OUR NETWORK

PT KAI Siapkan 48 Perjalanan Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru

PT KAI Siapkan 48 Perjalanan Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru
Foto: Instagram.com/train_photograph

Masa-masa liburan Natal dan Tahun baru merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dan menyambut datangnya masa angkutan Natal dan Tahun Baru atau yang biasa disingkat menjadi Nataru di tahun 2018/2019 ini, pihak PT Kereta Api Indonesia telah mempersiapkan sarana dan juga prasarana tambahan. Penambahan ini dilakukan untuk kelancaran Nataru berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, demi mengantisipasi membludaknya para penumpang.

Baca juga: Liburan ke Pantai? Ini Tips Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT KAI menyebutkan jika masa angkutan Nataru untuk tahun ini sudah ditetapkan selama 18 hari (20 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019). Pihaknya menyebutkan jika selama masa yang sudah ditetapkan tersebut para pegawai KAI akan memaksimalkan diri untuk membantu kelancaran. Serta memastikan angkutan Nataru tambahan berjalan dengan baik.

Selain itu, Edi juga menjelaskan jika pihaknya sudah meminta bahkan mendesak para karyawannya untuk tidak mengambil cuti di masa Nataru yang sibuk ini. Tujuan utamanya supaya para karyawan bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang.

Rincian Sarana dan Pra Sarana yang Telah Dipersiapkan

PT KAI Siapkan 48 Perjalanan Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru
Foto: Instagram/fotokeretaindo

Nah, untuk musim Nataru 2018/2019 ini, pihak PT KAI sudah mempersiapkan 444 unit lokomotif dan 1 unit lokomotif cadangan. Sehingga ada 1.637 kereta dan 218 unit kereta cadangan. Sementara itu untuk jumlah kereta api, tahun ini ada 342 kereta api reguler, serta 48 perjalanan kereta api tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa pada masa liburan akhir tahun ini. Sehingga totalnya menjadi 394 perjalanan. Jumlah ini meningkat 5 persen dibandingkan dengan yang lalu yang hanya 375 perjalanan.

Pihak PT KAI mengoperasikan 24 nama KA tambahan untuk 48 perjalanan dengan total kapasitas kursi sejumlah 27.560 per harinya. Sebagian KA tambahan tersebut beroperasi mulai pada 20 Desember 2018 sampai 7 Januari 2019. Contoh kereta api tambahan yang akan dioperasionalkan misalnya saja Brantas Tambahan dan Mataram Premium yang akan mulai beroperasi pada 13 Desember 2018.

Baca juga: Tips Agar Liburan Nyaman Tanpa Dibayangi Kerjaan

Tidak hanya menambah kereta tambahan yang biasa, PT KAI juga menyediakan first class di Nataru 208/2019. Ada kelas Luxuary di KA Argo Bromo Anggrek sebanyak 1.296 kursi. Serta kelas Priority di KA Argo Parahyangan sebanyak 4.320 kursi. Untuk mengecek ketersediaan kursi, Edi menghimbau kepada para penumpang untuk melihat di berbagai situs resmi ataupun yang bekerja sama dengan PT KAI. Atau bisa secara langsung ke stasiun terdekat.

Kamu berencana untuk pulang kampung di akhir tahun ini, Ladies? Selamat berburu tiket kereta!

 

Sumber: Liputan6

Comments

Loading...