OUR NETWORK

Mewarnai Mandala Sebagai Bentuk Meditasi Harian

Mewarnai Mandala Sebagai Bentuk Meditasi Harian
Foto: unsplash.com

Mewarnai gambar sudah dikenal sebagai salah bentuk meditasi. Ketika seseorang mewarnai, dia akan memfokuskan pikirannya dan mengasah kreativitasnya secara bersamaan. Ini adalah sesuatu yang sering dilupakan dalam rumitnya kehidupan sehari-hari. Salah satu yang terkenal yaitu mewarnai mandala. Apakah itu mandala?

Baca juga: 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Otakmu

Mandala sendiri diartikan sebagai lingkaran. Lingkaran terkenal sebagai bentuk simbolis yang dipakai dalam berbagai budaya di dunia. Kamu pasti sering menemukannya sebagai lingkaran halo di atas gambar malaikat, dan berbagai bangunan serta desain keagamaan.

Mewarnai Mandala Sebagai Bentuk Meditasi Harian
Foto: unsplash.com

Mandala telah digunakan lama dalam meditasi Buddha dan Hindu. Proses dari pembuatan mandala tersebut yang penting sebagai bentuk meditasi. Mandala bisa berupa gambar di kertas atau berbagai media lainnya seperti mandala pasir yang dihapus setelah selesai dibuat.

Kamu pun bisa mewarnai mandala sebagai kegiatan meditasi sehari-hari. Cara melakukannya mudah saja, Ladies.

  1. Sediakan crayon, kapur, cat, spidol, atau pensil dengan berbagai macam warna.
  2. Print gambar mandala atau gunakan buku menggambar mandala. Salah satu website untuk print mandala yaitu ColorMandala.com atau kamu bisa membuat gambar mandalamu sendiri. Gunakan bentuk-bentuk geometrik sederhana dan mulailah dengan membuat lingkaran besar. Jangan takut salah ya, Ladies. Karena tidak ada yang salah atau benar ketika membuat mandala.
  1. Cari tempat nyaman dan tenang dimana kamu bisa bekerja tanpa diganggu.
  2. Mulailah mewarnai.

Ketika mewarnai, cobalah untuk tidak terlalu khawatir dengan pilihan warna yang kamu ambil. Biarkan kamu memilih dengan insting. Setelah kamu memilih warna pertama, warna-warna selanjutnya akan mengalir secara alami.

Mewarnai Mandala Sebagai Bentuk Meditasi Harian
Foto: unsplash.com

Hal ini juga dikatakan oleh Susan F. Fincher, penulis dari banyak buku mandala. Ia mengatakan bahwa satu warna akan memanggil warna lainnya, seperti seorang tamu yang meminta temannya untuk ikut diundang dalam pesta milikmu. Hmmm okay… mungkin maksudnya semuanya terjadi dengan alami gitu yah, Mbak Susan? Hehe.

Baca juga: 4 Aplikasi untuk Membantu Relaksasi

Tapi, perlu diingat bahwa proses mewarnai apalagi bentuk mandala juga merupakan kegiatan berulang. Beberapa orang yang memiliki penyakit sendi seperti rematik dan osteortritis mungkin akan merasakan rasa sakit di tangannya. Jadi, lakukan sesuai kemampuan saja ya, Ladies. Niatnya kan mau meditasi, jangan sampai malah jadi stres dan kesakitan ya.

Secara umum, mewarnai mandala bisa dilakukan oleh segala usia. Gunakan kegiatan ini untuk mencapai ketenangan dari segala stress dan kekhawatiran yang tengah kamu alami ya, Ladies.

 

Sumber: verywellmind

Comments

Loading...