OUR NETWORK

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu
Foto: independent.co.uk

Standar kebahagiaan setiap orang memang berbeda. Namun, ada beberapa cara untuk membuatnya jadi nyata, bukan impian semata. Karena tidak bisa dipungkiri jika rutinitas sehari-hari yang dilakukan, tanpa disadari bisa menggerus kebahagiaan yang dimiliki. Tertawa lepas seperti anak-anak sudah jarang dilakukan. Yuk, supaya hidupmu makin berarti dan tetap bahagia, berikut ini 8 cara mudahnya.

Baca juga: Tips Mengelola Stres, Mudah dan Cepat

1. Tersenyum

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu
Foto: pexel.com

Kamu akan mudah tersenyum saat kondisi mood sedang berbahagia. Sebenarnya ada dua jalan, kita tersenyum saat senang atau senyum untuk merilis hormon dopamin yang membuat kita lebih bahagia. Tidak berarti menyuruh kamu untuk memalsukan senyuman setiap waktu, tapi setidaknya saat hari benar-benar membuatmu merasa terpuruk, tersenyumlah, dan lihat apa yang terjadi. Mulai kegiatan dengan tersenyum di kaca saat pagi hari. Beri tahu dirimu sendiri kalau hari itu akan baik-baik saja. Lihat keajaiban apa yang terjadi.

2. Dapatkan Tidur yang Cukup

Buat kamu yang pengin bahagia, kurang-kurangin begadang ya. Persaiangan dunia kerja memang acap kali membuat kita begadang, tapi buat kebahagiaanmu, kurangi kegiatan begadang ya. Tidur yang cukup akan membuat kesehatan bagus, otak berfungsi dengan baik, dan emosi tertata dengan rapi. Supaya tidurmu makin bagus, usahakan untuk membuat kamar gelap, sedikit dingin, dan tenang.

3. Olahraga Secara Teratur

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu
Foto: skinnyms.com

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah olahraga secara teratur. Ini bermanfaat sekali untuk tubuh loh, mereduksi stres, mengurangi kecemasan, dan meminimalisir gejala depresi sembari meningkatkan kebahagiaan diri. Tak perlu olahraga berlebihan, hanya berjalan-jalan sekeliling kompleks juga sudah cukup membuatmu berkeringat. Selain jalan-jalan, kamu juga bisa melakukan yoga ya. Lakukan olahraga yang menyenangkan untukmu. Jangan memaksakan sesuatu. Nanti bukannya bahagia bisa bisa kamu malah merasa terpaksa.

4. Banyak-Banyak Bersyukur dengan yang Ada

Hal lainnya yang membuat kita bahagia adalah banyak-banyak bersyukur. Baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan banyak bersyukur memiliki dampak yang signifikan dalam perasaan harapan dan kebahagiaan. Mulailah setiap hari dengan bersyukur, tentang apapun itu. Mulai dengan hal-hal kecil seperti halnya bisa tidur dengan nyenyak, memiliki tempat untuk tinggal, dan kesehatan yang didapatkan. Kamu juga bisa mencatat hal-hal yang kamu syukuri tiap harinya dalam sebuah buku catatan atau jurnal khusus.

5. Bernapas Dalam-Dalam untuk Membuang Penat

Hal lainnya yang bisa coba kamu lakukan adalah bernapas dalam-dalam, untuk melepaskan rasa jengkel, marah, ataupun lainnya. Berdasarkan penelitian dari Harvard Health, latihan pernapasan ternyata bisa mengurangi tingkat stress lho. Jika nanti kamu merasa jengkel akan sesuatu, cobalah untuk bernapas dalam-dalam, dan lihat nanti hasilnya.

6. Bercengkrama dengan Teman-teman

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu
Foto: mydomaine.com

Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan keberadaan orang lain. Siapa yang paling kamu rindukan? Buat janji dengan mereka atau setidaknya ngobrol melalui sambungan telepon. Dalam dunia orang dewasa, teman tidak sebanyak saat anak-anak atau remaja. Tapi memang benar, pertemanan bukan masalah kuantitas, namun kualitas. Bisa jadi dengan bertemu teman akan membuat kamu kembali bisa menghadapi berbagai kegilaan di luar sana.

7. Traveling ke Wisata Alam

Habiskan waktu 30 menit atau lebih di tempat-tempat yang hijau. Berdasarkan penelitian di tahun 2016, ini akan membuat tekanan darah jadi lebih rileks. Dan tempat-tempat hijau ini bisa dimana saja, taman kota, kebun milik tetangga, destinasi wisata, air terjun, dan lain sebagainya. Lebih optimal lagi jika kamu sekaligus berolahraga. Manfaatnya dobel!

8. Belajar Ragam Meditasi

8 Cara Mudah untuk Berbahagia, Tambahkan ke Aktivitas Harianmu
Foto: realmomdaily.com

Jika kamu memiliki waktu yang cukup luang, ada baiknya untuk belajar meditasi. Meditasi memberikan banyak sekali efek positif. Mulai dari meningkatkan sistem gerak, fokus, spiritual, dan kombinasi ketiganya. Tak perlu yang susah untuk melakukan meditasi, bisa hal yang mudah dengan duduk diam selama 5 menit saja. Jika perlu, daftar dan ikuti kelas-kelas meditasi.

Baca juga: 4 Aplikasi untuk Membantu Relaksasi

Kebahagiaan bukanlah materi semata, karena hal itulah kamu sangat perlu dipahami. Mulai dari hal-hal kecil seperti tersenyum ya Ladies. Sudah senyumkah hari ini?

Sumber: healthline.com

Comments

Loading...