OUR NETWORK

Jamin Keamanan Pengunjung, Dewan Pariwisata Hong Kong Rilis Standarisasi Protokol Kesehatan

Jamin Keamanan Pengunjung, Dewan Pariwisata Hong Kong Rilis Standarisasi Protokol Kesehatan
Foto: ttgasia.com

Pandemi corona masih menjadi momok yang begitu menakutkan di berbagai wilayah di dunia, termasuk juga Hong Kong. Maka dari itulah, pemerintah Hong Kong terus melakukan upaya mencegah penyebaran virus corona sejak awal kemunculannya. Pemerintah dan para warganya terus menerus melakukan upaya yang sangat ketat untuk melawan virus corona.

Dan karena hal itulah tidak salah jika Hong Kong dan masyarakatnya disebut sebagai negara yang paling ketat di dunia dalam hal menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan terhadap virus corona. Salah satu sektor yang paling aktif dalam menerapkan berbagai protokol kesehatan adalah pariwisata. Dibekali dengan berbagai alat kebersihan dengan teknologi canggih, membuat para wisatawan jadi lebih aman.

Guna meningkatkan pertahanan yang lebih optimal lagi dalam pencegahan corona, pemerintah Hong Kong melalui Hong Kong Tourism Board (HKTB) atau Dewan Pariwisata Hong Kong telah mengeluarkan standarisasi protokol kesehatan. Standarisasi ini dibuat dengan menggandeng Hong Kong Quality Assurance Agency (HKQAA) yang merupakan lembaga penilaian kualitas kondang di Hong Kong.

Pembuatan standarisasi tersebut juga bertujuan untuk memudahkan para pelaku usaha di dunia pariwisata serta pengunjung dalam pencegahan virus corona di ruang publik. Tidak berhenti di situ saja, Ladies.  Protokol tersebut juga dirancang untuk mempersiapkan Hong Kong menjadi destinasi yang lebih baik di masa depan.

“Pandemi COVID-19 telah membawa keadaan new normal ke lanskap pariwisata. Di era baru ini, kesehatan serta keselamatan akan menjadi prioritas bagi pengunjung. Telah banyak biro perjalanan dan organisasi pariwisata internasional yang menerapkan pedoman kebersihan dan kesehatan, protokol anti epidemi, dan standarisasi protokol kebersihan di setiap sektor. Hal ini dapat memberikan pesan kepada para turis bahwa berbagai sektor industri di Hong Kong sangat mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keselamatan,” papar Dr. YK Pang, Ketua HKTB.

Jamin Keamanan Pengunjung, Dewan Pariwisata Hong Kong Rilis Standarisasi Protokol Kesehatan
Foto: press release

Lebih jauh lagi Dr. YK Pang menjelaskan jika organisasinya sudah melakukan konsultasi dengan mitra dagang HKTB. Dan lebih dari 1.800 outlet memberikan penilaian yang positif untuk standarisasi protokol yang diluncurkan.

“HKTB akan memperkuat promosi pada langkah-langkah anti epidemi yang diambil oleh industri pariwisata dan sektor terkait untuk membangun citra pariwisata yang sehat dan aman,” jelasnya lebih lanjut. Tentunya ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung yang ingin datang ke Hong Kong ya, Ladies.

Outlet-outlet yang dimaksud juga mencakup pusat perbelanjaan, hotel, restoran, toko ritel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka para mitra yang berpartisipasi terlebih dahulu diharuskan mematuhi serangkaian standar kebersihan dengan lampiran berikut https://hkhygiene.hkqaa.org. Sementara itu bagi mereka yang sudah lolos standarisasi bisa menampilkan logo yang telah dibuat sebelumnya. Guna menjaga para mitra terus melakukan standarisasi protokol dengan benar, HKQAA juga akan terus melakukan sidak ke depannya.

Jamin Keamanan Pengunjung, Dewan Pariwisata Hong Kong Rilis Standarisasi Protokol Kesehatan
Foto: press release

Ir C. S. Ho, Ketua HKQAA, menjelaskan lebih jauh mengenai proses standarisasi ini.

“Selama proses pembuatan standarisasi protokol kesehatan ini, HKQAA mengacu pada pedoman Pusat Perlindungan Kesehatan dari Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong. Kami bertujuan untuk memperluas implementasi dari praktek protokol kesehatan dan anti epidemi di seluruh sektor yang terkait pada pariwisata serta mendukung usaha para pebisnis. Bersama-sama berjuang melawan pandemi ini secara profesional dan melakukan penilaian bersama pihak ketiga yang netral. Ini akan sangat membantu untuk memulihkan kepercayaan publik pada perjalanan di luar rumah. Kemitraan bersama dengan HKTB ini merupakan kehormatan bagi kami. Kami akan terus meningkatkan standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan terbaru di seluruh industri untuk keadaan new normal saat ini.”

Untuk lebih maksimal lagi, saat ini HKTB melakukan kerja sama dengan TIM SAR dari Pemerintah Hong Kong dan industri pariwisata guna mempersiapkan Hong Kong menjadi tempat wisata yang aman dan memberikan pengalaman yang menarik meski kondisi seperti sekarang.

Sampai saat ini, Hong Kong sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu negara terdepan yang selalu menerapkan protokol kesehatan sejak mewabahnya virus corona. Berbagai sektor sudah menerapkan protokol kesehatan, para penduduknya juga terus menerapkannya seperti halnya selalu menggunakan masker, hand sanitizer, selalu menggalakkan physical distancing dan terus melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Comments

Loading...