OUR NETWORK

Ingin Hidup Lebih Tenang? Pahami 5 Aturan Ini

Apa sih goals hidup Ladies?

Banyak uang?

Sukses dalam karier?

Memiliki riwayat pendidikan luar biasa?

Memiliki suami terpandang?

Traveling ke luar negeri setiap bulan?

Jika goals Ladies hanyalah hal-hal bersifat materi saja, kemungkinan besar Ladies tidak akan pernah puas. Segalanya terasa kurang, dan segalanya terasa tidak tercapai. Coba istirahat sejenak, tarif napas dalam-dalam, dan pikirkanlah… Salah satu hal yang penting, yang seringkali dilewatkan orang-orang adalah, mencari dan menciptakan ketenangan dalam hidup.

Ketenangan?

Yup. Ketenangan, kedamaian, dan kenyamanan adalah tiga hal yang sangat manusia inginkan, tetapi seringkali luput karena sibuk mengejar materi. Padahal, tiga hal ini adalah akar dari kebahagiaan.

Menurut psikologi, ada 5 cara yang bisa dilakukan agar manusia dapat hidup lebih tenang, berhenti mengkhawatirkan segala sesuatunya, dan mampu tersenyum di masa-masa yang sulit sekalipun. Untunglah, 5 hal ini cukup mudah diikuti, dengan syarat, kerahkan seluruh jiwa dan tenagamu, Ladies. ? Apa saja? Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

1. Orang-orang tidak sepeduli itu padamu kok

Foto: wisegeek.com

Memang terdengar pahit, tetapi pada dasarnya, hal tersebut benar. Terjebak dalam pikiran orang lain terhadap Ladies, atau bersikap seperti (yang Ladies pikir) yang orang-orang inginkan merupakan kerugian besar dalam hidup. Hasilnya, Ladies akan terperangkap dalam masalah dan kerendahdirian yang dibuat oleh diri sendiri.

Lebih baik, Ladies tanamkan hal ini dalam pikiran “kebanyakan, hal yang Ladies yakini sedang orang lain pikirkan tentang Ladies hanyalah asumsi dari pemikiran sendiri, yang berdasarkan pengalaman masa lalu, serta interpretasi, dan persepsi yang keliru. Menjadi yang terbaik yang bisa Ladies lakukan tanpa mengkhawatirkan pendapat orang lain adalah langkah terbaik untuk meraih kebahagiaan.

2. Setiap orang pasti berubah

Foto: thinglink.com

Dua hal yang pasti dalam hidup hanyalah kematian, dan ketidakpastian.

Ladies mungkin pernah bertemu dengan seseorang dari masa lalu, dan ternyata orang tersebut sudah berubah 180o. Wajar? Wajar! Justru, saat Ladies bertemu dengan si A, seeorang teman yang sudah  10 tahun tidak Ladies temui, dan Ladies berpikir ia masih sama dengan A yang dulu Ladies kenal, maka Ladies keliru. Oleh sebab itu, Ladies harus selalu mempertimbangkan masa kini setiap kali membuat keputusan. Ladies tidak dapat mengubah masa lalu, juga memprediksi masa depan. Kekuatan Ladies hanya ada pada masa kini. Jangan menunggu masa depan datang, dan jangan terpaku pada masa lalu.

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Foto: dailymail.co.uk

Sosial media membuat Ladies se-la-lu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Apalagi jika Ladies melihat unggahan foto selebriti yang tampaknya hidupnya amat sangat sempurna. Ladies, di dunia nyata, ada berbagai hal menyedihkan dan mengerikan yang setiap orang sembunyikan, termasuk oleh orang yang tampak selalu bahagia di Instagram! Orang-orang akan cenderung “mengedit” hidupnya di Insatgram agar yang terlihat hanyalah yang menyenangkannya. Wajar? Wajar! Oleh sebab itu, daripada Ladies sibuk meratapi nasib, lebih baik kita mensyukuri apa yang dimiliki. Juga, daripada hanya sekadar iri dan membandingkan diri, lebih baik Ladies berusaha agar dapat meraih segala keinginan dalam hati. ?

4. Jangan berasumsi bahwa saranmu akan selalu didengar

Foto: menwomenart.com

Saat teman Ladies terkena masalah, pasti Ladies ingin atau akan memberinya saran. Namun, seringkali saran tersebut hanya masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Jika Ladies gemas akan hal tersebut, maka mulai saat ini, berhentilah gemas dan cemas. Tidak ada orang yang bersedia mengikuti sebuah saran kecuali mereka berada dalam kondisi kepala dingin. Pada akhirnya, orang-orang hanya akan mengganti pola pikirnya melalui kesadaran dan pengalaman sendiri. Mau Ladies memaksakan sebesar apapun, mereka tidak akan mengubah pola pikir mereka kecuali… saat mereka sudah mau sendiri. Jadi, jika saran Ladies tidak diikuti oleh mereka, jangan merasa kecil hati atau diabaikan. Poin pentingnya adalah, Ladies menunjukkan kepedulian dan keinginan untuk menolong. Mengenai hasilnya, biar Tuhan yang menentukan.

5. Kamu hanya bisa mengendalikan reaksimu terhadap keadaan

Foto: walesoncraic.com

Bagaimana sikap Ladies dalam menghadapi masalah adalah hal yang lebih penting daripada masalah itu sendiri. Reaksimu terhadap segala sesuatu akan menentukan masa depan, emosi, serta perasaan. Di dalam situasi negatif, pengendalian diri merupakan hal yang sangat berat. Namun ada langkah sederhananya agar Ladies tetap bisa berkepala dingin saat berada dalam situasi yang kurang mengenakkan, yaitu beristirahat selama beberapa saat agar dapat mengatur ulang pikiran. Saat itu, Ladies akan dapat lebih memahami situasi yang terjadi. Dengan demikian, pikiran dan perasaan tidak akan dipenuhi oleh amarah, kesedihan, ataupun perasaan negatif lainnya saat merespon sebuah peristiwa.

Udah siap mencoba langkah-langkah ini demi kehidupan yang lebih tenang dan damai?

Sumber: Lifehack, Foto cover: pixelstalk.net

Comments

Loading...