OUR NETWORK

Headset Kabel Vs Bluetooth, Mana yang Seharusnya Harus Dipilih

Headset merupakan komponen penting bagi pengguna smartphone yang suka mendengarkan musik. menonton film, sampai bermain game. Pengalaman mendengarkannya jauh lebih nyata dan menarik dibanding memanfaatkan audio speaker dari ponsel.

Saat ini, perangkat untuk mendengarkan sekaligus berbicara melalui sambungan telepon tersebut terdiri dari 2 pilihan. Ada tipe kabel dan bluetooth. Bila didengarkan seksama, kualitas keduanya tidak jauh berbeda.

Tetapi, apakah kamu tahu? Mana yang lebih baik dan disarankan untuk menggunakannya? Di bawah ini akan dikupas satu per satu. Kelebihan serta kekuarangan masing-masing perangkat setelah itu, kamu sendiri yang menentukan.

Bagaimana kualitas suaranya

Pertama dimulai dengan kualitas suara yang dihasilkan keduanya. Sebenarnya, sejak zaman dulu, jenis kabel adalah pemenangnya tetapi, zaman semakin berkembang teknologi super canggih mulai muncul.

Akhirnya, kualitas suara di antara keduanya tidak jauh berbeda. Hanya saja, beberapa orang yang konsen dengan hasil seperti ini pasti lebih memilih tipe kabel. Karena, menghasilkan audio yang lebih jernih dan terdengar sangat asli.

Kondisi ini bisa terjadi karena, berbagai informasi yang masuk sulit di akses bagi tipe bluetooth. Hal itu dipengaruhi dari cara keduanya memproses suara, tipe bluetooth mencapai 768 Kbps, sementara pesaingnya mencapai 2.304 Kbps.

Perbedaan yang mencolok inilah menjadi alasan terbaik mengapa keduanya menghasilkan kualitas yang berbeda. Hanya saja, semua itu bergantung pula dari lagu yang diputar serta mulai dari frekuensi sampai genre.

Efektivitas pemakaian

Perbandingan selanjutnya berdasarkan efektivitas pemakaian. Untuk jenis headset kabel memang sedikit rumit karena, harus terhubung dengan ponsel. Hanya saja, tidak perlu memikirkan penambahan daya.

Bagi sebagian orang tipe seperti ini memang menyenangkan. Tetapi, ada kelemahan yang harus diperhatikan oleh setiap penggunanya yaitu soal tali penghubung tersebut Bila tidak hati-hati bisa saja terputus begitu saja.

Bahkan, saat tali terlihat baik saja, biasanya bagian dalam sudah ada yang terputus. Kondisi ini berbanding terbalik saat menggunakan bluetooth. Lebih mudah dan nyaman, karena tidak harus memikirkan bagaimana kabelnya.

Konektivitasnya juga mudah, hanya saja harus memastikan dulu apakah punya daya masih ada atau perlu di isi. Bagi beberapa orang memikirkan kondisi ini memang kurang menyenangkan.

Baca juga: Minjem Charger Sembarangan? Ini Cuma Satu dari Banyak Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!

Fasilitas yang diberikan

Selanjutnya coba lihat dari segi fasilitas headset tersebut. Sepertinya kedua jenis ini hampir sama mulai dari adanya noise canceling, suara bas yang mengagumkan, dan masih banyak lagi. Semakin mahal harganya, biasanya memiliki berbagai fitur menarik.

Termasuk tingkat responsif saat digunakan untuk telepon. Keduanya cukup bagus hanya saja jelas atau tidaknya tipe kabel memang harus diakui menjadi pemenangnya. Pada tipe bluetooth ini berlaku kompatibel.

Jadi, bisa digunakan di berbagai perangkat asalkan ada fitur tersebut. Menariknya lagi tidak menurunkan kualitas dari suara. Sampai di sini, mungkin kamu sudah mulai punya pandangan ingin memilih tipe yang mana?

Dilihat dari harganya

Poin terakhir adalah melihat dari segi harga. Walau tipe kabel mempunyai rentang harga dari Rp20 ribuan sampai ratusan ribu, Tetapi, bila tipe bluetooth Anda akan mendapatkan angka terendah adalah Rp100 ribu.

Harus diakui, perbedaan fasilitas menggunakan kabel dan tidak memang mempunyai pengaruh cukup besar. Jadi, bagaimana menurut Anda? Keduanya sebenanrnya mempunya kualitas yang tidak jauh berbeda.

Semua keputusan tinggal kembali pada diri kamu sendiri. Nyaman menggunakan yang mana. Tipe kabel atau lainnya. selanjutnya, berapa budget untuk membelinya. Poin paling penting adalah semakin mahal harga headset ini maka kenyaman dalam mendengarkan sesuatu bahkan, untuk telepon semakin bagus dan sempurna.

Walaupun lihat pula brand yang mengeluarkan. Jika, sudah ternama dan menjadi nomor satu maka, tidak perlu diragukan lagi. Hampir semuanya produknya pasti tidak mengecewakan dan membuat ketagihan.

Must Read

Related Articles