OUR NETWORK

No Wori, Celana Anti Pembalut Eco-Friendly Ciptaan Mahasiswa IPB

Sampah menjadi masalah yang perlu untuk ditangani bersama. Setiap harinya, manusia selalu memproduksi sampah. Dan tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah yang besar di kemudian hari untuk lingkungan. Salah satu masalah sampah ini berasal dari pembalut konvensional sekali pakai yang jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Hem, cukup mengkhawatirkan ya, Ladies?

Sebagai salah satu solusi dari masalah itu, empat orang mahasiswa dari Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan celana dalam wanita yang bisa digunakan saat menstruasi, tanpa harus memakai pembalut seperti biasanya. Mereka ini adalah Zahira Maulida, Diane Friska, Laela Mustikasari dan juga Siti Habibah.

Tujuan utama mereka menciptakan celana dalam untuk menstruasi itu guna mengurangi limbah pembalut. Pasalnya, limbah pembalut yang dibuang ke peraraian akan sangat berbahaya dan berdampak buruk untuk lingkungan. Nama celana anti pembalut itu adala ‘No Wori’ yang bisa dipakai berulang kali.

no wori
Foto: antarajatim.com

Tenang saja, meskipun nggak pakai pembalut saat pakai celana ini tak akan bocor kemana-mana.

Pasalnya, celana ini sudah didesain sedemikian rupa yang dilengkapi dengan penyerap. Selain itu bahan dasar yang digunakan adalah kain micro fleece, microfiber, waterproof breathable, dan kain dari serat bambu yang nyaman dan lembut saat dikenakan. Jadi, nggak akan bakalan menyebabkan iritasi di area pangkal paha.

‘No Wori’ ini sudah diuji coba menggunakan darah hewan, jadi sudah terbukti keampuhannya. Kelebihan lainnya selain ramah lingkungan, celana dalam anti menstruasi ini bisa dicuci seperti biasanya. Jadi bisa dipakai berulang dan membuat pengeluaran jadi hemat. Ada dua model celana dalam anti pembalut yang bisa diambil yakni Orange Cream dan Blue Grey. Lalu untuk harganya sendiri cukup terjangkau, hanya Rp40.000 saja untuk semua jenis ukuran.

Inovasi yang sangat cerdas ya Ladies, selain bisa untuk meminimalisir sampah pembalut buatan mahasiswa IPB ini mengajarkan kita untuk lebih peduli dengan alam mulai dari diri sendiri. Semoga makin banyak inovasi-inovasi serupa di masa depan ya, Ladies.

Sumber: AntaraNews, Foto cover: sinarharapan.co

Comments

Loading...