OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Manfaat Hair Steaming, Menguapkan Rambut sebagai Haircare Rutin

Metode penguapan rambut atau hair steaming adalah salah satu perawatan rutin yang perlu kamu tahu nih, Ladies. Penguapan rambut sebenarnya sudah lama dilakukan terutama untuk salon dengan target konsumen rambut Afro.

Hair steaming biasa dilakukan untuk memaksimalkan nutrisi yang masuk dalam rambut. Biasanya rambut dibalur dengan minyak atau oil untuk menutrisi rambut kemudian rambut diuapkan. Penasaran dengan perawatan satu ini? Lihat penjelasannya di bawah ini ya, Ladies.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut

Manfaat Penguapan Rambut

Menguapkan rambut memiliki beberapa manfaat di antaranya membuka pori-pori di kulit kepala dan rambut, memudahkan kondisioner dan berbagai nutrisi masuk ke dalam jaringan semaksimal mungkin. Ini akan membuat rambut lebih lembut hingga sembilan kali lipat.

Penguapan juga membantu deep cleansing di kulit kepala, menghilangkan kotoran dan sisa-sisa produk di rambut. Sisa produk yang tertinggal bisa mengganggu saat rambut sedang ditata. Sehingga penguapan membantu rambut lebih mudah diatur.

Selain itu, panas yang didapat membantu melancarkan peredaran darah serta membantu merawat rambut yang rusak. Uap tersebut juga membantu meringankan iritasi dan rambut kering.

Manfaat Hair Steaming, Menguapkan Rambut sebagai Haircare Rutin
Foto: glamour.com

Cara Menguapkan Rambut

Sebelum menguapkan, sebaiknya kamu mencuci rambut dulu karena proses penguapan berjalan lebih baik di rambut yang bersih. Walaupun uap bisa membantu menghilangkan kotoran tapi bukan berarti kamu menguapkan saat lagi kotor-kotornya ya.

Jika kamu melakukannya di salon, mereka sudah memiliki alat khusus untuk hair steaming. Jika kamu ingin melakukannya di rumah, kamu bisa memakai handuk yang sudah dipanaskan atau uap dari shower.

Setelah membersihkan rambut dengan shampoo, aplikasikan conditioner atau oil di rambut, tutup dengan plastik cap dan tutup dengan handuk panas. Kamu juga bisa sembari memijat kulit kepala agar penyerapan nutrisi lebih maksimal.

Waktu penguapan bervariasi. Jika rambut kamu dalam keadaan normal dan tidak terlalu kering, 10 sampai 20 menit sudah cukup untuk proses penguapan tersebut. Jika rambut kamu kering dan rusak, lakukan penguapan lebih lama, sekitar 20 sampai 30 menit.

Baca juga: 10 Step Perawatan Rambut ala Korea

Manfaat Hair Steaming, Menguapkan Rambut sebagai Haircare Rutin
Foto: pexels.com

Perawatan ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis rambut. Jangan lupa untuk membersihkan rambut kembali setelah diuapkan untuk membilas kotoran-kotoran yang terangkat dan sisa oil dari penguapan tadi.

Selamat mencoba di rumah, Ladies!

 

Sumber: glamourmagazine.co.uk

Must Read

Related Articles