OUR NETWORK

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: medicalnewstoday.com

Jantung merupakan salah satu bagian terpenting pada manusia. Maka dari itulah, wajib dijaga kesehatannya. Caranya? Dengan menerapkan pola hidup sehat yang sudah banyak dianjurkan oleh para ahli. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang buruk untuk kesehatan jantung menurut cardiologist alias ahli jantung dan ahli diet. Ada apa saja? Mari simak 10 di antaranya.

1. Saos tomat

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: thepetitecook.com

Bahan makanan pertama yang perlu diwaspadai adalah saos tomat. Juan River, MD, seorang ahli jantung di Miami, Florida menyebutkan bahan tersebut tinggi sodium. Hanya dua sendok makan saja sudah mengandung 320 miligram sodium, dan angka tersebut sudah 14 persen kebutuhan harian dari 2.300 miligram seperti yang direkomendasikan American Heart Association. Tidak hanya sodium saja, dua sendok saus juga memberikan asupan 8 gram gula ke dalam tubuh.

2. Ayam goreng

Siapa yang nggak doyan ayam goreng? Semua orang sangat suka dengan olahan ayam satu ini ya. Rasanya begitu enak, apalagi bagian kulitnya. Selain nikmat, banyak sekali outlet atau gerai-gerai yang menawarkannya. Namun kamu perlu berhati-hati, batasi konsumsi ayam goreng. Pasalnya, seperti yang dilaporkan American Journal of Clinical Nutrition, semakin banyak mengonsumsi ayam goreng makin tinggi pula risiko kematian karena penyakit arteri koroner.

3. Kentang goreng

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: seriouseats.com

Tak hanya ayam goreng, kentang goreng yang banyak dijual di gerai-gerai makanan juga tidak bagus buat kesehatan jantung. Konsumsi kentang dalam jumlah banyak meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes tipe 2 menurut penelitian ilmiah. Boleh konsumsi, namun usahakan jumlahnya tetap terkontrol supaya tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

4. Smoothies buah-buahan

Siapa yang menyangka, makanan yang selama ini digembar-gemborkan memiliki banyak manfaat kesehatan malah buruk untuk jantung. Terutama untuk smoothies kemasan. Ukuran gula di dalamnya kerap kali lebih dari kebutuhan. Selain itu, Suzanne Fisher, RD, LDN, yang juga founder dari Fisher Nutritions Systems di Cooper City, Florida menyebutkan saat memilih smoothies, kamu akan kehilangan serat-serat yang diperlukan tubuh untuk menormalkan lipid darah. Dan hal itu jadi penyebab risiko penyakit jantung.

5. Sup kaleng

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: spy.com

Kandungan sodium dalam sup kalengan bervariasi. Namun, kebanyakan per cup kecil memiliki 500 miligram sodium. Ditambah lagi dengan garam, asupannya akan semakin meningkat. Jumlah sodium yang tinggi meningkatkan kenaikan tekanan darah, bahkan untuk orang sehat sekalipun. Lebih buruknya lagi, memperparah mereka yang memiliki penyakit gagal jantung.

6. Yogurt aneka rasa

Jika ingin yang sehat, lebih baik memiliki yogurt yang original atau plain. Karena yang memiliki aneka rasa, memiliki banyak gula di dalamnya. Jika kamu selama ini suka mengonsumsi yogurt aneka rasa, lebih baik pilih rasa original kemudian dicampurkan dengan buah-buahan langsung. Ini akan mengurangi jumlah gula buatan. Fisher menyebutkan, buah ini akan memberikan tambahan serat yang bagus untuk jantung.

7. Pastries

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: cookiedoo.com

Memakanan pastries dipadu dengan susu, teh, atau kopi hangat memang nikmat. Tapi perlu digaris bawahi, konsumsi berlebihan sangat tidak bagus untuk jantung. Tidak hanya tinggi lemak, gula, dan tepung, aneka pastries mungkin menyumbang lemak trans ke aliran darah. Tahukah kamu, lemak trans meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Krimer kopi

Ingin kopi yang lebih sehat? Lebih baik pilih yang hitam tanpa tambahan apa pun. Jika ditambahkan rasanya memang akan semakin kaya. Tapi untuk kesehatan kurang disarankan. Karena krimer kopi ini bisa saja memiliki lemak trans atau hydrogenated oil yang meningkatkan risiko plak di arteri jantung. Bagaimana jika tersumbat? Tentunya akan sangat fatal.

9. Diet soda

10 Jenis Makanan yang Buruk untuk Jantung Menurut Ahli Jantung dan Ahli Diet
Foto: orami.co.id

Selama ini banyak orang memiliki soda diet dibandingkan yang biasa dengan harapan bagus untuk jantung. Tapi ternyata, gula buatan yang terdapat di dalam soda diet tidak disarankan. Menurut penelitian, ternyata kandungan kimia yang terdapat di soda diet bisa mengubah bakteri baik di saluran pencernaan dan membuat tubuh rentan mengalami kenaikan berat badan. Jadi hati-hati ya.

10. Pizza

Satu potong pizza dengan berbagai topping di atasnya seperti sosis, pepperoni, keju dan lain-lainnya, ditambah lagi dengan bumbu-bumbu, bisa memenuhi 50 persen kebutuhan sodium. Bayangkan jika kamu makan dalam porsi yang banyak? Maka dari itulah, jika kamu memilih pizza sebagai makan malam, pilihlah yang memiliki banyak sayur dengan keju yang tidak terlalu banyak. Agak sulit sih ya, jadi kamu bisa mengakali dengan mengonsumsi buah dulu supaya bisa lebih kenyang dan menahan diri saat memakan pizza.

Itulah 10 jenis makanan yang sering kali dikonsumsi tapi tanpa sadar buruk untuk kesehatan jantung. Maka dari itulah, berhati-hati sebelum mengonsumsi apa pun, perbanyak air putih ya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. 

 

 

Sumber: WebMD, Prevention

Comments

Loading...