OUR NETWORK

Untuk Menarik Turis, Kota Vienna Malah Menggunakan Review Negatif di Iklan

Ulasan online di banyak situs, memang selama ini merupakan strategi marketing yang baik untuk memasarkan suatu tempat, misalnya saja saat wisata. Ladies juga pastinya sering dong mempertimbangkan untuk pergi atau menginap di suatu tempat, setelah diyakinkan dengan review-nya? Namun, Badan Pariwisata Vienna, Austria, malah sebaliknya. Mereka meminta para turis untuk tidak terlalu serius menanggapi berbagai ulasan mengenai destinasi wisata di kotanya sehingga membuat kegiatan traveling jadi lebih santai dan menyenangkan. 

Baca juga: Negara-Negara dengan Gaya Hidup Tersehat di Dunia

Saat ini sedang viral kampanye wisata dengan judul ‘Unrating Vienna’ yang ternyata mengikuti kesuksesan kampanye ‘Unhashtag Vienna’. Kampanye ini menggunakan review negatif untuk menarik lebih banyak pengunjung. Kampanye tersebut bertujuan para turis atau wisatawan mengurangi kegiatan selfie atau berfoto demi menikmati berbagai pengalaman dan panorama indah di kota Vienna dengan lebih khidmat. 

Untuk Menarik Turis, Kota Vienna Malah Menggunakan Review Negatif di Iklan
Foto: lonelyplanet.com

Ulasan wisata memang penting untuk dibaca sebelum bepergian, namun ada baiknya tidak terlena karena belum membuktikannya terlebih dahulu. Kampanye yang dilakukan oleh Vienna ini juga melawan berbagai ulasan buruk mengenai berbagai wisata mereka. 

Untuk Menarik Turis, Kota Vienna Malah Menggunakan Review Negatif di Iklan
Foto: lonelyplanet.com

Misalnya saja ada salah satu ulasan satu bintang untuk Leopold Art Museum yang menyebutkan “lukisan-lukisan itu menjijikkan.” Hal tersebut memberikan gambaran kepada pembaca jika masterpiece perupa yang diakui secara global seperti halnya Egon Schiele dan Gustav Klimt, terlihat menggelikan. 

Kampanye ‘Unrating Vienna’ tersebut banyak beredar di kota-kota besar Eropa seperti halnya London. Iklan tersebut menuliskan pertanyaan seperti: “So who decides what you like? Discover your own Vienna.” Jadi, siapa yang menentukan apa yang kamu suka? Temukan Vienna versimu sendiri).” 

Untuk Menarik Turis, Kota Vienna Malah Menggunakan Review Negatif di Iklan
Foto: lonelyplanet.com

Dilansir dari qz.com, Norbert Kettner selaku Direktur Badan Pariwisata Vienna menyebutkan jika ulasan online memang jadi senjata marketing, namun ternyata hal tersebut membuat turis kurang santai saat berwisata. Iklan yang mereka keluarkan menegaskan jika hanya “kunjungan saja yang akan membuktikannya.” 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Romantis di Dunia, Biar Hubungan Makin Hangat dan Lekat

Review online memang menjadi hal yang penting dalam dunia pariwisata. Namun, tidak jarang menyebabkan turunnya popularitas suatu tempat. Maka dari itulah, membaca ulasan wisata memang penting, tapi cek and ricek terlebih dahulu ya. Apalagi kalau kamu udah terlanjur penasaran dan berharap banyak. Ide bagus nih dengan memajang review negatif begini. Malah jadi makin penasaran untuk datang nggak sih?  

Sumber: qz.com, lonelyplanet.com

Must Read

Related Articles