OUR NETWORK

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Mendapatkan pekerjaan baru setelah lama melakukan perburuan tentu saja menjadi hal yang sangat melegakan. But wait, setelah ada kata “diterima” hal selanjutnya yang perlu untuk kamu lakukan adalah beradaptasi di tempat kerja baru dan dengan rekan-rekan kerja baru. Hem, setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam beradaptasi, ada yang cepat ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama.

Bagi yang cepat beradaptasi, syukurlah kamu termasuk orang-orang yang beruntung. Tapi, bagi kamu yang perlu waktu untuk menyesuaikan diri tentu saja adaptasi merupakan yang cukup berat. Mau kenalan malu, tapi kalau diam saja nanti malah nggak akrab-akrab. Jadi gimana dong? Well, buat kamu yang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan teman-teman baru di kantor, berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan.

Dress to Impress

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Foto: fortune.com

Hal pertama yang dilihat seseorang adalah penampilan. Jadi, sesuaikan saja penampilanmu dengan suasana di kantor barumu. Misalnya saja mereka mengenakan busana formal, ya sesuaikan saja. Atau juga bisa memang boleh berbusana kasual atau santai, pakai jeans dan kaos juga tidak masalah. Usahakan penampilan pertamamu di kantor bisa membuat orang lain terkesan. Ya namanya juga baru pertama ya, rasa canggung dan takut mesti selalu ada.

Ramah dan Tersenyumlah

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Foto: medium.com

Meskipun kamu tipe orang yang nggak pandai basa-basi, setidaknya tunjukkan sifat ramah, contohnya dengan tebar senyuman. Kamu nggak mau kan, hari pertama aja udah jadi bahan omongan karena sifatmu yang ketus. Nah, nanti dengan sifatmu yang ramah, teman-teman yang lainnya tak akan segan untuk berinteraksi denganmu.

Lakukan Teknik Bercermin

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru-c
Foto: 1stgig.com

Untuk lebih mudah lagi berbaur dengan rekan kerja di kantor, terapkan teknik cermin. Lihatlah bagaimana mereka berbaur satu sama lain. Secara perlahan, tirulah bagaimana cara mereka mengeluarkan pendapat, bercanda, ataupun hal-hal positif lainnya. Tapi ingat, meskipun menggunakan teknik cermin, jangan sampai kamu kehilangan karaktermu sendiri. Tetaplah berbaur dengan karaktermu sendiri namun disesuaikan dengan mereka.

Tunjukkan Perilaku Positif

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Foto: capita.com

Anak baru memang kadang-kadang jadi sasaran kejahilan para senior. Tapi ya mungkin itu cara mereka untuk bisa akrab dan dekat denganmu. Maka dari itulah, jangan gampang bersedih atau sedikit-sedikit dimasukkan ke dalam hati. Santai saja, tetap ramah dan tunjukkan perilaku positif. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata kasar yang bisa membuat rekan kerja malah ilfeel sama kamu yah.

Cobalah untuk Membaur dengan Rekan Kerja

Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Foto: business.com

Luangkan waktu untuk sekedar makan siang bersama ataupun juga kegiatan kumpul-kumpul yang lainnya. Intinya adalah luangkan waktu untuk lebih mengenal rekan kerja. Dengan begini kamu akan lebih dekat secara personal dengan mereka semua. Tapi ya lihat-lihat dulu ya, apakah teman baru ini available untuk diajak berbincang atau tidak, jangan sampai kamu malah mengganggunya.

Perlu diingat, biasanya masa awal bekerja itu adalah masa-masa percobaan yang perlu untuk dilakukan sebaik-baiknya. Karena tak bisa dipungkiri ini merupakan masa yang krusial, tunjukkan sifat baik dan usahakan untuk melakukan semuanya dengan bijaksana. Semoga pertemanan dan karirmu berjalan seimbang ya, Ladies.

Sumber: IDNTimes, Jobs DB, Foto cover: libertystaffing.ca

Comments

Loading...