OUR NETWORK
Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil? 
Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil? 

Selama ini traveling atau liburan jadi salah satu cara yang diambil untuk menekan stres ya, Ladies. Jika dirasa berbagai penat sudah menghimpit, jalan-jalan jadi salah satu jalan keluar yang diambil. Dr. Felice Gersh, MD, ahli obstetric dan gynecologic serta pendiri dari Integrative Medical Group of Irvine di California menyebutkan jika ternyata traveling juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kok bisa?

Kamu sadar atau enggak, traveling juga menjadi penyebab stress? Misalnya stress masih ada banyak beban pekerjaan sebelum berangkat. Nggak hanya stres saja, traveling juga mengganggu kebiasaan tidur dan pola makan. Stres, kurang tidur dan makan nggak bener merupakan tiga faktor yang menyebabkan fluktuasi hormon. Semakin jauh perjalanan yang kamu lakukan, maka semakin tinggi pula resiko stres itu. Untuk mengembalikan hormon dalam tingkat seimbang saat traveling, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Check this out!

Ikuti Jadwal Tidur

Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil? 
Foto: healthytravelblog.com

Dimanapun kamu sedang berada, Gersh menyarankan untuk mengikuti jadwal tidur yang biasanya dilakukan. “Dimanapun kamu berada, cobalah tidur pukul 11 dan tidurlah tujuh sampai delapan jam,” katanya. Ini perlu dilakukan supaya kadar hormon di dalam tubuh tetap stabil dan traveling yang menyenangkan tak berakhir menimbulkan penyakit.

Kurang-kurangi Snacking

Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil? 
Foto: thelist.com

Snacking saat traveling emang enak banget dilakukan. Apalagi saat lapar tak terduga datang. Kentang goreng, keripik, es krim jadi camilan yang menggiurkan. Tapi, Gersh menyebutkan jika pilihan makanan sehat merupakan kunci keseimbangan hormon. Jika ingin ngemil, lebih baik pilih menu yang sehat, misalnya saja sayuran dan buah-buahan.

Gunakan Minyak Essensial

Traveling Bikin Hormon Nggak Stabil? 
Foto: ambujayoga.com

Satu hal lagi yang perlu buat kamu lakukan guna menjaga hormon tetap seimbang yakni minyak essensial. Gosokkan minyak essensial ini ke telapak kaki setiap sebelum tidur efeknya akan menenangkan dan mengurangsi stres. Untuk minyaknya, terserah selera kamu. Bisa minyak atsiri, lavender, dan lain sebagainya.

Dan untuk menjaga kebugaran tubuh saat traveling, usahakan buat rutin olahraga ya. Karena nggak bisa dipungkiri olahraga yang teratur juga bakal membuat sistem metabolisme lancar dan tubuh tetap bugar. Nggak mau kan sakit-sakitan pas lagi enak-enaknya traveling?

Jadi, intinya sih pergi ke mana pun, harus tetap jaga pola hidup yang sehat ya, Ladies.

Sumber: Byrdie, Foto cover: theculturetrip.com

Comments

Loading...