OUR NETWORK

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: jamesclear.com

Ladies, apakah kalian sedang ingin melakukan resolusi, namun kesulitan untuk melakukannya dengan konsisten? Misalnya nge-gym seminggu 3 kali? Mencoba berhenti merokok? Membaca setiap hari sebelum tidur? Saya akui memang nggak mudah untuk menjadi disiplin dan menerapkan kebiasaan kebiasaan baru untuk kehidupan yang lebih baik.  Namun, jangan menyerah Ladies! Di sini saya akan memberikan beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk stick to your goals! 

Baca juga: Aplikasi Sleep Tracker Bikin Insomnia Tambah Parah?

1. Streaks

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: apps-tops.com

Tersedia di: iOS

Aplikasi Streaks bisa membantu kamu mengelola beberapa kebiasaan sederhana seperti tidak merokok, memulai kebiasaan lari, dan masih banyak kebiasaan khusus lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan tampilan minimal dan beberapa pilihan warna serta ikon yang imut-imut, kamu bisa membuat kebiasaan baru menjadi milikmu. Aplikasi ini juga bisa untuk mengurangi kebiasaan burukmu yang ingin diubah. Serta kamu bisa melakukan shortcut bantuan Siri untuk pengguna iOS dengan kalimat khusus seperti “Drink Water” atau kalimat apapun yang bisa kamu atur sesukamu untuk mengingatkanmu untuk melakukan sesuatu. 

Kamu juga bisa melakukan pengaturan yang lebih spesifik seperti hari yang ditentukan dan jumlah per hari melakukan kegiatan baru tersebut. Atau, kamu juga bisa menggunakan timer untuk melacak berapa lama waktu yang kamu inginkan untuk membaca buku, atau sekedar bermeditasi. Aplikasi Streaks juga bisa disambungkan dengan Apple Health yang secara otomatis bisa memperbarui kemajuan dari kegiatan baru yang kamu lakukan. Streaks juga bakal memberikan beberapa saran kalau kamu mulai melupakan kebiasaan baru kamu itu loh Ladies, seperti menanyakan apakah kamu ingin memulai dari kebiasaan yang lebih kecil?

2. Habitshare

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: logicalloss.com

Tersedia di: iOS, Android

Aplikasi Habits lebih mudah dilakukan ketika kamu punya teman yang sama-sama sedang dalam proses proses mengubah kebiasaan lama untuk kebiasaan baru yang lebih baik. Itulah sebabnya aplikasi Habitshare sangat disukai karena kamu bisa berbagi kebiasaanmu dengan temanmu dan saling memotivasi ketika kamu mulai tidak melakukan kebiasaan kebiasaan baru tersebut. Tapi kamu juga bisa mengontrol dengan siapa kamu ingin membagi kebiasaan barumu tersebut dengan melakukan pengaturan privacy. 

Melacak kebiasaan dengan teman bisa membantumu melihat kapan terakhir kali mereka melakukan kebiasaan baru tersebut, dan memungkinkan kamu untuk mengomentari kebiasaan baru mereka. Semoga komentar yang kamu berikan mampu memotivasi mereka. 

3. Tally

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: time.com

Tersedia di: iOS

Tally menyebut dirinya sebagai “pelacak apa saja,” yang masuk akal mengingat betapa sederhananya aplikasi tersebut. Tally memungkinkan kamu melacak sebanyak mungkin kebiasaan yang kamu inginkan, dan menawarkan beberapa alat yang sangat canggih untuk mempertahankan kebiasaan kamu.

Tally juga bisa disambungkan ke Apple Watch kamu loh Ladies. Ini memungkinkan kamu membuat grup untuk kebiasaan yang sama, membuat pengingat dan mem-filter daftar kamu untuk melihat kebiasaan tertentu. Kamu juga bisa membuat catatan di setiap kebiasaan untuk menambahkan beberapa konteks di setiap perhitungan, serta kamu bisa menyingkronkannya ke Dropbox atau iCloud supaya kamu memiliki catatan kemajuan dari kebiasaan barumu. 

Versi gratis Tally terbatas untuk melacak 3 kebiasaan. Kamu bisa meng-upgrade dengan mebayar sebesar Rp69 ribu. Dengan versi berbayarnya, kamu bisa melacak kebiasaan baru sebanyak yang kamu suka dan membuka beberapa fitur tambahan seperti pengingat ganda dan perlindungan kode sandi. 

4. Strides

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: time.com

Tersedia di: iOS, web

Untuk para Ladies pecinta grafik dan garis, aplikasi Strides adalah jawabannya. Aplikasi pelacakan kebiasaan yang menyajikan kemajuan dan hasil yang diproyeksikan secara visual, memberi kemudahan untuk memahami seberapa banyak (atau sedikitnya) kemajuan yang kamu buat. Aplikasi ini sangat cocok untuk kebiasaan jangka panjang seperti menabung, melacak kemajuan olahraga, atau melacak tidur. 

Pelacakannya terbagi atas empat kategori: kebiasaan, target, rata-rata atau proyek, masing-masing dengan seperangkat alat sendiri untuk pekerjaan itu. Strides juga memungkinkan kamu menandai kebiasaan buruk, menetapkan garis gol, dan memilih dari daftar contoh kebiasaan. Mulai dari menelepon ibu kamu lebih sering hingga stretching atau olahraga setiap hari. 

Dengan berlangganan sebesar 70 ribu setiap bulannya kamu bisa melacak kebiasaan yang tidak terbatas, dan memungkinkan untuk menyinkronkan di perangkat iOS atau website, sehingga kamu bisa mengecek kemajuan dari kebiasaan barumu dari rumah ataupun dari kantor.

5. Habitica

5 Aplikasi Habit-Tracking Ini Bisa Membantu Kamu Untuk Mencapai Tujuan Kamu
Foto: time.com

Tersedia di: iOS, Android, Web

Aplikasi Habitica membagi kebiasaan baru anda menjadi empat kategori; yang harus dilakukan, kebiasaan, kebiasaan harian, dan penghargaan, yang masing-masing dari kegiatannya memberikan manfaat serta hukuman jika tidak dilakukan. Kaya main dalam role playing game yang ngasih poin ketika kamu selesai menjalankan kebiasaan barumu dan mengurangi poin ketika kamu skip habit baru yang sedang kamu latih. 

Baca juga: 5 Aplikasi Smartphone Ini Mampu Membantumu Jalani Pola Hidup yang Lebih Sehat

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, tapi kamu bisa mendukung Habitica dengan berlangganan bulanan atau membeli aplikasi dengan sekali bayar untuk membeli gem untuk membeli item. Kamu juga bisa mendaftar untuk paket grup berbayar kalau kamu pengin melibatkan seluruh keluarga atau karyawan di usaha kecil kamu loh, Ladies. 

Jadi, nggak ada banyak alasan lagi untuk nggak konsisten melakukan kebiasaan baru yang baik ya, Ladies. Stick to your new habits for a better self! 

Source: Time

Comments

Loading...