OUR NETWORK

Tips Memberikan Kritik Tanpa Membuat Lawan Bicara Sakit Hati

Sebagai makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, kita memang dihadapkan sama berbagai problema yang sering membuat galau. Misalnya saja dalam hal memberikan tanggapan ataupun juga kritikan. Memberikan kritik memang membuat posisi kita dalam keadaaan yang sulit, niatnya membangun namun terkadang disalahartikan dan membuat lawan bicara jadi tersinggung. Dan ini seringkali terjadi, jika tak diselesaikan dengan baik, bisa-bisa hubungan akan jadi renggang. Nah, berikut ini akan disuguhkan trik untuk memberikan kritikan tanpa membuat lawan bicara sakit hati dan berakhir dengan diem-dieman. ?

Pilih Sikon yang Tepat

Tips Memberikan Kritik Tanpa Membuat Lawan Bicara Sakit Hati
“Kalau nyonteknya udah, aku mau ngomong bentar ya…” Foto: thehopeline.com.

Gemes ya memang kalo liat sesuatu yang kurang sreg gitu dan pengen cepet-cepet menyampaikan kritik. Tapi, tunggu dulu ya, jangan main labrak aja. Lihat situasi dan kondisi terlebih dulu, tunggu sampai semuanya kondusif. Jika semuanya sudah terkendali, baru bicarakan semuanya secara gamblang dengan kata-kata yang tidak menyakitkan tentunya kepada yang bersangkutan. Satu lagi, usahakan jangan di depan banyak orang, nanti malah membuatnya jadi malu.

Mulai dan Akhiri dengan Pujian

Tips Memberikan Kritik Tanpa Membuat Lawan Bicara Sakit Hati
Foto: momooze.com

Kritikan memang terdengar menyakitkan, maka dari itulah untuk melunakkannya awali dan akhiri dengan pujian. Terlebih lagi orang yang kamu kritik ini adalah sahabat sendiri, jangan langsung menegurnya. Pertama mulailah dengan memberikan pujian lalu selipkan kritikan dan yang terakhir tutup dengan pujian. Dengan begini kamu bisa menyampaikan kritik tanpa membuat hubungan jadi menjauh. Sedih ya kalo dijauhi teman cuma gara-gara menyampaikan kritik. Nah, siapa tahu karena pemilihan waktunya nggak pas.

Sharing Kesalahan Diri Sendiri Juga

Tips Memberikan Kritik Tanpa Membuat Lawan Bicara Sakit Hati
Foto: psychologytoday.com

Maksudnya, saat kamu menyampaikan kritik jangan berkutat dengan kesalahan lawan bicara saja. Misal, kamu juga bisa membicarakan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan kamu menyesalinya dan tak mengulanginya lagi. Dengan begitu orang yang kamu kritik nggak bakal merasa disalahkan, lebih kaya sharing gitu. Selain itu, dia juga nggak akan malu karena kamu juga masih jauh dari sempurna. Dan itu manusiawi banget, Ladies..

Selalu Dukung

Tips Memberikan Kritik Tanpa Membuat Lawan Bicara Sakit Hati
Foto: psychologytoday.com

Cepat atau lambat si lawan bicara juga akan menyadari bahwa dirinya tengah melakukan kesalahan atau sesuatu yang tak baik. Nah, dalam momen seperti ini jangan malah meninggalkannya. Berikanlah dia dukungan dan tetaplah bersamanya. Jangan biarkan dia down sendirian, bantu ia mencari solusi agar hal yang kamu sampaikan sebelumnya tak membuatnya terpuruk. Berikan kalimat-kalimat motivasi agar kepercayaan dirinya segera kembali.

Di dalam kehidupan ini sebenarnya dikritik dan mengkritik adalah hal yang sangat wajar. Namun seringkali berakhir dengan hubungan jadi renggang dan malah awkward. Hem, maka dari itulah, saat kamu menyampaikan kritik lakukan hal-hal di atas ya, Ladies. Dan satu lagi, bagi kamu yang tengah dikritik, jangan mudah tersinggung dan berusaha terbuka dengan apapun agar semuanya makin mudah.

Sumber: Wonderlabs, Hipwee, Foto cover: sweetyhigh.com

Must Read

Related Articles