OUR NETWORK

Apa Sih Manfaat To-Do List?

Ladies, apakah kamu termasuk orang yang suka menulis jadwal sehari-hari di kertas, di buku harian, atau di aplikasi handphone? Jika ya, berarti kamu sudah membuat to-do list. Membuat to-do list memang terkesan sepele. Namun ternyata itu membawa dampak positif bagi psikologi dan produktivitas seseorang lho. Di dalam bukunya, Sasha Cagen menyebutkan bahwa semua orang sebenarnya perlu membuat to-do list dalam kehidupan keseharian mereka. Bahkan, to-do list bisa mencerminkan karakter pribadi mereka melalui prioritas yang tercantum dalam to-do list tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat jika kamu membuat to-do list untuk reminder sehari-hari!

Mencatat bikin kita ingat

Membuat catatan berisi hal apa saja yang harus kamu lakukan sama prinsipnya dengan ketika kamu menulis catatan saat kuliah umum atau menulis catatan saat membaca buku. Tentu saja, ini akan membuat kamu lebih mudah. Ketika menulis note, otak terlebih dahulu memfilter informasi dari luar kemudian merangkumnya dalam memori lalu kemudian menuliskannya dalam bentuk catatan singkat. Banyak studi yang mendukung pendapat bahwa catatan singkat membuat seseorang mengingat lebih baik daripada sekadar mendengar atau membacanya.

To-do list, from buying milk to find a soul mate. Via lifehacker.com

Planning bikin abstact goal kamu jadi concrete work

Tak semua hal bisa dilakukan dadakan. Ada beberapa hal yang butuh planning dan persiapan matang untuk menyelesaikannya. Ambil saja contoh pekerjaan kantor yang berbeda-beda dengan deadline yang berbeda-beda pula, apalagi jika menghadapi mega proyek tentu saja membutuhkan perencanaan yang matang dan butuh waktu yang tidak sebentar. Membuat to-do list sangat dianjurkan dalam hal ini, sebab to-do list akan membantu membuat rencana kamu jadi konkret yang semula abstrak menjadi lebih jelas. Dengan demikian, tujuan atau goal terlihat lebih jelas dan semangat untuk mencapainya pun bertambah.

Belajar manajemen waktu

Selain menyelesaikan pekerjaan yang ingin kamu lakukan atau mencapai tujuan yang kamu inginkan, membuat to-do list juga mengajarkan kamu untuk belajar mengatur waktu. Jadi, kamu bisa lebih disiplin dan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan lain yang tiba-tiba saja muncul dari arah yang tak disangka-sangka. Dengan lebih disiplin, waktu kamu untuk mencapai tujuan yang diinginkan juga akan lebih cepat dan tidak ditunda-tunda.

Go and list ‘em!

Sumber: Fast Company

Comments