OUR NETWORK

Manfaat Kesehatan dari Traveling Berdasarkan Penelitian

Manfaat Kesehatan dari Traveling Berdasarkan Penelitian

Traveling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Baik itu hanya traveling di sekitar tempat tinggal atau yang jauh sekalian di luar negeri. Selain menambah stok foto yang diunggah ke media sosial, traveling juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh lho, Ladies. Maka dari itulah jangan meremehkan yang namanya traveling. Meskipun seringkali menghabiskan biaya yang tidak sedikit, manfaat yang kamu dapatkan akan banyak juga. Termasuk dengan manfaat kesehatan yang kamu dapatkan. Nggak heran orang-orang sering bilang ‘Butuh piknik’ karena manfaatnya bisa kamu simak sendiri di sini nih…

Baca juga: Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil?

Traveling Menurunkan Resiko Depresi

Manfaat Kesehatan dari Traveling Berdasarkan Penelitian
Foto via Instagram (@marina.manci)

Seringkali depresi menjadi sesuatu hal yang menakutkan. Depresi merusak tubuh secara senyap dan banyak orang yang menderitanya. Obat-obatan akan sedikit membantu. Namun ada pilihan yang lebih baik diambil. Berdasarkan sebuah penelitian dari Marshfield Clinic di Wisconsin, traveling merupakan salah satu jalan keluarnya. Penelitian ini menyebutkan jika perempuan yang melakukan traveling setidaknya dua kali dalam setahun, memiliki resiko yang rendah terpapar depresi dan stres kronis lainnya.

Traveling Melepaskan Stres

Salah satu manfaat utama traveling dalam hal kesehatan adalan mengurangi yang namanya stres. Kamu akan melihat panorama yang menyegarkan, bertemu dengan orang-orang baru dan banyak hal lainnya. Dengan kata lain, traveling akan mengurangi yang namanya stres, kecemasan dan pikiran negatif lain. Berdasarkan sebuah penelitian yang diambil setelah melakukan liburan, para traveler dilaporkan lebih santai dan memiliki suasana hati yang lebih bagus. Bagusnya lagi, kondisi suasana hati yang membaik ini akan bertahan selama beberapa minggu setelah liburan. Dahsyat, kan?

Traveling Meningkatkan Kebahagiaan

Manfaat Kesehatan dari Traveling Berdasarkan Penelitian
Foto via Instagram (@nadia_travel)

Kebanyakan orang memang akan lebih senang ketika mereka traveling. Mereka tidak perlu merasa khawatir tentang pekerjaan. Ada penelitian yang hasilnya cukup mencengangkan yang datangnya dari Cornell University yang menyebutkan jika orang-orang yang rutin melakukan traveling juga merasa peningkatan kebahagiaan. Bahkan, dampak positif dari traveling ini bisa dirasakan jauh-jauh hari sebelum berangkat sendiri. Wah, jelas, ini sih karena kegirangan ya, Ladies. Hehehe…

Traveling Membuatmu Lebih Sehat

Berdasarkan sebuah penelitian dari Global Commission on Aging and Transamerica Center of Retirement Studies yang bekerja sama dengan US Travel Association, traveling akan membuatmu tetap sehat. Penelitian menemukan jika wanita yang berlibur setidaknya dua kali dalam setahun menunjukkan resiko yang jauh lebih rendah terhadap serangan jantung daripada mereka yang jarang melakukan perjalanan. Hal yang sama ternyata juga berdampak pada pria. Para pria yang tidak mengambil liburan tahunan bisa meningkatkan resiko kematian dan penyakit jantung lebih besar.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Traveling

Ternyata traveling memberikan dampak yang banyak dalam hal kesehatan. Jadi, buat kamu yang lagi mumeeet banget, bisa langsung agendakan liburan nih. Nggak usah jauh-jauh banget, kamu bisa cari tempat-tempat seru di sekitaran daerahmu. Selanjutnya baru deh nabung supaya bisa pergi ke tempat wisata yang jauh.

Sumber: NBC News, Foto cover: Instagram/ gizemchasan

Comments

Loading...