OUR NETWORK

‘Ngidam’ Cemilan Tertentu Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

'Ngidam' Cemilan Tertentu Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

Pasti Ladies pernah mengalami ‘ngidam’ makanan tertentu padahal sedang tidak sedang hamil. Misalnya saja di malam hari Ladies tiba-tiba teringat sepotong pizza yang minggu lalu tidak sempat dihabiskan, atau setangkup burger yang Ladies lihat iklannya di televisi. Kalau hanya menginginkan makanan-makanan tersebut selama beberapa saat dan segera hilang sih bukan masalah. Namun kalau Ladies sudah ngebet banget sampai-sampai bersedia melakukan apapun untuk membelinya, hmmm… mungkin ada sesuatu yang salah dengan kondisi tubuh Ladies.

Yup, menurut Joseph Colella, M.D., seorang ahli dalam penurunan berat badan dan juga penulis dari The Appetite Solution, ngidam satu makanan tertentu dapat menjadi ciri kekurangan nutrisi atau gangguan kesehatan lainnya. Ingin tahu kondisi kesehatan apa yang membuatmu tiba-tiba ngidam sampai ngebet banget? Keep scrolling, Ladies. 😉

1. Cokelat

'Ngidam' Cemilan Tertentu Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu
Foto: Cosmopolitan.com

Saat ini cokelat diyakini sebagai sumber kalori dan lemak yang tinggi sehingga kebanyakan orang merasa berdosa saat memakan cokelat. Selain itu, cokelat pun diyakini memiliki zat yang dapat memperbaiki mood. Oleh dua sebab itulah, orang-orang memilih untuk mengonsumsi cokelat di waktu yang tepat, seperti saat mood Ladies berantakan akibat PMS, bad day, ataupun hamil.

Penyebab lain ngidam cokelat adalah diet ketat yang Ladies jalani. Saat Ladies kelaparan akibat kekurangan asupan makanan, terutama kalori, tubuh akan mengingat cokelat yang kaya akan kalori.

2. Permen

'Ngidam' Cemilan Tertentu Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu
Foto: Cosmopolitan.com

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Ladies tiba-tiba ngidam permen, yaitu:

  • Pradiabetes.

Pradiabetes adalah tanda peringatan bahwa Ladies berisiko terserang diabetes tipe 2 dalam waktu dekat. Namun jangan panik dulu sebab gejala ini hanya mungkin terjadi apabila ngidam Ladies disertai dengan tingginya intensitas buang air kecil dan kondisi ngidam permen yang ekstrem dan kronik.

  • Menstruasi dalam waktu dekat.

Menstruasi akan mengubah kadar hormon dalam tubuh dan kondisi tersebut dapat membuat Ladies jadi mendambakan permen.

  • Overdosis karbohidrat olahan.

Roti putih, nasi putih, juga pasta mengandung karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan kadar gula darah demi memasok energi secara instan dan sebentar. Efek sampingnya adalah tubuh menjadi cepat lemas dan akan segera mencari gula tambahan untuk menambah tenaga kembali.

  • Stress tingkat dewa.

Tahukah Ladies, ternyata gula dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Oleh sebab itu, jika Ladies berada dalam kondisi yang membuat stress, alam bawah sadar Ladies mungkin akan tiba-tiba mendambakan makanan manis.

3. Karbohidrat, seperti roti dan pasta

'Ngidam' Cemilan Tertentu Ternyata Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu
Foto: Cosmopolitan.com

Menyambung dari poin dua, apabila Ladies tiba-tiba ngidam spaghetti atau roti selai cokelat, berarti Ladies sebenarnya sedang mendambakan gula.

Comments

Loading...