang terkandung di dalamnya sebelum adanya perhatian mengenai makeup yang baik untuk kesehatan. Yuk, simak fakta unik nya!

1. Big Spenders

11 Fakta Unik Tentang Lipstik
Foto: byrdie.com

Penelitian memperkirakan rata-rata wanita menghabiskan 15.000 dolar amerika atau sekitar 200 juta rupiah untuk riasan seumur hidupnya dan dari jumlah itu, 1780 dolar amerika atau sekitar 25 juta rupiah digunakan untuk lipstick. Menurut Bustle.com, walaupun kamu bukan beauty blogger atau Makeup artist profesional. Kemungkinan kamu menggunakan lebih dari satu produk makeup setiap hari.

Walaupun setiap item dalam tas makeup kamu mungkin tidak terlihat super mahal, dan kamu kombinasikan produk-produk high-end engan produk-produk drugstore, kamu tidak akan menyadari telah mengeluarkan uang bayak hanya untuk belanja makeup. emang gak terasa yah, Ladies.

2. Lipstick That Won’t Kiss and Tell

11 Fakta Unik Tentang Lipstik
Foto: byrdie.com

Kita berhutang budi nih Ladies sama ahli kimia yang bernama Hazel Bishop yang udah menciptakan lipstick tahan lama. Beliau yang mengembangkan formula untuk lipstick tahan lama semasa beliau bekerja di laboratorium dokter kulit pada saat Perang Dunia II.

3. The Golden Ticket

Fakta Unik
source : byrdie.com

Salah satu lipstick paling mahal di dunia adalah Guerlain’s KissKiss Gold dan Diamonds Lipstick, yang akan membuat kamu merogoh kantong sangat dalam, harga lipstick tersebut adalah $62.000 atau sekitar Rp800 juta rupiah. Sementara lipstick KissKiss aslinya hanya berharga $34 atau seharga Rp400.000, jadi yang sebenernya kamu bayar untuk lipstick mahal itu adalah bling-bling nya yang mahal itu loh, Ladies. Tube lipstick nya terbuat dari 110 gram emas dengan kadar 18 karat yang bertahtakan 199 berlian. Bener-bener hebring yah, Ladies!

4. Lipstick Liberation

Fakta Unik
source : byrdie.com

Elizabeth Cady Stanton, Charlotte Perkins Gilman, dan beberapa tokoh feminis lainnya, melalukan langkah awal gerakan emansipasi wanita. Dengan cara melakukan parade di Suffragette NYC 1912 NYC dengan melukis bibir mereka dengan lipstick dalam aksi tersebut.

5. Simbol Status Sosial

woman putting lipstick on lips

Baik pria maupun wanita di Mesir Kuno mengenakan lipstick sebagai simbol status mereka. Mereka mengaplikasikannya hampir setiap hari dengan batang kayu basah dan warna-warna yang disukai seperti magenta, biru-hitam, dan oranye, meskipun merah juga merupakan warna yang populer di sana… Waaaaaw cucok yah, Ladies!

6. Digunakan sebagai Tanda Pengenal

Fakta Unik
source : byrdie.com

Fakta uni di Yunani nih, Ladies. Di Yunani Kuno, lipstick tidak lagi populer di kalangan warga kelas atas, namun juga digunakan untuk mengidentifikasi Pekerja Seks Komersial. Bahkan, hal tersebut ada dalam lindungan hukum bahwa Pekerja Seks Komersial harus memakai lipstik sebagai tanda pengenal. Jika mereka tidak memakai lipstik saat keluar, itu akan dianggap sebagai penipuan bagi para pelanggan yang tidak bisa mengenali mereka.

7. When in Rome

Fakta Unik
source : byrdie.com

Jika Anda seorang wanita kaya di Roma Kuno, kemungkinan kamu akan memiliki tim penata rambut dan penata rias profesional kamu sendiri, yang disebut cosmatae untuk mengaplikasikan lipstik kamu setiap hari. Tapi sayangnya, di roma pada zaman kuno, banyak lipstik mengandung bahan beracun seperti timbal putih, fucus, dan vermillion.

8. Morale-Booster Lipstick

Fakta Unik
source : byrdie.com

Sementara semua kosmetik lainnya dijatah jumlah produksinya di Inggris Raya selama Perang Dunia II. Lipstik tetap diproduksi karena menurut Winston Churchill merasa lipstik bisa meningkatkan moral bagi para kaum wanita di Inggris.

9. Hewan digunakan Untuk Bahan Lipstik

Lipstick

Selain bahan beracun yang sebelumnya mimin sebutin, lemak hewani, keringat domba, dan sumsum sapi juga sering digunakan untuk membuat pemerah bibir. Bahan-bahan ini digunakan selama bertahun-tahun. Bahkan sirip ikan dibuat untuk bahan efek mengkilap pada lipstik. Duh serem yah, Ladies!

10. Staring Contest

Fakta Unik
source : byrdie.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester, pria lebih lama menatap lipstik merah pada wanita daripada bibir yang tidak pakai lipstik. Mereka paling terpesona oleh lipstik merah, mereka bisa menatap bibir dengan lipstik merah selama rata-rata 7,3 detik. Sementara pandangan mereka melekat pada wanita dengan lipstik merah muda selama rata-rata 6,7 ​​detik. Mereka hanya melirik wanita dengan bibir yang tidak pakai lipstik selama rata-rata 2,2 detik.

Baca juga: 5 Lipstik Merah Terbaik Sepanjang Masa, Sudah Punya?

11. A Magic Cure

Fakta Unik
source : byrdie.com

Kita semua tahu bahwa memakai lipstik dapat menjadi pendorong kepercayaan diri yang besar dan pengubah suasana hati. Tetapi di Inggris pada tahun 1500-an, orang-orang percaya bahwa lipstik sebenarnya memiliki kekuatan magis. Ratu Elizabeth dilaporkan sangat percaya pada kekuatan penyembuhan lipstik dan sangat menerapkan kosmetik ketika dia jatuh sakit. Beredar rumor bahwa beliau memakai setengah inci lipstik di bibirnya pada saat kematiannya.

Waaaaaw.. Bikin kita tercengang yah Ladies! Menurut kamu, mana nih fakta unik yang paling bikin surprise?

 

Foto: byrdie.com

Comments

Loading...