OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

4 Cara Mudah Melakukan Baking Therapy untuk Meditasi dan Ketenangan Diri

Baking therapy atau terapi dengan membuat kue tengah populer semenjak pandemi terjadi. Alasannya yakni karena membuat kue terbukti dapat menurunkan perasaan cemas atau anxiety serta meningkatkan perasaan tenang dan damai. Kalau kamu ingin melakukan baking therapy tapi bingung harus ngapain, kamu bisa lakukan cara-cara berikut, Ladies. Yuk, scroll ke bawah!

1. ASMR Membuat Kue

Menurut Dr. Oeker, #bakingasmr tengah populer nih di Tiktok dan meraih lebih dari 15 juta view. Konten ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) baking berisi pengalaman sensori dari berbagai kegiatan seperti langkah-langkah membuat kue,  mendekorasi kue, dan lain sebagainya. ASMR punya berbagai macam bentuk dan memberi efek menenangkan, jadi nggak heran ya kalau ASMR juga merambah ke dunia membuat kue dan bisa banget kamu dengarkan.

2. Mindful Baking

 4 Cara Mudah Melakukan Baking Therapy untuk Meditasi dan Ketenangan Diri
Foto: unsplash.com

Cara lain lagi untuk menenangkan diri dengan membuat kue yakni dengan mempraktekkan mindfulness saat melakukannya. Pusatkan seluruh fokus kamu pada segala sensasi yang kamu terima selama membuat kue. Mulai dari melihat dan memastikan takaran bahan, sensasi saat memegang adonan, hingga bau saat kue dipanggang. Saat pikiran kamu terfokus selama memasak, kamu pun menjadi lebih tenang, Ladies.

3. Mendekorasi Kue

Kegiatan satu ini memang memerlukan fokus serta konsentrasi penuh nih, Ladies. Karena itu kamu bisa mendapatkan pengalaman meditatif dari mendekorasi kue. Seperti halnya kegiatan menggambar atau melukis, kegiatan ini dapat kamu lakukan di rumah. Kalau kamu ingin serius meningkatkan skill membuat kue kamu selain mendapatkan efek meditasi dan menenangkan, kamu bisa mendaftar kelas mendekor kue, Ladies.

4. Fokus Penuh saat Proses Makan

 4 Cara Mudah Melakukan Baking Therapy untuk Meditasi dan Ketenangan Diri
Foto: unsplash.com

Makan bisa jadi kegiatan meditatif lho, Ladies. Pastikan lingkungan sekitarmu tenang saat kamu makan. Hilangkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi kamu saat makan seperti televisi atau gadget lainnya. Nikmati makanan kamu dan perhatikan berbagai sensasi yang kamu rasakan saat makan. Karena itu juga tidak disarankan untuk makan sambil menonton film atau series. Fokus ke makanan kamu aja ya!

Baca juga: Resep Praktis Bikin Corn Dog Mozarella, Camilan Viral yang Bikin Nagih dari Korea

Setelah kue kamu matang dan siap disantap, kamu juga bisa melakukan step tambahan untuk lebih menikmati kegiatan makan kue kamu. Siapkan meja dan dekorasi tambahan yang kamu suka seperti lilin atau piring dengan motif yang cantik. Tarik napas dalam-dalam untuk mencium aroma manis kue yang kamu buat. Kemudian makan kue tersebut sembari menutup mata agar dirimu terfokus dengan sensasi kue di mulut kamu. Wah pasti rasanya bahagia banget ya, Ladies. Pikiran tenang, perut pun ikut tenang nih karena kamu isi hihi.

 

Sumber: Brit+co

Must Read

Related Articles