OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema

Eczema adalah salah satu penyakit kulit yang ternyata cukup umum lho, Ladies. Walau tidak bisa sepenuhnya sembuh, nyatanya eczema bisa diredakan dengan penggunaan essential oil yang justru direkomendasikan karena tergolong ampuh tapi tetap aman di kulit. Namun, jenis essential oil yang mana ya yang dipakai? Nah cek rekomendasi essential oil untuk eczema berikut Ladies yang sudah MeraMuda rangkum untuk kamu!

1. Tea Tree Oil

Tea tree sering digunakan untuk berbagai masalah kulit seperti athlete’s foot (kurap kaki), jamur kuku, dan gigitan serangga. Tea tree juga efektif untuk menangani masalah eczema. Namun, tea tree tidak bisa dipakai secara langsung di kulit, Ladies. Kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan carrier oil seperti coconut oil, sweet almond oil, atau argan oil, sebelum diaplikasikan ke kulit.

2. Jojoba Oil

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema
Foto: byrdie.com

Jojoba oil sudah sering digunakan dalam berbagai produk body care nih, Ladies, seperti pada sampo, lotion, dan cleansers. Jojoba oil memang mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat meredakan iritasi di kulit. Selain itu jojoba oil juga merupakan moisturizer yang baik karena bentuknya yang mirip dengan sebum di kulit.

3. Sunflower Seed Oil

Essential oil satu ini dikenal luas sebagai carrier oil yang juga membantu mengurangi inflamasi di kulit. Sunflower seed oil juga kaya akan antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu meredakan eczema.

4. Hemp Seed Oil

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema
Foto: byrdie.com

Hemp Seed Oil kaya akan asam lemak omega esensial yang merupakan nutrisi bagi kulit. Hemp seed oil juga dapat dikonsumsi atau dijadikan masker untuk menghilangkan iritasi dan dehidrasi pada kulit.

5. Lavender Oil

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema
Foto: byrdie.com

Lavender terkenal akan fungsi anti inflamasinya yang dapat membantu mengurangi eczema. Kamu pun dapat bonus wanginya yang menenangkan saat memakainya.

6. Grapeseed Oil

Tidak hanya memiliki sifat anti inflamasi, grapeseed oil juga melindungi kulit dan mengurangi rasa gatal yang sering dialami penderita eczema.

7. Geranium Oil

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema
Foto: byrdie.com

Geranium oil dikenal mampu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit. sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari sebagai campuran pada skincare. Kamu bisa mencampurkannya dengan coconut milk atau dengan oat milk bath. Pastikan untuk mengencerkannya terlebih dahulu ya karena jika terkena langsung justru akan mengiritasi kulit.

8. Rose Oil

Rekomendasi Essential Oil untuk Eczema
Foto: byrdie.com

Rose oil terkenal sebagai salah satu oil yang mampu proses penyembuhan kulit secara menyeluruh. Seperti biasa, kamu harus mencampurkannya terlebih dahulu dengan carrier oil sebelum diaplikasikan di kulit.

Baca juga: Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots

Perlu diingat nih Ladies cara mencampurkan carrier oil dengan essential oil. Rata-rata persentase pengenceran yang dipakai yaitu 5-10 %. Pengenceran 5% yakni 30 tetes essential oil dalam 6 sendok makan carrier oil. Pengenceran 10% yakni 60 tetes essential oil dalam 6 sendok makan carrier oil. Semoga bermanfaat ya, Ladies!

 

Sumber: Healthline, Byrdie

Must Read

Related Articles