OUR NETWORK

Sembunyikan Foto & Video Pribadi Kamu dengan Menu Baru Google Photos

Salah satu layanan Google yakni Google Photos telah hadir dengan upgrade teknologi di dalamnya. Sejumlah fitur yang berbasis machine learning ini ditambahkan untuk memudahkan para pengguna dalam mengolah gambar mereka melalui Google Photos. Google secara resmi memperkenalkan fitur teranyar tersebut di ajang Google I/O 2017 yang diselenggarakan belum lama ini. Salah satu update dalam Google Photos tersebut adalah pengguna kini bisa menyembunyikan baik foto maupun video pribadi.

via GIPHY

Tidak ada cara khusus yang dibutuhkan untuk mengakses fitur layanan Google ini.

Untuk sementara waktu ini, hanya pengguna Android sajalah yang bisa mengakses fitur terbaru Google Photos tersebut. Tentu saja, bagi kamu pengguna Android yang ingin mencoba menjajal fitur ini jangan lupa instal aplikasi Google Photos hingga versi 2.15 yang merupakan versi teranyar hingga saat ini.

Untuk menggunakannya, buka Google Photos terlebih dahulu di ponsel kamu. Nah, di situ terpapar foto koleksimu. Pilihlah baik video dan juga foto yang kamu tidak ingin orang lain untuk melihatnya. Kemudian, di sisi pojok sebelah kanan di bagian atas ada tiga titik yang bersusun secara vertikal. Tap tiga titik tersebut kemudian akan muncul beberapa menu pilihan. Lalu, pilih menu ‘archive’. Foto dan video yan sudah kamu pilih tadi secara otomatis akan tersembunyi.

Bagi kamu yang ingin mengakses kembali foto dan video yang sudah berhasil disembunyikan, cukup pergi ke menu ‘archive’ yang ada di bawah menu ‘Device Folder’, lalu kamu akan menemukannya. Cukup mudah, bukan? Sebagai pengingat saja, jika kamu menggunakan fitur ini, foto dan video yang sudah masuk dalam folder ‘archive’ hanya akan disembunyikan saja tidak dihapus. Jadi, foto dan video tersebut akan menghilang dari feed namun tetap tersimpan aman di folder khusus tersebut.

Tambahan informasi, aplikasi yang kini sudah mengantongi lebih dari 500 juta pengguna aktif yang setiap harinya mengunggah foto sebanyak 1,2 M tersebut sudah merilis tiga menu baru, yaitu Suggested Sharing, Shared Libraries, dan juga Photo Books.

Suggested Sharing akan memudahkan pengguna untuk menandai ke siapa foto tersebut akan dibagikan.

User bisa mengundang siapa saja untuk dibagikan fotonya dan mereka akan mendapat link jika ingin mengakses foto di mana mereka juga ditandai.

Fitur Shared Libraries diperuntukkan untuk pengguna and circle dengan skala yang besar. Jadi, misalnya kamu ingin mengunggah banyak foto dengan banyak orang yang terlibat kamu bisa langsung men-tag mereka. Pada saat itu juga, mereka yang kamu tag akan menerima link untuk mengakses folder Shared Libraries.

Sedangkan untuk fitur Google Photos yang satu ini, kamu bisa melihat koleksi foto maupun video terbaik kamu dalam satu folder khusus oleh menu Photo Books. Jika kamu mengakses menu ini, kamu akan menemukan susunan foto kamu seperti album foto minimalis yang tersusun berdasarkan ukurannya.

Sumber: Liputan6

Must Read

Related Articles