OUR NETWORK

Manfat Power Nap Bagi Kamu Si Sibuk

Ladies tentunya udah sering dengar istilah power nap, ya? Power nap adalah tidur dalam waktu singkat sekitar 15 sampai 30 menit di sela-sela banyaknya aktivitas. Bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan, istirahat sebentar saja seperti menjadi sebuah berkah ya. Nah, oleh karena itulah tidak jarang orang mencuri-curi waktu untuk power nap.

Power nap sendiri merupakan sebuah istilah yang diperkenalkan oleh seorang psikolog dari Cornel University, USA, bernama James Maas. Psikolog tersebut menyebutkan jika power nap mampu memulihkan kesegaran tubuh dalam waktu yang sangat singkat. Ternyata, selain bisa menyegarkan tubuh banyak juga manfaat dari power nap lho. Yuk intip manfaatnya seperti di bawah ini.

Meningkatkan produktivitas

manfat-power-nap-bagi-kamu-si-sibuk-a
Via workplaceexpectations.com

Tidur singkat selama 30 menit terbukti mampu meningkatkan produktivitas dalam segala macam aktivitas yang sedang dikerjakan. Power nap sangat bagus untuk otak dan tubuh. Sebuah studi yang melibatkan para pilot yang diarahkan untuk tidur singkat kurang lebih selama 25 menit setiap harinya, terbukti memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih tinggi.

Mengurangi stres

Dengan pekerjaan dan beban yang banyak, tidak mengherankan jika kamu rentan sekali dengan stres. Untuk itulah, kamu perlu rutin melakukan power nap. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diunggah di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tidur siang mampu menangkal hormon jahat akibat tidur malam yang buruk.

Dengan melakukan tidur siang dalam waktu singkat, otak akan bisa beristirahat sejenak dari berpikir keras. Otak akan mampu mengumpulkan kembali energi untuk melanjutkan perkerjaan. Jadi, bisa mengurangi stres sekaligus menyelesaikan pekerjaan dengan lancar.

Mempertajam daya ingat

woman with thought bubble on chalk board
Via huffingtonpost.com

Otak memang merupakan pusat pengendali tubuh manusia, jika digunakan terus menerus dan kekurangan istirahat tentu saja akan membuatnya cepat atau lambat dalam masalah yang serius. Untuk itulah, kamu perlu power nap selama 20-30 menit. Saat tidur siang, jangan lupa nyalakan alarm sehingga nanti setelah bangun otak akan kembali segar dan ingatan jadi semakin tajam.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tidak hanya berbagai masalah yang terdapat di otak saja, dengan melakukan tidur siang singkat kamu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Tingkat gula darah di dalam tubuh akan terkontrol dengan baik saat kamu melakukan power nap dengan teratur. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh cardiologist yang bernama Dr. Manolis Kallistro yang menemukan jika power nap bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menstabilkan mood

manfat-power-nap-bagi-kamu-si-sibuk-c
Via bestfriendsforfrosting.com

Suasana hati yang berubah-ubah tentu saja akan memengaruhi kinerja ya. Untuk itulah kamu perlu istirahat siang untuk menangkalnya. Power nap mampu meningkatkan kesehatan tubuh baik rohani ataupun juga jasmani. Untuk orang-orang lanjut usia, malah bisa menurunkan tingkat frustasi dan kebingungan. Wah ternyata, power nap baik untuk siapa saja ya.

Sekarang kamu tahu ternyata power nap memiliki banyak sekali manfaat ya. Nah, supaya dapatkan manfaat yang lebih maksimal, lakukanlah secara rutin ya ladies. Misalnya, ladies bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk tidur sejenak supaya lebih bugar dan kembali fokus kerja.

Sumber: yurielkaim, webmd, hitsss

Must Read

Related Articles