OUR NETWORK

5 Persiapan Penting Sebelum Mudik Lebaran

Family with two children (3 and 9 years) going on vacation, loading luggage into car. Main focus on girl and father.

Menghabiskan Idul Fitri ataupun Lebaran di kampung halaman merupakan sebuah hal yang diinginkan banyak orang. Tidak heran jika mendekati Hari Raya ini, orang-orang berebutan mencari tiket ataupun juga berbondong-bondong buat mudik. Dan itu sah-sah saja, orang mana yang tak ingin merayakan hari spesial seperti Idul Fitri bersama dengan keluarga? Pastinya semua mau ya, Ladies.

Nah, agar mudik yang kamu lakukan bisa lancar dan tidak ada kendala, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Dengan banyaknya orang yang mudik, kamu harus prepare semuanya dengan matang. Inilah beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum pulang kampung.

1. Persiapkan Kendaraan

Foto: koshao.com

Kamu tidak akan bisa memprediksi seberapa macetnya jalanan saat musim mudik tiba. Bagi kamu yang memutuskan mudik menggunakan kendaraan, baik itu dengan mobil ataupun juga motor usahakan untuk melakukan perawatan kendaraan terlebih dahulu. Beberapa hari sebelum mudik, pastikan kendaraan sudah diservis terlebih dahulu. Periksa semua bagian kendaraan, mulai dari kondisi ban, rem, saringan udara, aki, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Berapa Hari akan Menginap

Jika kamu merupakan seorang entrepreneur yang memiliki usaha sendiri sih nggak apa-apa ya buat berlama-lama di kampung halaman. Tapi bagi kamu yang kerja di perusahaan ataupun instansi pemerintah, tentukan berapa hari akan menginap di kampung halaman. Dengan begini kamu memiliki rencana yang matang agar waktu perjalanan bisa diprediksi supaya tidak terlalu mepet dengan jadwal masuk kerja. Ini berhubungan juga dengan poin selanjutnya.

3. Persiapkan Budget Cukup

“Ya ampun mau ngasih THR duit cuma segini…” Foto: okezone.com

Tentu saja ini sangat penting sekali, masalah yang cukup vital untuk dipersiapkan sebelumnya. Coba reka-reka berapa pengeluaran yang dibutuhkan, mulai dari bahan bakar jika menggunakan kendaraan ataupun juga biaya tiket jika menggunakan transportasi umum. Jangan lupa juga biaya untuk makan dan budget saat di kampung. Tradisinya, mereka yang sudah bekerja akan memberikan anak-anak uang, jadi perhitungkan itu juga ya.

4. Persiapkan Obat-Obatan

Baik kamu akan mudik sendiri ataupun bersama-sama dengan keluarga pastikan untuk selalu membawa obat-obatan. Kondisi jalanan yang macet, debu, dan cuaca yang tidak menentu bisa saja membuat daya tahan tubuh kamu jadi terkikis, jadi jangan lupa membawa obat-obatan yang dibutuhkan ya, contohnya saja minyak kayu putih, obat anti mabuk, dan lain sebagainya. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, jangan lupa membawa obatmu sendiri ya.

5. Persiapkan Fisik dan Mental

Foto: arijitsworkout.com

Meski kamu setiap tahunnya melakukan mudik, yang namanya mempersiapkan diri secara lahir dan juga batin itu hukumnya wajib. Pastikan sebelum berangkat kamu menerapkan pola hidup yang sehat, makan-makanan yang bergizi, cukup minum air putih, dan juga tidur yang cukup. Terutama bagi kamu yang menyetir kendaraan, tidur yang cukup akan membuat tubuh prima saat nanti menempuh perjalanan jauh. Sementara untuk mental, kamu nanti akan menghadapi macetnya jalanan, atur supaya diri siap menghadapi semuanya dan tidak mudah emosi.

Bagi kamu yang mudik sendiri ataupun bersama dengan keluarga, jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal di atas ya agar perjalanan lancar dan minim hambatan. Dan semoga bisa sampai tujuan dengan baik-baik saja dan merayakan lebaran bersama orang-orang tercinta. Satu lagi, selalu berhati-hati dan waspada saat berada di perjalanan… Selamat mudik.

Sumber: Tempo

Comments

Loading...