OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Alternatif Pengharum Ruangan

In

Siapa sih yang tidak suka dengan rumah yang harum bunga setaman? Untuk mewujudkannya, seringkali Ladies memilih jalan cepat dengan pengharum ruangan berbahan zat kimia buatan. Tahukah Ladies, pengharum ruangan tersebut seringkali mengandung zat-zat yang beracun bagi penduduk rumah. Bureau European des Unions de Consommateurs  yang merupakan lembaga konsumen Eropa pernah menerbitkan sebuah studi banding yang berisi pengukuran senyawa organik volatile (VOC) dan aldehida pada pengharum ruangan. Dalam studi tersebut terungkap bahwa tingkat neurotoksin (racun yang menyerang sistem saraf) yang dihasilkan pengharum ruangan melebihi tingkat aman VOC (>200µg/m3), bahkan beberapa ada yang mencapai 4.000-5.000 200µg/m3. Tanda keracunan yang dapat dideteksi dengan mudah adalah iritasi mata, kulit, dan tenggorokan, pusing, mual, asma, sesak napas, sakit liver, anesthesia, bahkan koma.

Senada dengan hasil studi tersebut, Dr. rer. Nat. Budiawan dari Puska RKL (Pusat Kajian Risiko dan Keselamatan Lingkungan) menyatakan bahwa pemakaian berlebihan atau kontak langsung produk jenis apapun, yang mengandung zat kimia, akan menimbulkan gangguan pada fungsi sistem saraf. Contohnya adalah kasus yang terjadi di Bali pada pertengahan Maret tahun 2006 lalu, sejumlah siswa/siswi SD dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan sisa pengharum mobil yang dibawa salah seorang siswa. Jadi, jangan pernah tertipu dengan label “alami”, “natural”, sebab bila Ladies perhatikan komposisinya, pasti jauh dengan definisi “alami” dan “natural” yang sesungguhnya.

Namun, bukan berarti Ladies tidak memiliki alternatif pengharum ruangan. Proyek DIY selalu menawarkan sejuta alternatif untuk permasalahan di rumah. Yup, pengharum ruangan pun ada DIY-nya loh Ladies. Ingin tahu cara mendapatkan pengharum ruangan secara alami dan sederhana? Keep scrolling, Ladies! ?

1. Buang sampah keluar rumah

Semua orang tahu bahwa sampah adalah sumber bau busuk. Oleh sebab itu, wajar saja bila langkah pertama untuk mendapatkan rumah wangi secara alami adalah dengan tidak membiarkan sampah lama-lama berdiam di rumah. Yuk, segera buang sampah ke tempat penampungan sampah di luar rumah. Sebaiknya Ladies membuat tempat penampungan sampahnya agak jauh dari pintu masuk dan jendela ya agar bau-bauannya tidak mudah terbawa angin.

2. Buka jendela

Saat cuaca sedang ramah, tidak ada salahnya untuk membuka jendela dan membiarkan angin serta udara segar memenuhi rumah. Dijamin deh, udara rumah akan jauh lebih segar.

3. Meracik pengharum ruangan alami

Ada beberapa campuran pengharum ruangan yang dapat Ladies coba di rumah. Dua bahan utama yang Ladies butuhkan adalah mason jar dan air. Untuk jumlah airnya, Ladies bisa sesuaikan dengan selera Ladies tetapi takaran umumnya adalah ½ hingga ¾ toples

a. Jeruk, kayu manis, cengkeh

Iris buah jeruk tipis-tipis kemudian masukkan ke dalam mason jar. Selanjutnya masukkan kayu manis (boleh batang ataupun bubuk), cengkeh, dan terakhir, air. Simpan toples di tempat atau ruangan yang paling sering dilewati atau ditempati. FYI, perpaduan tiga aroma ini dapat mengharumkan beberapa ruangan sekaligus loh.

b. Lemon, rosemary, vanilla

Masukkan irisan tipis lemon, rosemary, cengkeh, dan air ke dalam mason jar. Tambahkan ekstrak vanilla sedikit saja agar wanginya tetap segar.

c. Jeruk nipis, mint, vanilla

Masukkan irisan tipis jeruk nipis, thyme, ekstrak vanilla, mint ke dalam mason jar, kemudian tambahkan air. Seperti racikan sebelumnya, vanilanya tambahkan sedikit saja ya Ladies agar wangi yang dihasilkan tidak jadi ‘berat’.

d. Jeruk, jahe, almond

Ladies lebih suka aroma yang terasa manis? Yuk coba racikan yang satu ini. Masukkan irisan tipis jahe dan jeruk ke dalam mason jar, kemudian tambahkan ekstrak almond dan air.

e. Daun pinus, daun salam, biji pala

Nah, racikan ini untuk Ladies yang menyukai wangi unik. Gabungkan daun pinus, daun salam, dan biji pala ke dalam toples, kemudian tuangkan air.

Setelah selesai, simpan DIY tersebut di dalam lemari es selama 1-2 minggu atau bahkan satu bulan. Saat hendak digunakan, hangatkan toples-toples tersebut hingga aromanya keluar, atau biarkan di suhu ruangan selama 12 jam.

4. Semprotan minyak esensial.

Ingin yang lebih praktis daripada membuat racikan? Bisa banget! Alternatif yang jauh lebih sederhana adalah semprotan pengharum ruangan dengan bahan yang lebih alami, yaitu minyak esensial atau essential oil. Beberapa aroma yang biasa digunakan oleh produsen pengharum ruangan adalah jeruk, lemon, dan lavender. Namun, Ladies boleh banget mengeksplor dengan menggunakan aroma apapun.

Caranya mudah saja, Ladies.

  1. Sediakan botol semprot ukuran apapun
  2. Isi ¾ botol dengan air. Jangan terlalu penuh karena botol akan ditutup oleh tutup botol.
  3. Tambahkan 10-30 tetes minyak esensial sesuai dengan ukuran botol dan selera.
  4. Semprotkan ke ruangan saat Ladies membutuhkan aroma wangi tambahan ?

Lebih aman dan hemat nih sepertinya. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: Hello Sehat, Organic Authority, Foto cover: livingtraditionally.com

Must Read

Related Articles