OUR NETWORK
Jenis Lomba 17 Agustusan yang Tak Lekang oleh Zaman

Agustus identik dengan patriotisme karena memang adalah bulan kemerdekaan kita ya, Ladies. Selalu saja ada hal-hal yang seru dilakukan saat Agustusan, mulai dari syukuran kecil-kecilan, acara-acara berbau nasionalisme, sampai berbagai macam perlombaan yang sangat seru. Nggak hanya di beberapa daerah saja, di seluruh wilayah Indonesia masyarakat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ini.

Perlombaan sudah menjadi tradisi tersendiri setiap 17 Agustusan. Tak hanya hadiahnya saja yang ditunggu-tunggu, keseruan dan kebersamaan seakan menjadi hiburan tersendiri. Berikut ini 5 perlombaan yang biasanya tak pernah absen dari momen 17 Agustus.

1. Lomba Balap Karung

lomba 17 agustus agustusan balap karung
Foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Balap karung merupakan salah satu lomba jadul yang sampai sekarang ini masih asyik buat dimainkan. Siapa yang cepat meloncat akan bisa sampai di finish dan jadi pemenangnya. Seru banget ya, Ladies. Tapi kalau jatuh yaaa lumayan juga tuh lecetnya. Belom lagi kalau lawannya ‘main kasar’. Bedanya, dulu perlombaaan ini menggunakan karung goni, sekarang sudah banyak memanfaatkan karung yang terbuat dari plastik. Lebih ringan sih. Hayo apa kamu masih mau main?

2. Lomba Makan Kerupuk

lomba 17 agustus agustusan makan kerupuk
Foto: eramas2000.files.wordpress.com

Kerupuk belepotan dimana-mana, tapi tetap makan aja. Duh, jadi ingat momen-momen lomba kerupuk dan nggak sampai karena tinggi yang tak memungkinkan saat kecil. Sampai saat ini lomba makan kerupuk masih jadi favorit lho Ladies. Ada beberapa daerah yang menambahkan bubuk cabai di atas kerupuknya. Unik sih, tapi buat kamu yang nggak suka pedas jangan coba-coba buat gabung. Dulu paling sebel tuh kalau lawannya curang, kerupuknya nggak dimakan, jadi dia bisa abis duluan. Eh, lebih sebel lagi sama jurinya sih yang tetep memutuskan dia jadi pemenang. ? Kalau sekarang sih enaknya ikutan lomba makan kerupuk pakai nasi padang. Nyaaam…

3. Lomba Memecahkan Balon Berisi Air

lomba 17 agustus agustusan memecahkan balon isi air
Foto: eramas2000.files.wordpress.com

Matanya ditutup, setelah itu diputar-putar lalu berusaha memecahkan balon berisi air. Nggak jarang peserta lain kena pukul saat lomba ini. Tapi tenang saja, pemukulnya biasanya terbuat dari pelepah pisang jadi nggak terlalu sakit. Memang lomba ini sedikit sulit, tapi saat target sudah berhasil dipecahkan, lega banget rasanya. Mata yang ditutup juga nambah tantangan dan keseruan saat main.

4. Lomba Balap Kelereng

lomba 17 agustus agustusan balap kelereng
Foto: internal.sekap.net

Perlu konsentrasi yang besar saat ikut serta dalam lomba ini. Kamu perlu memastikan kelereng yang terdapat di sendok itu nggak meluncur bebas ke tanah. Sembari konsentrasi agar kelereng tak jatuh, kamu juga dituntut bisa berjalan cepat. Seru banget ya Ladies, perjuangannya nggak main-main. Kuat gigimu mencengkeram sendok juga menentukan kemenangan dalam lomba ini.

5. Lomba Gigit Koin

lomba 17 agustus agustusan gigit koin
Foto: hipwee.com

Selain balap kelerang, ada lomba lainnya yang memerlukan kekuatan dari gigi yakni lomba gigit koin. Koin akan ditancapkan ke buah seperti semangka, melon, terung, atau yang lainnya, lalu anak-anak disuruh mencabutnya dengan menggunakan gigi. Biasanya medianya sudah dilumuri dengan cokelat, oli, minyak sayur atau bahan lainnya yang membuat licin.

Ada juga lomba tangkap belut, masukin paku ke dalam botol, dan masih banyak lagi. Memang asyik dan seru mengingat itu semua, sayangnya karena kesibukan yang bisa dibilang menggunung, sekarang kita jarang bisa berpartisipasi lomba-lomba yang diadakan di sekitaran rumah ya, Ladies. Selain sibuk, kayaknya lomba-lomba ini emang ditujukan untuk adek-adek ya. Kita yang udah gede paling bisa ikutan sebagai jadi panitianya. Yang terpenting sih, momen 17 Agustus ini bisa jadi pengingat perjuangan para pahlawan-pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan, ya. Salam kemerdekaan!

Sumber: Batumedia, Futuready, Foto cover: ytimg.com

Comments

Loading...