OUR NETWORK

10 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Image: okezone.com

Lebaran sebentar lagi~

Salah satu tradisi bulan Ramadhan yang paling dinantikan adalah mudik agar bisa berlebaran di kampung halaman. Dengan bermudik, ladies akan bisa berkumpul bersama sanak-saudara, dan mempererat tali silaturahmi. Salah satu kendala saat bermudik, selain bermacet-macetan di jalan tentu saja, adalah meninggalkan rumah cukup lama. Momen mudik biasanya sudah diincar oleh para penjahat untuk melancarkan aksinya. Agar semarak Lebaran tidak rusak oleh bencana kemalingan, yuk simak tips aman bermudik di bawah ini!

1. Amankan kunci.

Foto: wikia.com

Jangan pernah meninggalkan kunci di luar rumah. Namun jika Ladies terpaksa harus menyimpan kunci cadangan, maka carilah tempat yang rahasia dan aman. Hindari tempat persembunyian umum, seperti di bawah keset, di balik batu, atau di bawah pot bunga.

2. Kunci semua pintu, jendela, lemari dan laci.

Foto: locksmithdubai.com

Jangan merasa aman hanya karena sudah mengunci gerbang dan pintu. Pastikan Ladies mengunci setiap jendela, lemari, hingga laci. Jika perlu, Ladies bisa memasang pengaman rangkap untuk lemari dan laci yang kerap menjadi incaran pencuri.

3. Hindari gembok yang mencolok.

Foto: united-locksmith.com

Gerbang yang tergembok adalah penanda ketidakhadiran penghuni rumah. Usahakan memilih warna atau bentuk gembok yang terlihat membaur dengan tembok rumah. Atau Ladies bisa mulai membiasakan untuk menggantungkan gembok di gerbang setiap hari. Pencuri akan kebingungan apakah rumah dalam keadaan kosong atau tidak sebab walaupun gerbang tergembok, tetapi tanda-tanda penghuni rumah masih terlihat. ?

4. Cabut gas, listrik, dan air.

Foto: kompas.com

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting, yang sebagian besar selalu mengakibatkan kebakaran, Ladies bisa memulainya dengan mencabut kabel listrik dan mengosongkan stop kontak. Jangan lupa juga untuk melepaskan selang gas untuk menghindari kebocoran gas. Terakhir, matikan saluran air agar tagihan air tidak membengkak.

5. Menggunting rumput.

Foto: hygrass.com

Hal sepele dan terkesan tidak nyambung ini rupanya penting loh, Ladies. Rumput yang panjang memberi kesan rumah yang kosong. Jadi pastikan sebelum bermudik, Ladies memangkas rumput terlebih dahulu. Selain itu, rumput yang tidak terawat pun akan memancing hewan-hewan liar, seperti serangga, katak, atau bahkan ular, yang akan mengotori rumahmu! Hiiii…

6. Menghindari tindakan yang menarik perhatian penjahat.

Foto: minnpost.com

Apa saja tindakan yang dapat menarik perhatian penjahat? Pertama, langganan koran atau majalah. Tumpukan koran dan majalah akan mengindikasikan rumah yang kosong. Kedua, usahakan agar bagan depan rumah terlihat bersih. Ladies bisa meminta bantuan pada tetangga atau saudara yang tidak mudik. Ketiga, titipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan. Keempat, letakkan beberapa sandal di depan pintu untuk memberi kesan kehadiran penghuni rumah.

7. Perhatikan lampu luar rumah.

Foto: pixball.com

Lampu adalah indikator utama dari kehadiran pemilik rumah. Oleh sebab itu, penting bagi Ladies untuk memastikan lampu tetap menyala pada malam hari, dan padam di pagi hari. Trik yang paling mudah adalah memasang lampu LED pendeteksi cahaya otomatis, dan memasangnya di teras atau bagian depan rumah. Jika kesulitan mencari LED tersebut, gantilah lampu dengan warna yang tidak terlalu intens sehingga tidak akan terlalu terlihat perbedaan pada saat dinyalakan atau dimatikan. Cara terakhir adalah dengan meminta bantuan tetangga atau kerabat untuk mematikan dan menyalakan lampu.

8. Beritahu para tetangga.

“Nanti saya nitip rumah ya, mau mudik seminggu.” Foto: hardenup.com

Dengan memberitahu para tetangga, Ladies sekaligus meminta mereka untuk mengawasi secara halus. Tetangga akan memerhatikan dan mengawasi rumah ladies, serta mencegah terjadinya kejahatan. Pastikan untuk memberitahu lebih dari satu atau dua tetangga ya, Ladies. ?

9. Jauhi media sosial.

Foto: marketingland.com

Membagikan kebahagiaan saat bermudik memang menyenangkan, tetapi ada bencana yang tersimpan di baliknya. Penjahat terkadang mengintai media sosial para targetnya. Dengan membagikan kegiatan Ladies di media sosial, Ladies pun sekaligus mengabarkan kepada penjahat bahwa rumah sedang kosong.

10. Memasang CCTV.

Foto: which.co.uk

Langkah yang paling canggih untuk mengamankan rumah adalah dengan memasang CCTV. Memang dibutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi untuk keamanan rumah, apalagi dengan berbagai benda berharga dan rasa aman Ladies saat bermudik, tampaknya opsi ini patut dicoba.

Selamat mudik, Ladies! Semoga aman dan selamat sampai tujuannya.

Sumber: Kompas, Kompasiana

Comments