OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui

Kunyit, rempah yang terkenal dengan ciri khas warna kuningnya ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, loh! Mulai dari meningkatkan kesehatan hingga mencegah penyakit yang datang. Rempah yang biasa ditemukan dalam jamu atau masakan ini mengandung kurkumin–senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dianggap sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ada segudang manfaat lain dari kunyit yang sudah diakui oleh para ahli, loh, seperti pada ulasan berikut.

Menurunkan berat badan

Meski bukan sebagai sumber makanan utama penurun berat badan, kunyit dipandang dapat membantu mengurangi peradangan yang berkaitan dengan obesitas pada tubuhmu, Ladies. Rempah ini juga memberi sedikit dorongan pada tubuhmu untuk membakar lemak. Tapi, untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, sebisa mungkin kamu mengonsumsinya dari makanan ya, Ladies, bukan dari suplemen.

Mengurangi sakit persendian bagi penderita arthritis

Kurkumin merupakan polifenol atau sejenis antioksidan yang berkontribusi membangun sifat anti-inflamasi dalam kunyit. Berdasarkan sejumlah studi, kurkumin terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, kaku, dan pembengkakan yang terjadi pada area persendianmu yang terkena arthritis, Ladies. Berbeda dengan sebelumnya, kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi kapsul ekstrak kurkumin. Tapi, dosisnya disarankan tidak lebih dari 500 mg, ya, karena dapat menghambat penyerapan zat besi yang sangat penting tubuh.

Meningkatkan mood

Berdasarkan studi tahun 2019 dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, kurkumin dalam kunyit terbukti dapat memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Setuju dengan hasil temuan pada studi tersebut, Pakar nutrisi di Los Angeles, Patricia Bannan mengatakan, kurkumin dapat membantu mengurangi gejala depresi. Tak terkecuali untuk Ladies yang telah menggunakan antidepresan.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: goodhousekeeping.com

Menurunkan gula darah

Studi dalam Journal of Nutrition & Intermediary Metabolism menemukan, kurkumin bekerja sebagai agen hypoglycemic dalam tubuh. Ia membantu menurunkan dan mengendalikan kadar glukosa darah pada tubuh. Kabar yang sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, kendali gula darah yang baik dapat membantu mencegah komplikasi gangguan kesehatan serius yang berkaitan dengan diabetes, seperti neuropathy (kerusakan pada sistem saraf) dan nephropathy (penyakit ginjal).

Mencegah penyakit Alzheimer

Kurkumin dalam kunyit yang ditemukan juga dalam Ayurveda dianggap dapat membantu menghambat plak yang berkaitan dengan kerusakan neuron di otak. Menyetujui hal tersebut, ahli diet sekaligus pemilik Genki Nutrition, Jonathan Valdez, menyarankanmu untuk mengonsumsi satu gram kunyit setiap harinya untuk meningkatkan fungsi kognitif tubuh. Terutama, untuk Ladies yang berada pada tahap pre-diabetes.

Baca juga: Makanan yang Ampuh Cegah Alzheimer Menurut Neuroscientist

Senjata anti-kanker

Pada manfaat yang satu ini, sifat anti-inflamasi dalam kurkumin berperan besar. Kurkumin diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Hal inilah yang kemudian dikaitkan sebagai senjata melawan kanker. Selain itu, sebuah studi juga menemukan bahwa kurkumin memiliki potensi antikanker karena ia mengganggu jalur pensinyalan sel dalam sel kanker yang tumbuh. Namun, para peneliti yang terlibat mengaku, penelitian ini masih perlu studi tambahan dan uji klinis.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: clevelandclinic.org

Meringankan efek IBS dan kolitis

Buat kamu yang memiliki sindrom iritasi saluran pencernaan, kunyit sepertinya bisa jadi salah satu penyelamatmu, nih. Ini karena berdasarkan sejumlah studi diketahui, kurkumin dalam kunyit bekerja lebih baik dari placebo untuk membantu mengurangi sejumlah gejala IBS dan kolitis ulserativa. Sebagaimana diketahui, kolitis ulserativa adalah penyakit radang usus serius yang menyebabkan borok di saluran pencernaan karena reaksi autoimun.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan pembunuh teratas di seluruh dunia. Dari sejumlah faktor, salah satu masalah yang paling berkontribusi dalam penyakit ini adalah peradangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi dalam kunyit berperan besar dalam membantu mencegah penyakit arteri. Valdez menambahkan, ada sebuah studi terbaru yang membuktikan bahwa kurkumin dapat melindungi jantung dari iskemia. Buat kamu yang belum tahu, iskemia adalah suplai darah yang tidak memadai ke organ atau bagian tubuh, terutama otot-otot di dalam jantung.

Memblokir molekul berbahaya

Kurkumin diyakini dapat menjinakkan molekul oksigen yang tidak stabil atau dikenal dengan nama radikal bebas. Dalam hal ini, sifat antioksidan dalam kurkumin akan melindungi tubuhmu dari radikal bebas dengan menawarkan electron dan menetralkan molekul berbahaya.

Dengan berbagai manfaat pada ulasan di atas, sudah tidak ada alasan lagi untuk menghindari konsumsi kunyit, ya. Sedangkan, buat kamu yang sudah menyukainya, ini saatnya memasukkan konsumsi kunyit dalam asupan rutinmu, Ladies, bisa dalam bentuk jamu, kari, atau lainnya.

 

Sumber: The Healthy

Must Read

Related Articles