OUR NETWORK

9 Manfaat Kesehatan Tubuh dan Kulit dari Buah Nanas

Hayoo siapa yang nggak tahu dengan buah satu ini? Nanas adalah salah satu buah yang daerah tropis. Ternyata ada banyak lho manfaat baik dari nanas untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Yuk, kita simak ya di bawah ini!

1. Mencerahkan kulit

Nanas mengandung enzim bernama bromelin yang dapat memecah dan membantu menghilangkan sel kulit mati dengan lebih mudah. Cukup dengan menggosokkan secara perlahan nanas yang baru dipotong ke daerah wajah dan leher. Hindari area sensitif seperti jerawat. Diamkan selama 5 menit lalu bilas. Lakukan setiap minggu secara teratur untuk kulit yang lebih cerah dan kenyal.

2. Memudarkan bekas jerawat dan bekas luka

Ingin menghilangkan bekas jerawat? Gabungan enzim bromelin dan asam askorbat pada nanas membuat buah satu ini dapat menghilangkan bekas luka. Gunakan cotton bud lalu taruh jus nanas pada bagian bekas jerawat atau luka tersebut. Diamkan selama 5 menit lalu bilas. Lakukan secara teratur ya.

3. Membuat bibir lebih penuh

9 Manfaat Kesehatan Tubuh dan Kulit dari Buah Nanas
Foto: unsplash.com

Bibir dapat terlihat lebih tebal dan penuh dengan masker nanas. Pertama, campurkan ½ sendok makan jus nanas, ½ sendok makan coconut oil, dan 2 sendok makan gula putih. Balurkan campuran tadi di sekitar bibir lalu hilangkan dengan kain bersih. Disarankan jangan melakukan masker satu ini jika bibir kamu sedang pecah-pecah ya karena akan perih nantinya.

4. Meningkatkan sistem imun

Nanas mengandung vitamin C, salah satu nutrisi penting untuk sistem imun, dalam jumlah besar. Sekitar 1 gelas nanas mengandung 125% vitamin C yang diperlukan untuk imun tubuh.

Baca juga: Tips Tingkatkan Imunitas dengan Hidrasi Tubuh

5. Mendukung kesehatan tulang

Salah satu mineral yang penting bagi tulang yakni mangan banyak terdapat pada nanas. Diketahui bahwa konsumsi nanas dapat membantu meringankan penyakit tulang seperti osteoporosis.

6. Membantu melancarkan pencernaan

Enzim bromelain pada nanas juga dapat membantu melancarkan pencernaan dengan mengurangi inflamasi dan memecah protein.

7. Menghaluskan kaki kasar dan pecah-pecah

9 Manfaat Kesehatan Tubuh dan Kulit dari Buah Nanas
Foto: unsplash.com

Kulit di daerah kaki sedang pecah-pecah dan kasar? Lakukan masker nanas berikut! Campurkan ½ cangkir gula merah dengan ¼ cangkir jus nanas. Rendam kaki dalam larutan tersebut lalu gosok perlahan pada bagian yang kering dan kasar.

8. Mendukung kesehatan mata

Nanas juga mengandung vitamin A dan beta karoten yang mendukung kesehatan mata dan mencegah hilangnya penglihatan.

9. Mengurangi garis-garis halus

Nanas dapat membantu mengencangkan kulit dan memudarkan garis halus serta keriput. Cukup balurkan jus nanas ke wajah lalu pijat lembut. Lakukan secara teratur ya.

Banyak juga ya manfaat dari nanas untuk kesehatan tubuh dan kulit. Jadi bisa kamu masukin sebagai salah satu bahan masker DIY di rumah nih, Ladies!

 

Sumber: Taste of Home

Must Read

Related Articles