OUR NETWORK

Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Art Jog 2019

Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Art Jog 2019
Foto: guideku.com

Yogyakarta memang kotanya para seniman dengan beragam kearifan budaya lokal. Banyak event besar di Yogyakarta yang memiliki tema seni. Salah satunya yang akan segera diselenggarakan adalah Art Jog. Art Jog adalah pameran seni rupa kontemporer terbesar di Indonesia dan tahun ini akan kembali diselenggarakan.

Semenjak tahun 2008, Art Jog sudah berlangsung lebih dari satu dekade. Tahun ini Art Jog kembali akan digelar nih Ladies dengan Tema Art Jog 2019: Arts in Common. Tema ini rencananya akan tetap berlanjut untuk tiga tahun ke depan. Menurut Agung Hujatnika, Kurator Art Jog 2019, tujuan dari rencana tersebut agar event besar seni seperti Art Jog semakin ramah dan membumi.

Baca juga: Motomoto Museum, Kombinasi Restoran dan Swafoto Seni Kontemporer di Pinggiran Jakarta

Ia menjelaskan, secara harfiah, common dalam bahasa Inggris dapat diterjemahkan sebagai yang umum atau yang biasa.

Arts in Common sendiri mengambil inspirasi dari ‘the commons’, di mana secara spesifik, istilah tersebut mendefinisikan suatu khazanah (repository) berbagai informasi, pengetahuan, benda atau sumber daya (imaterial maupun material) yang diwariskan dan diciptakan secara individual maupun kolektif. Secara sederhana ‘the commons’ dapat dimaknai sebagai hasil dari suatu eksplorasi sumber daya (immaterial maupun material-alamiah, industrial, digital) untuk kepentingan bersama.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Art Jog 2019
Foto: guideku.com

Ia juga menambahkan bahwa konsep tersebut juga merupakan cara berpikir alternatif yang sangat relevan dengan berbagai kenyataan hidup sehari-hari. Harapannya, konsep serta tema yang diusung dalam Art Jog 2019 ini dapat dimanfaatkan secara luas untuk generasi mendatang.

Baca juga: Vera Shimunia, Seniman Muda yang Membawa Seni Sulaman ke Level Tertinggi

Setidaknya terdapat tiga rangkaian pada Art Jog 2019 yaitu pameran utama, pertunjukan harian, dan merchandise project. Terdapat pertemuan antara praktisi seni, tour dengan kurator dan kamu juga bisa bertemu langsung dengan para artisan pada rangkaian pameran utama. Jika ingin mengetahui cara artis menciptakan karyanya, kamu bisa mengikuti lecture programme.

Art Jog 2019 akan digelar selama sebulan penuh nih mulai tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus 2019. Tempat penyelenggaraan Art Jog tahun ini akan kembali digelar di Museum Nasional Yogyakarta di Jl. Ki Amri Yahya, no. 1, Yogyakarta. Sampai ketemu di Art Jog!

Sumber: spektakel, detik, guideku

Comments