OUR NETWORK

Buang Racun dalam Tubuh dengan DIY Foot Detox Berikut Ini Yuk!

Seperti yang telah diketahui, salah satu cara efektif untuk membuang racun di dalam tubuh ialah dengan melakukan detoksifikasi tubuh secara rutin. Dari berbagai cara detoksifikasi, foot detox yang tengah populer diklaim para dokter dan ahli kesehatan, aman dilakukan secara rutin. Mengingat, masa pandemi ini kita dituntut untuk berada di rumah, so, foot detoxnya kita bikin sendiri aja, yuk! Dilansir dari Byrdie, ada beberapa jenis diy foot detox dan caranya cukup mudah dilakukan di rumah kok. Lihat, yuk!

Charcoal Foot Mask

Sudah tidak asing lagi bukan dengan bahan charcoal? Yup, bahan yang cukup banyak ditemukan dalam skincare hingga bodycare ini dinilai efektif dalam mengeluarkan kotoran atau racun dari kulit. Activated charcoal ini juga dinilai aman digunakan untuk kaki! Tidak perlu membeli bahan aslinya langsung kok. Kamu dapat melakukan rutinitas charcoal foot mask dengan menggunakan masker wajah berbahan activated charcoal persediaanmu untuk diterapkan pada kaki. Gosok masker ini setelah ia mengering, untuk eksfoliasi kulit dan menjadikan kulit halus pada hasil akhirnya.

Baca juga: Clay Mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay Mask Terfavorit

Bentonite Clay Foot Mask

Sebagaimana diketahui manfaat masker bentonite yang digunakan pada kulit sejak berabad-abad yang lalu. Bahan ini dinilai dapat memberikan hasil yang serupa sebagai salah satu metode detoksifikasi kaki. Campurkan ½ cangkir bentonite clay, enam sendok makan apple cider vinegar, dan tiga sendok makan air untuk menciptakan masker clay yang sempurna. Aplikasikan campuran tersebut pada telapak kaki, biarkan hingga mengering, lalu gosok hingga bersih.

Epsom Salt Soak

Buang Racun dalam Tubuh dengan DIY Foot Detox Berikut Ini Yuk!
Foto: medicalnewstoday.com

Selain membersihkan tubuhmu dari racun, cara yang satu ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi sakit pada otot kaki, merelaksasi kaki yang lelah dan terlalu banyak bekerja. Selain itu, cara ini juga dapat membuat kakimu merasakan efek soothing pada hasil akhirnya. Caranya, isi mangkuk besar atau bak mandimu dengan air panas dan garam Epsom, lalu rendam kakimu di dalamnya.

Foot Detox Pads

Meski alat yang satu ini bisa kamu peroleh secara online, tapi kamu juga bisa loh membuat DIY-nya dengan mudah. Mengingat, bahan-bahan canggih yang digunakan pada foot detox pads yang dijual di pasaran cukup sulit diperoleh, kamu bisa menggunakan campuran pada ulasan di atas. Pertama, kamu perlu memotong muslin cloth sesuai dengan ukuran telapak kakimu, rendam kain di salah satu campuran di atas, biarkan masker DIY-mu selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Meski hingga saat ini belum banyak bukti ilmiah terkait manfaat dari foot detox ini. Namun, sudah banyak yang mengaku memperoleh relaksasi dari metode ini dan cara ini pun diyakini aman oleh para dokter dan ahli. Sehingga, untuk kamu yang penasaran ingin menghilangkan racun dalam tubuhmu dengan cara ini, tidak akan jadi masalah, Ladies. So, selamat mencoba, Ladies!

 

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles