OUR NETWORK

Scripting Photoshop, AI Canggih untuk Mendeteksi Foto Palsu

Scripting Photoshop, AI Canggih untuk Mendeteksi Foto Palsu
Foto: petapixel.com

Di era digital saat ini jutaan foto hampir diunggah tiap harinya ya, Ladies. Aplikasi foto dengan berbagai tawaran menggiurkan selalu memanjakan kita dengan tampilan gambar yang lebih menarik atau bahkan berbeda dengan aslinya. Hampir semua orang ingin membuat foto yang menarik dan menjadi viral. Yep, apalagi jalan keluarnya kalau bukan manipulasi dengan Photoshop yang semakin hari semakin banyak fitur menggiurkan. Ya kan, Ladies?

Tapi rupanya, merajalelanya berbagai foto palsu (alias editan) ini cukup meresahkan. Hal inilah yang kemudian membuat beberapa peneliti Adobe dan UC Berkeley bekerja keras untuk menciptakan AI (Artificial Intelligence) yang dapat mendeteksi sebuah wajah dalam foto ketika foto tersebut dimanipulasi menggunakan Photoshop. Upaya ini dilakukan untuk mengembalikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada fotografi.

Para peneliti Adobe dan UC Berkeley ini telah menerbitkan karya mereka dalam sebuah makalah baru berjudul “Detecting Photoshopped Faces by Scripting Photo”. Mereka menjelaskan bagaimana metode baru ini dapat mengetahui apakah fitur Face Aware Liquify Photoshop digunakan dalam sebuah foto atau tidak.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah melatih Convolutional Neural Network (CNN) menggunakan ribuan potret yang diambil dari internet yang diterapkan oleh Face Aware Liquify, keduanya diedit secara otomatis menggunakan Script Photoshop serta ada juga yang dipoles oleh seniman manusia. “Kami mulai dengan menunjukkan pasangan gambar (asli dan perubahan) kepada orang-orang yang tahu bahwa salah satu wajah telah diubah,” kata peneliti Adobe Oliver Wang dalam Petapixel.com. “Agar pendekatan ini bermanfaat, itu harus dapat tampil secara signifikan lebih baik daripada mata manusia dalam mengidentifikasi wajah yang diedit.” lanjutnya. Sementara manusia hanya mampu mendeteksi wajah yang diedit sebesar 53%, AI berhasil menangkap 99% dari foto-foto editan tersebut.

Scripting Photoshop, AI Canggih untuk Mendeteksi Foto Palsu
Foto: designtaxi.com
Scripting Photoshop, AI Canggih untuk Mendeteksi Foto Palsu
Foto: extremetech.com

Yang lebih mengesankan adalah bahwa selain mencari tahu di bagian mana foto tersebut dimanipulasi, AI juga dapat membatalkan pengeditan tersebut dan mengembalikan foto itu ke keadaan semula. Wow! Keren ya, Ladies.

Baca juga: Dengan Photoshop, Pemuda Ini Bisa Nongkrong Bareng Dirinya di Masa Kecil!

“Ini adalah langkah penting untuk dapat mendeteksi beberapa jenis pengeditan gambar, dan kemampuan undo bekerja sangat baik,” kata kepala Adobe Research, Gavin Miller dilansir dalam Petapixel.com.

Adobe mengatakan bahwa proyek ini hanyalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk menciptakan teknologi yang lebih baik untuk mendeteksi manipulasi digital dalam foto dan bentuk media lainnya.

Teknologi ini tentu bisa sangat bermanfaat untuk mendeteksi foto-foto yang dipalsukan dengan tujuan tidak baik ya, Ladies. Gimana nih? masih mau edit-edit fotomu? Sedikit edit untuk menyesuaikan warnanya sih nggak masalah ya, Ladies. Tapi pikir-pikir lagi kalau mau foto bentuk wajah dan tubuh terus di-post dengan hashtag #noedit ya, Ladies. Hehehe…

 

Sumber: petapixel

Comments

Loading...