OUR NETWORK

Tiga Tanaman yang Rasanya Seindah Tampilannya

Pandemi tahun 2020 lalu memunculkan tren berkebun di rumah, yang bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga hampir di seluruh bagian dunia. Ya wajar saja sih sebab kegiatan menyenangkan dan mengasyikkan yang dapat dilakukan di rumah cukup terbatas jumlahnya.

Ada banyak tanaman yang naik daun saat pandemi silam, seperti monstera, sansevieria atau biasa disebut lidah mertua, aglonema, philodendron birkin, dan lain sebagainya. Jika hobi ini berlanjut sampai sekarang, mungkin kebun milikmu sudah rimbun ya, Ladies. Nah, saat kondisi kebun semakin sempit tetapi kamu ingin mengadopsi tanaman baru, sebaiknya pilihlah tanaman multifungsi yang bukan saja cantik, tetapi juga dapat dikonsumsi dan memiliki rasa enak.

Sesungguhnya ada banyak tanaman hias yang menjalani kehidupan ganda rahasia sebagai makanan sehari-hari. Misalnya saja mawar, kecombrang, rosela, hingga bunga kamomil. Namun selain itu, ada tanaman lain asal Amerika yang memiliki fungsi estetis dan konsumsi, simak daftarnya di bawah ini, Ladies! 

1. Monarda

Tiga Tanaman yang Rasanya Seindah Tampilannya
Foto: hgtv

Monarda, herba abadi klasik yang ditanam karena bunganya yang mempesona, digunakan oleh banyak penduduk asli Amerika untuk membuat teh obat yang menenangkan. Monarda biasa disebut juga sebagai bergamot, berasal dari fakta bahwa daunnya memiliki aroma yang sangat identik dengan buah jeruk Italia tersebut. 

Jadi Ladies tidak perlu susah payah mencari buah bergamot untuk mengetahui aroma dan rasanya, cukup dengan menggunakan monarda saja, Ladies sudah mendapatkan rasa eksotis bergamot.

2. Scented pelargonium

Tiga Tanaman yang Rasanya Seindah Tampilannya
Foto: gardeningknowhow

Selain itu, ada pula daun pelargonium beraroma (scented pelargonium). Bukan hanya cantik dan indah, tanaman ini juga memiliki daun dengan harum yang luar biasa yang datang dalam berbagai aroma. Ada mawar klasik dan mentol yang membangkitkan semangat, dan yang unik seperti Cola Bottles dan Old Spice, yang wewangiannya sangat mirip dengan namanya. Ladies dapat menggunakan daun ini untuk mengharumkan simple syrup atau ditambahkan di atas salad. Mungkin cara terbaik untuk menggunakan simple syrup beraroma itu adalah sebagai twist pada kue sejenis lemon cake.

Baca juga: 9 Taman Tersembunyi Untuk Kamu Kunjungi di London

3. Eucalyptus

Tiga Tanaman yang Rasanya Seindah Tampilannya
Foto: nochicares

Eucalyptus mungkin bukan tanaman pertama yang Ladies pikirkan tentang makanan. Akan tetapi daun eucalyptus apabila digunakan seperti daun salam, daunnya memiliki aroma herbal yang sangat unik. Tenang, daun ini tidak menambahkan rasa balsem yang keras, mentol, atau apapun yang Ladies sangka, melainkan sesuatu yang sama sekali lebih kompleks dan terukur. Daun eucalyptus ini bisa digunakan pada kue crème brûlée kue tar custard, dan bahkan es krim.

Banyak kultivar (kelompok) jeruk dapat memperoleh manfaat dari cara penggunaan seperti daun salam. Di Indonesia sendiri saat ini daun jeruk yang kerap digunakan untuk memasak adalah daun jeruk purut yang memiliki aroma kuat dan khas. Namun, di Amerika Latin, daun jeruk dan lemon biasa digunakan dengan cara yang sama, dengan hasil yang lezat. 

Bagaimana Ladies, tertarik untuk mulai menanam tanaman indah di atas dan memanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi? 

 

Sumber: theguardian.com

Must Read

Related Articles